Mengenal Kesetimbangan Kimia, Materi Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA

Image title
28 September 2021, 10:13
Mengenal Kesetimbangan Kimia, Materi Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA
ANTARA FOTO/Syaiful Arif//foc.
Siswa membuat hand sanitizer atau cairan pembersih tangan berbahan standar WHO di Laboratorium Kimia MAN 1 Jombang, Jawa Timur, Senin (16/3/2020). Pasca langkanya hand sanitizer di pasaran seiring merebaknya virus Corona, siswa MAN 1 Jombang membuat cairan antiseptik sendiri untuk dibagikan gratis pada siswa maupun warga yang membutuhkan cairan pembersih tersebut.

Dalam pelajaran ilmu kimia di jenjang kelas XI SMA atau Madrasah aliyah, kita akan menemukan pembahasan mengenai kesetimbangan kimia. Secara definisi, kesetimbangan kimia bermakna pencampuran antar zat A dan B yang menghasilkan reaksi pada kedua arah, tapi perubahannya tidak signifikan pada sistem lebih lanjut. 

Kesetimbangan kimia bisa diartikan sebagai perubahan seiring berjalannya waktu, tapi tidak terjadi perubahan konsentrasi baik pada reaktan maupun produk meskipun reaksi masih tetap berlangsung. Keadaan ini hanya dapat terjadi pada reaksi yang reversible, senyawa dapat berperan sebagai reaktan maupun produk sehingga menghasilkan konsentrasi yang konstan.

Advertisement

Selain itu, potensi keadaan kesetimbangan kimia ini tidak dapat dipengaruhi oleh adanya penambahan katalis meskipun terdapat perbedaan waktu untuk mencapai keadaan yang setimbang. Kesetimbangan juga merupakan proses yang dinamis atau selalu berlangsung tanpa ada henti secara mikroskopis.

Melansir Materi Kimia Kelas XI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, konsep kesetimbangan dapat dibagi menjadi dua berdasarkan arah reaksi jenis kimia, antara lain:

1. Reaksi irreversibel (tidak dapat balik): hanya berlangsung satu arah, contoh: reaksi pembakaran.
2. Reaksi reversibel (dapat balik): berlangsung dua arah. Pereaksi semula dapat terbentuk kembali dari zat-zat hasil reaksi.
contoh:

N₂ (g) + 3H₂(g) 2NH₃(g)

H₂(g) + I₂(g) 2HI(g)

Konsep Dasar Kesetimbangan Kimia

Bila dalam keadaan kesetimbangan dinamis, kesetimbangan terjadi karena adanya perubahan dari dua arah. Meskipun dari arah maju maupun arah mundur dimana disimbolkan sebagai ó.

Sebagai contoh, jika ada reaksi

aA(g) ↔ bB(g)

Suhu reaksi tersebut tetap dan kedua senyawa baik senyawa A dan senyawa B dalam keadaan setimbang, hal itu berarti bahwa kecepatan atau waktu yang diperlukan untuk senyawa A membentuk 1 mol senyawa B memiliki nilai yang sama dengan waktu yang diperlukan untuk senyawa B dapat membentuk 1 mol senyawa A.

Asal Usul Kesetimbangan Kimia

Salah seorang ilmuan dalam bidang kimia yang bernama Henri Louis Le Chatelier pada tahun 1884 mengemukakan tentang faktor yang dapat mempengaruhi kesetimbangan kimia yang kini akrab disebut sebagai Asas Le Chatelier.

Dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Chatelier, bahwasanya kesimpulan yang didapatkan adalah jika dilakukan suatu perbuatan atau aksi pada suatu kesetimbangan maka sistem yang diberikan tindakan tersebut akan memberikan reaksi yang mengurangi pengaruh dari aksi tersebut. Jika dijabarkan menggunakan kata – kata yang mudah dipahami, ini berarti melakukan pergeseran reaksi baik ke arah kiri atau ke arah kanan.

Konsep asas Le Chatelier ini kemudian digunakan untuk dapat memanipulasi kesetimbangan kimia dari reaksi bolak – balik dengan tujuan untuk memperbanyak produk yang diinginkan. Adapun faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia di antaranya adalah:

Perubahan konsentrasi

Bila Anda menggunakan asas Le Chatelier, penambahan reaktan yang akan berdampak terhadap perubahan konsentrasi reaktan menjadi lebih tinggi akan menggeser reaksi ke arah kanan (arah produk) dan begitu juga sebaliknya.

Faktor ini menjadi pilihan yang sering diambil pada sektor industri untuk memperbanyak produk dan meningkatkan efisiensi dari proses pembentukkan produk tersebut.

Perubahan suhu

Jika suhu suatu sistem meningkat, kesetimbangan kemudian akan bergeser ke arah reaksi yang menyerap atau menggunakan panas (reaksi endotermis) karena mempengaruhi panas reaksi. Perubahan atau pergeseran arah reaksi akan terjadi ke arah reaksi eksotermis (melepaskan atau memproduksi) panas jika suhu pada sistem menurun.

Perubahan tekanan

Dalam konsep kesetimbangan kimia, saat perubahan tekanan sistem terjadi maka reaksi akan bergerak ke arah reaksi dengan jumlah mol yang sedikit, hal itu terjadi karena pada senyawa berfase gas perubahan tekanan diikuti dengan perubahan volume.

Dalam penentuan ini, reaksi harus berada dalam keadaan stoikiometris, dimana koefisien senyawa pada reaksi sama dengan jumlah mol yang terlibat.

 

Manfaat Kesetimbangan kimia

Pengaplikasian konsep kesetimbangan kimia sangat beragam, diantaranya adalah:

Siklus oksigen di tubuh manusia
Saat manusia bernapas, kita menggunakan konsep sistem kesetimbangan kimia dimana oksigen bebas yang kita hirup kemudian akan masuk ke dalam paru – paru dan kemudian diikat hemoglobin, dimana terjadi reaksi yang melalui sistem kesetimbangan reaksi yaitu:

Hb(aq) + O2(aq) ↔ HbO2(aq)

Industri ammonia
Reaksi pembuatan ammonia (NH3) menggunakan gas hidrogen (H2) dan gas nitrogen (N2), dimana untuk meningkatkan efisiensi reaksi, konsentrasi reaktan ditingkatkan, suhu diturunkan dan tekanan ditingkatkan sehingga kemudian reaksi akan bergeser ke kanan, dimana reaksi yang terjadi adalah:

N2(g) + 3H2(g) ↔ 2NH3(g

Selain 2 manfaat kesetimbangan kimia tersebut, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari kesetimbangan kimia pada kehidupan kita sehari – hari. semoga materi yang Burhan jelaskan kepada kamu kali ini dapat menambah pengetahuan dan rasa ingin tahu kamu ya teman.

Faktor Pembawa Pengaruh dalam Kesetimbangan Kimia

Setelah mempelajari mengenai konsep dasar dalam kesetimbangan kimia, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesetimbangan. Henri Louis Chatelier juga pernah mengatakan bahwa teori yang dia cetuskan tersebut memiliki beberauh yang dapay mengurangi aksi dari kesetimbangan.

Adapun faktor-faktor tersebut antara lain:

1. Volume
Apabila volume tambahkan, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki koefisien dengan lebih besar.

Lain halnya bila volume dikurangi, maka pergeseran kesetimbangan akan bergeser ke arah reaksi yang memiliki jumlah koefisien lebih kecil

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement