3 Perbedaan Antara Manga dan Anime yang Sering Dikira Sama

Image title
30 September 2021, 15:56
Ilustrasi Manga Buatan Jepang
unsplash.com
Ilustrasi Manga Buatan Jepang

Istilah anime dan manga ternyata adalah dua istilah yang berbeda. Namun tidak sedikit orang menggunakan dua istilah tersebut untuk mengartikan gaya kartun asal Negeri Sakura. Padahal faktanya, anime dan manga adalah istilah dengan makna berbeda, meskipun memang keduanya sama-sama merupakan media cerita visual.

Perbedaan Manga dan Anime

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), manga artinya komik gaya Jepang. Sedangkan anime adalah animasi khas Jepang. Dikutip dari kreativv.com berikut perbedaan antara anime dan manga:

1. Berbeda dalam Istilah Kata

Istilah manga memang berasal dari rujukan asli dalam bahasa Jepang yang memiliki makna ‘gambar’. Jika ditilik dari negara asalnya sana, pengucapan lafal manga adalah man’ga dengan adanya penekanan pada huruf ‘n’. Bila dibandingkan dengan cara masyarakat Indonesia mengucapkan manga yang melafalkannya sebagai ma-nga.

Anime sebenarnya bukan kata asli dari bahasa Jepang. Awalnya, kata yang digunakan adalah ‘animeshiyon’. ‘Animeshiyon’ adalah kata serapan dari kata bahasa Inggris, ‘animation’, yang berarti kumpulan gambar bergerak.

 2. Berbeda Spektrum Media

Manga dan anime memang sama-sama disajikan dalam bentuk media visual, namun keduanya tetap berbeda. Manga ditujukan untuk versi cetaknya yang berisi gambar dengan tulisan seperti novel grafis atau komik, sedangkan anime disajikan dalam bentuk media film atau serial televisi. Bedanya dengan manga yang sifatnya statis karena hanya menampilkan gambar dengan tulisan, anime memiliki dinamika yang tercipta berkat suara karakter ditambah dengan musik latar yang disesuaikan dengan jalan cerita.

Terlepas di luar perbedaan tersebut, baik anime maupun manga pola dan gaya visualnya tidak jauh berbeda. Setiap karakter yang dimunculkan dua media tersebut pasti digambarkan dengan fitur wajah yang sangat menarik. Mulai dari mata yang besar, rambut berwarna-warni, kaki yang jenjang dan masih banyak lagi.

3. Skema Alur yang Berbeda

Fakta penting lainnya yang membedakan anime dengan manga adalah jalan dari alur ceritanya. Berbeda dengan anime, manga cenderung menyuguhkan pembacanya kisah-kisah panjang dengan detail. Pasalnya, manga hadir lewat media komik atau novel grafis yang serinya bisa mencapai belasan, puluhan dan nggak jarang sampai ratusan.

Di sisi lain anime, mengingat proses produksinya yang cenderung lama dan juga memakan biaya cukup banyak, cerita yang ditampilkan jauh lebih ringkas tanpa detail-detail mendalam. Kamu juga nggak akan mendapati jalan cerita atau perkembangan karakter secara terperinci, karena pembuatannya dibatasi dengan durasi dan jumlah episode.

Setelah membaca tiga perbedaan manga dan anime, Katadata.co.id merangkum sejumlah situs penyedia manga dan anime. Situs ini dapat diunduh secara cuma-cuma ataupun berbayar melalui gawai dan PC.

Situs Manga

1. Kiryuu

Kiryuu.co, merupakan situs manga bahasa Indonesia populer yang masuk dalam daftar penyedia terlengkap. Hal itu disebabkan dalam situsnya telah mengoleksi hampir lebih dari 2000 judul manga. Situs ini pun telah berjasa bagi pecinta manga, karena telah banyak mengerjakan projek untuk menerjemahkan manga ke bahasa Indonesia.

Manga yang sukses diterjemahkan oleh Kiryuu, seperti Solo Leveling , Mushoku Tensei , Owari no Seraph, Tsuki ga Michibiku dan banyak lagi lainnya. Kini, tim Kiryuu telah merambah dari situs ke aplikasi yang bisa kita download gratis di Play Store atau pada halaman resminya.

2. Mangasan

Aplikasi ini terintegrasi dengan Mangacanblog.com, salah satu pionir situs penerjemah di indonesia yang terkenal dengan terjemahan mereka pada judul One Piece. Mangasan sendiri memiliki kelebihan tidak adanya iklan yang membuat kita nyaman untuk membaca dan bisa di download secara gratis di Play Store.

Selain itu tampilan user interface/UI yang sederhana dan ada fitur bookmark, menjadikan daya tarik tersendiri.

3. Komikcast

Komikcast.com menjadi situs paling eksis di kalangan para pecinta manga di Indonesia. Situs ini sering menggarap projek terjemahan hampir 150 judul manga. Dari angka tersebut, kebanyakan hasil garapannya adalah genre fantasy/isekai.

Situsnya bisa dibilang memiliki perkembangan yang pesat. lahir pada tahun 2016, Komikcast mampu mengungguli kepopuleran Mangacan. Tampilan aplikasi Komikcast sederhana dan ringan, dan bisa diunduh gratis melalui Play Store.

4. Mangaplus

Tidak hanya koleksi manganya yang super lengkap, situs ini juga menyediakan pilihan subtitle dari beberapa bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia.

Sebagai informasi, Mangaplus merupakan situs hasil karya penerbit majalah manga ternama, Shueisha. Jadi nggak heran kalo jadwal rilisnya juga sesuai dengan jadwal di Jepang.

Situs Anime

Selain situs manga, Katadata.co.id juga merangkum sejumlah situs anime, berikut ulasannya:

1. Netflix

Apabila selama ini Anda hanya menyaksikan serial TV atau film berbahasa Inggris di Netflix, maka Anda wajib sekali mencoba nonton anime di aplikasi nonton anime legal yang menggungakan subtitle bebahasa Indonesia ini.

Sebagai salah satu platform penyedia layanan streaming terbesar di dunia, Netflix menyediakan koleksi anime sub Indo yang lengkap. Mulai dari anime tentang sekolahan hingga anime khusus dewasa dengan kategori 18+.

Tapi perlu diingat, Anda wajib berlangganan Netflix untuk bisa menonton anime di platform ini. Tidak perlu panik atau khawatir dengan biaya bulanan, karena harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...