Mengenal Senyawa Alkana, Materi Kimia Kelas IX SMA

Image title
23 September 2021, 11:41
Materi senyawa Alkana
Pixabay
Materi senyawa Alkana

Dalam mata pelajaran Kimia untuk SMA dan Madrasah Aliyah Kelas XI  terdapat subbab pembahasan hidrokarbon. Subbab ini menjelaskan mengenai kelompok senyawa karbon yang paling sederhana yaitu hidrokarbon.

Hidrokarbon yang paling sederhana adalah metana yang terdiri dari satu atom karbon dengan empat atom hidrogen (CH4). Metana sendiri merupakan molekul yang mempunyai struktur ruang tetrahedon dengan atom karbon sebagai pusatnya, dan atom hidrogen yang memiliki keempat bagian dari masing-masing sudut.

Advertisement

Karena sudut tersebut cukup sulit diproyeksikan, maka dibentuk dalam bidang datar. Berdasarkan ikatan yang ditemukan pada jenis rantai karbonnya, maka hidrokarbon dibedakan menjadi dua.

a. Hidrokarbon Jenuh

Hidrokarbon ini memiki rantai karbon yang semuanya saling berikatan tunggal. Hidrokarbin ini juga disebut dengan alkana.

b. Hidrokarbon tak Jenuh

Hidrokarbon ini pada rantainya terdapat ikatan rangkap dua atau tiga. Hidrokarbon mengandung ikatan rangkap dua disebut dengan alkena dan hidrokarbon yang mengandung ikatan rangkap tiga disebut dengan alkuna.

Setelah mengenal mengenai hidrokarbon secara mendalam. Pada artikel ini secara khusus akan dijelaskan mengenai alkana dari pengertian hingga sifat-sifatnya yang dirangkum dari buku Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI karya Unggul Sudarmo:

Apa itu Alkana?

Setiap atom karbon mempunyai empat elektron valensi yang digunakan untuk membentuk ikatan kovalen dengan atom lainnya. Ikatan tersebut digambarkan dengan tangan ikatan. Sehingga, atom karbon pada senyawa karbon selalu mempunyai empat tangan ikatan. Pada alkana, keempat tagan tersebut bila digunakan untuk mengikat atom karbon yang lain akan digunakan untuk mengikat atom hidrogen.

Sebuah atom H dalam proses penggantian substitusi menggunakan gambar model molekul di atas atom klorin. Hal ini menunjukkan bahwa semua atom H di dalam senyawa CH4 yang mempunyai kedudukan dengan identik. Apabila kedua model molekul metana tersebut digabungkan akan mendapati molekul hidrokarbon dengan dua atom karbon di dalamnya.

Deret Homolog Alkana

Alkana memiliki deretan yang disebut sebagai homolog. Deretan tersebut menunjukan bahwa pada setiap anggota yang satu ke anggota yang berikutnya bertambah sebanyak CH2. Deret senyawa karbon yang demikian ini disebut deret homolog (deret homolog alkana). Deret homolog alkana mempunyai sifat-sifat berikut:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement