Manfaat Buah Nanas, Memperkuat Imunitas di Masa Pandemi Covid-19

Image title
21 September 2021, 09:45
Ilustrasi manfaat buah nanas
SHVETS production/pexels.com
Buah nanas salah satu buah tropis yang kaya manfaat

Buah nanas atau yang memiliki nama latin Ananas comosus merupakan salah satu tumbuhan tropis yang mana buahnya dapat dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Meski banyak tumbuh di beberapa wilayah di Indonesia, namun tumbuhan ini berasal dari Amerika Selatan. Bahkan menurut Coppens d'Eeckenbrugge dalam artikelnya yang berjudul Morphology, Anatomy, and Taxonomy disebut bahwa nanas adalah simbol kemewahan di Eropa pada abad ke-17.

Bila di Indonesia buah nanas selalu dihidangkan dalam aneka ragam menu, dari rujak, jus, hingga dimakan langsung. Di masa kini hidangannya pun lebih beragam seperti diolah menjadi puding atau kripik. 

Advertisement

Kandungan Gizi Buah Nanas

Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, seperti yang dilansir dari Alodokter.com, dalam setiap 100 gram buah nanas, terdapat 50 kalori dan beragam nutrisi, sebagai berikut:

  • 0,5 gram protein.
  • 1,5 gram serat.
  • 13 gram karbohidrat.
  • 10 gram gula.
  • 60 IU vitamin A.
  • 48–50 miligram vitamin C.
  • 18 mikrogram folat.
  • 110 miligram kalium.
  • 12 miligram magnesium.

Selain nutrisi yang disebut di atas, ada juga kandungan gizi lainnya seperti vitamin B, kolin, selenium, zinc, antioksidan, dan bromelain.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Kandungan vitamin dan nutrisi penting dalam nanas menjadi penyebab mengapa buah ini layak untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut manfaat buah nanas bagi tubuh:

1. Meningkatkan Kekebalan dan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi satu buah nanas dalam satu cangkir yang setara dengan 150 gram berat dari buah tersebut, terbukti mampu memenuhi kebutuhan Vitamin C harian. Dalam kegiatan sehari-hari, Vitamin C menjadi sangat penting karena memiliki peran utama dalam menjaga imunitas tubuh.

Daya tahan tubuh yang kuat, akan mampu melawan virus dan bakteri penyebab infeksi. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, kekebalan tubuh sangat diperlukan untuk melawan segala kemungkinan virus.

Tak cukup dengan mengonsumsi nanas saja. Anda juga perlu mencukupi asupan vitamin C dengan menambahkan konsumsi buah lain yang mengandung vitamin C tinggi, seperti cabai, jeruk, mangga, dan tomat.

2. Mengobati Gangguan Pencernaan

Bila Anda mengalami sembelit akibat gangguan pencernaan, buah nanas dapat menjadi obat dan sebagai penangkal dari semua penyakit dalam perut. Kandungan serat, antioksidan, serta zat bromelain dalam nanas dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah potensi sembelit.

Beberapa penelitian juga telah mengungkapkan bahwa bromelain pada nanas dapat membantu meringankan peradangan usus akibat penyakit kolitis ulseratif yaitu nama lain dari peradangan pada usus besar (kolon) dan bagian akhir usus besar yang tersambung ke anus (rektum).

3. Memperkuat dan Menjaga Kesehatan Kulit dan Tulang

Nanas mengandung mangan, vitamin B, vitamin C, serta antioksidan. Kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, misalnya akibat paparan sinar UV.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement