3 Perbedaan Antara Manga dan Anime yang Sering Dikira Sama

Sering dianggap sama, ternyata anime dan manga memiliki beberapa perbedaan. Meski keduanya sama-sama dari Jepang, ada perbedaan menonjol di antara kedua karya seni itu.
Image title
30 September 2021, 15:56
Ilustrasi Manga Buatan Jepang
unsplash.com
Ilustrasi Manga Buatan Jepang

Istilah anime dan manga ternyata adalah dua istilah yang berbeda. Namun tidak sedikit orang menggunakan dua istilah tersebut untuk mengartikan gaya kartun asal Negeri Sakura. Padahal faktanya, anime dan manga adalah istilah dengan makna berbeda, meskipun memang keduanya sama-sama merupakan media cerita visual.

Perbedaan Manga dan Anime

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), manga artinya komik gaya Jepang. Sedangkan anime adalah animasi khas Jepang. Dikutip dari kreativv.com berikut perbedaan antara anime dan manga:

1. Berbeda dalam Istilah Kata

Istilah manga memang berasal dari rujukan asli dalam bahasa Jepang yang memiliki makna ‘gambar’. Jika ditilik dari negara asalnya sana, pengucapan lafal manga adalah man’ga dengan adanya penekanan pada huruf ‘n’. Bila dibandingkan dengan cara masyarakat Indonesia mengucapkan manga yang melafalkannya sebagai ma-nga.

Anime sebenarnya bukan kata asli dari bahasa Jepang. Awalnya, kata yang digunakan adalah ‘animeshiyon’. ‘Animeshiyon’ adalah kata serapan dari kata bahasa Inggris, ‘animation’, yang berarti kumpulan gambar bergerak.

 2. Berbeda Spektrum Media

Manga dan anime memang sama-sama disajikan dalam bentuk media visual, namun keduanya tetap berbeda. Manga ditujukan untuk versi cetaknya yang berisi gambar dengan tulisan seperti novel grafis atau komik, sedangkan anime disajikan dalam bentuk media film atau serial televisi. Bedanya dengan manga yang sifatnya statis karena hanya menampilkan gambar dengan tulisan, anime memiliki dinamika yang tercipta berkat suara karakter ditambah dengan musik latar yang disesuaikan dengan jalan cerita.

Terlepas di luar perbedaan tersebut, baik anime maupun manga pola dan gaya visualnya tidak jauh berbeda. Setiap karakter yang dimunculkan dua media tersebut pasti digambarkan dengan fitur wajah yang sangat menarik. Mulai dari mata yang besar, rambut berwarna-warni, kaki yang jenjang dan masih banyak lagi.

3. Skema Alur yang Berbeda

Fakta penting lainnya yang membedakan anime dengan manga adalah jalan dari alur ceritanya. Berbeda dengan anime, manga cenderung menyuguhkan pembacanya kisah-kisah panjang dengan detail. Pasalnya, manga hadir lewat media komik atau novel grafis yang serinya bisa mencapai belasan, puluhan dan nggak jarang sampai ratusan.

Di sisi lain anime, mengingat proses produksinya yang cenderung lama dan juga memakan biaya cukup banyak, cerita yang ditampilkan jauh lebih ringkas tanpa detail-detail mendalam. Kamu juga nggak akan mendapati jalan cerita atau perkembangan karakter secara terperinci, karena pembuatannya dibatasi dengan durasi dan jumlah episode.

Setelah membaca tiga perbedaan manga dan anime, Katadata.co.id merangkum sejumlah situs penyedia manga dan anime. Situs ini dapat diunduh secara cuma-cuma ataupun berbayar melalui gawai dan PC.

Situs Manga

1. Kiryuu

Kiryuu.co, merupakan situs manga bahasa Indonesia populer yang masuk dalam daftar penyedia terlengkap. Hal itu disebabkan dalam situsnya telah mengoleksi hampir lebih dari 2000 judul manga. Situs ini pun telah berjasa bagi pecinta manga, karena telah banyak mengerjakan projek untuk menerjemahkan manga ke bahasa Indonesia.

Manga yang sukses diterjemahkan oleh Kiryuu, seperti Solo Leveling , Mushoku Tensei , Owari no Seraph, Tsuki ga Michibiku dan banyak lagi lainnya. Kini, tim Kiryuu telah merambah dari situs ke aplikasi yang bisa kita download gratis di Play Store atau pada halaman resminya.

2. Mangasan

Aplikasi ini terintegrasi dengan Mangacanblog.com, salah satu pionir situs penerjemah di indonesia yang terkenal dengan terjemahan mereka pada judul One Piece. Mangasan sendiri memiliki kelebihan tidak adanya iklan yang membuat kita nyaman untuk membaca dan bisa di download secara gratis di Play Store.

Selain itu tampilan user interface/UI yang sederhana dan ada fitur bookmark, menjadikan daya tarik tersendiri.

3. Komikcast

Komikcast.com menjadi situs paling eksis di kalangan para pecinta manga di Indonesia. Situs ini sering menggarap projek terjemahan hampir 150 judul manga. Dari angka tersebut, kebanyakan hasil garapannya adalah genre fantasy/isekai.

Situsnya bisa dibilang memiliki perkembangan yang pesat. lahir pada tahun 2016, Komikcast mampu mengungguli kepopuleran Mangacan. Tampilan aplikasi Komikcast sederhana dan ringan, dan bisa diunduh gratis melalui Play Store.

4. Mangaplus

Tidak hanya koleksi manganya yang super lengkap, situs ini juga menyediakan pilihan subtitle dari beberapa bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia.

Sebagai informasi, Mangaplus merupakan situs hasil karya penerbit majalah manga ternama, Shueisha. Jadi nggak heran kalo jadwal rilisnya juga sesuai dengan jadwal di Jepang.

Situs Anime

Selain situs manga, Katadata.co.id juga merangkum sejumlah situs anime, berikut ulasannya:

1. Netflix

Apabila selama ini Anda hanya menyaksikan serial TV atau film berbahasa Inggris di Netflix, maka Anda wajib sekali mencoba nonton anime di aplikasi nonton anime legal yang menggungakan subtitle bebahasa Indonesia ini.

Sebagai salah satu platform penyedia layanan streaming terbesar di dunia, Netflix menyediakan koleksi anime sub Indo yang lengkap. Mulai dari anime tentang sekolahan hingga anime khusus dewasa dengan kategori 18+.

Tapi perlu diingat, Anda wajib berlangganan Netflix untuk bisa menonton anime di platform ini. Tidak perlu panik atau khawatir dengan biaya bulanan, karena harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Ulasan Netfix:

Developer: Netflix, Inc.
Jumlah Pengulas: (4.4(10,348,256)
Ukuran: Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal: Lebih dari satu miliar pengguna
Android minimum: Ukuran bervariasi berbasis pada oenggunaan perangkat

2. AnimLovers

AnimLovers menjadi salah satu aplikasi penyedia tontonan anime dengan menggunakan subtitle berbahasa Indonesia yang dilengkapi dengan koleksi anime melimpah. Selain itu Anda juga diberikan pilihan subtitle dengan bahasa lain, sehingga bisa menjadi sarana belajar bahasa sembari nonton.

AnimLovers selalu memeperbaharui koleksi anime-nya sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk ketinggalan cerita favorit. Nonton One Piece atau Attack on Titan tentunya sangat seru.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyajikan tayangan dengan kualitas HD. Maka aplikasi ini bisa dikatakan favorit, pasalnya minim terhadap iklan dan ditawarkan secara cuma-cuma kepada para penggunanya.

Ulasan AnimLovers:
Developer: Reals Apps
Jumlas Pengulas: 3.8(73.264)
Ukuran: 6MB
Instal: Lebih dari satu juta pengguna
Android minimum: 5.0 ke atas

3. Crunchyroll

Selanjutnya ada Crunchyroll, ini merupakan aplikasi yang sangat terkenal di kalangan pecinta anime karena digunakan secara luas di berbagai pelosok dunia. Dalam aplikasi Crunchyroll, Anda dapat menemukan lebih dari 25 ribu episode anime dan terus bertambah seiring berjalannya episode.

Daftar animenya pun terus diperbaharui dengan terus mengikuti perkembangan terbaru sehingga Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan kisah anime favorit kesayangan.

Ulasan:
Developer: Ellation, LLC
Jumlah Pengulas: 3.5 (451.275)
Ukuran: Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal: Lebih dari 10 juta pengguna
Android minimum: Bervariasi berdasarkan perangkat

4. Anime TV

Review selanjutnya Anime TV, aplikasi nonton anime yang menggunakan subtitle berbahasa Indonesia. Selain dilengkapi dengan subtitle, Anime TV juga menyediakan beragam anime seru yang dapat kamu saksikan secara gratis di handphone Android.

Anime TV juga bisa disaksikan melalui kanal website di PC. Di dalam aplikasi ini Anda bisa menyaksikan berbagai macam anime dengan subtitle bahasa Indonesia.

Jangan takut ketinggalan episode terbaru, karena aplikasi ini akan sering mengalami update, menyesuaikan dengan konten anime dan acara TV setiap harinya.

Ulasan:
Developer: KIKU Group
Jumlah Pengulas: 4.0 (22.437 )
Ukuran: 9.5MB
Instal: Lebih dari 500 ribu pengguna
Android minimum: 5.0

5.AnimeLab

AnimeLab bisa menjadi pilihan aplikasi anime di Android. Ada berbagai macam tontonan anime movie maupun series seperti Dragon Ball, Fairy Tail, Sword Art Online, dan lainnya.

Setiap minggu juga akan ada episode terbaru yang terus diperbaharui ke dalam aplikasi. Anda pun tidak akan pernah ketinggalan anime yang menggunakan subtitle berbahasa Indonesia yang sedang kamu nanti-nantikan.

Untuk kualitas videonya jangan diragukan. Bahkan, Anda juga dapat memilih pengisi suara berbahasa Inggris atau menggunakan subtitle.

Ada banyak fitur lain yang dapat Anda nikmati di dalam aplikasi. Silahkan download supaya lebih tahu lagi keunggulan dari aplikasi ini!

Ulasan:
Developer: Madman entertainment
Ulasan: 4.1 (4.981)
Ukuran: 13MB
Instal: Lebih dari seratus ribu pengguna
Android minimum: 5.0

7. Fast Anime

Aplikasi Fast Anime menyediakan tontonan anime dengan kualitas terbaik dan menyertakan subtitle yang disediakan dalam bahasa Inggris.

Dalam pelaksanaannya aplikasi ini bersifat streaming, jadi Anda membutuhkan internet yang stabil saat menonton. Anda dapat mencari beragam anime mulai dari kategori Samurai hingga Urban sekalipun.

Hal yang paling penting untuk digarisbawahi dari aplikasi ini adalah Anda bisa menikmati kontennya secara gratis tanpa membayar dan tanpa registrasi.

Setelah Anda dapat membedakan antara anime dan manga kini Anda juga bisa menikmati keduanya di situs atau aplikasi melalui gawai dan PC. Semua bisa diakses baik gratis atau berbayar sesuai dengan preferensi Anda.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait