Konsep Dasar Ilmu Ekonomi dan Cabang Kajiannya

Image title
29 September 2021, 14:21
Pasar merupakan salah satu tempat konsep dasar ilmu ekonomi diterapkan.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pasar merupakan salah satu tempat konsep dasar ilmu ekonomi diterapkan.

Konsep dasar ilmu ekonomi berkaitan erat dengan keseharian manusia. Setiap hari, secara sadar atau tidak manusia menerapkan konsep dasar ilmu ekonomi dalam hidupnya, semisal ketika dihadapkan dengan suatu pilihan.

Manusia sering dihadapkan oleh sejumlah pilihan termasuk yang berkaitan dengan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Dari bangun tidur manusia sudah dihadapkan oleh pilihan antara bersiap berangkat kerja atau melanjutkan istirahat, mengenakan pakaian formal atau kasual, membeli buku atau mengikuti kelas online, memakan makanan tradisional atau fast food, dan masih banyak lagi.

Pilihan merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari sebab keinginan seorang manusia melebihi kemampuannya untuk memenuhi. Selain itu,pilihan tak lepas dari kelangkaan alat pemuas. Hal ini merupakaan masalah bagaimana seseorang dapat memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam dengan alat pemuas yang terbatas.

Masalah-masalah yang dialami manusia dalam keseharian tersebut mengantarkan manusia untuk mempelajari ekonomi.

Materi Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Merujuk pada buku “Ekonomi” oleh Alam S, kerangka besar pemahaman konsep dasar ilmu ekonomi mencakup pada pengertian ekonomi, pembagian ilmu ekonomi, prinsip, kegiatan, motif, dan politik ekonomi; pernyataan positif dan normatif dalam ekonomi; metodologi ilmu ekonomi; hingga kegunaan ilmu ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmu merupakan pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem berdasarkan metode tertentu yang dapat digunakan unutk menerangkan suatu gejala di bidang pengetahuan itu.

Sedangkan, ekonomi berkaitan dengan asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan, seperti keuangan, perindustrian, dan perdagangan.

Pengertian Ilmu ekonomi secara umum adalah studi tentang bagaimana sumber daya yang langka atau terbatas digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas. Artinya, ekonomi berkaitan dengan keputusan yang diambil manusia ketika berhadapan dengan kelangkaan.

Dari segi bahasa, kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yakni oikonomia yang berarti manajemen rumah tangga. Kata oikonomia berasal dari dua kata, yakni oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga, dan nomos yang berarti peraturan atau hukum.

Pada zaman dahulu, orang Yunani Kuno memandang masalah ekonomi hanya terkait dengan perasaan nyaman seseorang karena kebutuhan pribadinya terpenuhi. Namun, seiring perkembangan waktu, masalah ekonomi bertransformasi menjadi masalah publik.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Gregory Mankiw

Profesor makroekonomi asal Amerika Serikat ini menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.

  • Ibnu Kaldun

Sejarawan muslim dari Tunisia yang juga disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi dan ekonomi ini menyebut ekonomi sebagai ilmu yang positif dan normatif. Selain untuk memenuhi kebutuhan, mempelajari ekonomi juga sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas.

  • Abraham Maslow

Menurut Abraham Maslow, ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang berusaha menyelesaikan masalah asas kehidupan manusia dengan cara mempersatukan segala sumber ekonomi yang ada berdasarkan teori serta prinsip ekonomi yang dinilai efektif dan efisien.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...