5 Situs Pilihan Nonton Anime Secara Legal

Lima situs pilihan nonton anime secara legal dan tidak melanggar undang-undang
Image title
30 September 2021, 16:05
5 Situs Pilihan Nonton Anime Secara Legal
unsplash.com
Cuplikan layar salah satu dari anime Jepang

Sebagai pencinta dan penonton anime tentu saja selain menikmati juga harus bertanggung jawab atas dengan apa yang ditonton. Kita wajib mendukung hak cipts anime yang kita tonton. Setidaknya situs yang kita gunakan untuk menonton adalah situs yang legal. Makanya, perlu referensi website jelas dan kredibel.

Katadata.co.id menyediakan beragam pilihan aplikasi untun menonton anime dengan subtitle secara legal. Beberapa di antaranya ada yang gratis dan juga berbayar. Tentunya masing masing aplikasi memiliki kelebihan dan juga tak bisa luput dari kekurangan.

Pilihan menyaksikan via situs resmi sejatinya juga sebagai bentuk penghormatan kepada sang pembuat karya. Dengan menghargai pembuat karya maka menjadi salah satu bentuk cara melesetarikan film di Indonesia.

Seperti dilansir dari Hukum Online, menonton film secara streaming--meskipun tanpa izin dari pemegang hak cipta--secara teknis tidak dapat dikatakan sebagai pelanggaran undang-undang. Nonton streaming film bajakan bukan tindakan ilegal, karena nontonnya sendirian di kamar, atau di dalam rumah, dan bukan mempertontonkannya kepada publik. Seseorang tidak dapat dituntut jika mereka tidak terbukti membuat salinan.

Berikut lima aplikasi penyedia nonton anime legal yang memiliki subtitle lengkap dan terbaik:

1. Netflix

Apabila selama ini Anda hanya menyaksikan serial TV atau film berbahasa Inggris di Netflix, maka Anda wajib sekali mencoba nonton anime di aplikasi nonton anime legal yang menggungakan subtitle bebahasa Indonesia ini.

Sebagai salah satu platform penyedia layanan streaming terbesar di dunia, Netflix menyediakan koleksi anime sub Indo yang lengkap. Mulai dari anime tentang sekolahan hingga anime khusus dewasa dengan kategori 18+.

Tapi perlu diingat, Anda wajib berlangganan Netflix untuk bisa menonton anime di platform ini. Tidak perlu panik atau khawatir dengan biaya bulanan, karena harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Dilansir dari situs resmi Netflix, Netflix.com, biaya bulanan aplikasi tontonan ini cukup bervariasi. Ada dua pilihan yang cukup diminati masyarakat dari paket standar dengan harga Rp.153.000 per-bulan hingga paket premium dengan harga Rp.186.000 per-bulan.

Developer: Netflix, Inc.
Jumlah Pengulas: (4.4(10,348,256)
Ukuran: Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal: Lebih dari satu miliar pengguna

2. iQiyi

Aplikasi kedua yang layak masuk daftar tontonan adalah iQiyi yang bisa diunduh secara cuma-cuma di PlayStore dan AppStore.

Situs dan aplikasi ini menyediakan beragam film anime yang sangat lengkap. Mulai dari anime jadul semacam One Piece hingga yang terbaru.

Bahkan, Anda sudah bisa menikmati serial Boruto episode terbaru secara maraton.

Untuk tarifnya cukup terjangkau dengan mengeluarkan kocek Rp.33.000, Anda bisa nonton menggunakan aplikasi ini dalam kurun waktu satu bulan.

Developer: iQIYI
Jumlah Pengulas: 4.5 (348.736)
Ukuran: Bervariasi
Instal: 10.000.000+
Android Minimum: 5.0

3. Genflix

Aplikasi ketiga yang patut dicoba adalah Genflix. Sama seperti iQiyi, Genflix juga menyediakan anime tanpa ada batasan periode waktu.

Anda bisa mengakses semua film yang diberikan secara gratis oleh developer. Sementara untuk beberapa film premium, Anda akan diminta menjadi member premium terlebih dahulu.

Untuk bisa mengaktifkan member premium Genflix setidaknya Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp. 50.000. Jumlah tersebut dapat anda gunakan selama satu bulan lamanya.

Beberapa judul yang bisa ditonton gratis di Genflix adalah Dr. Stone, My Hero Academia, dan Pokemon.

Developer: Genflix dan Orange TV
Jumlas Pengulas: 3.3 (9000_
Ukuran: Bervariasi: Bervariasi
Instal: 500.000

4. Crunchyroll

Crunchyroll merupakan aplikasi yang sangat terkenal di kalangan pecinta anime karena digunakan secara luas di berbagai pelosok dunia. Dalam aplikasi Crunchyroll Anda dapat menemukan lebih dari 25 ribu episode anime dan terus bertambah seiring berjalannya episode.

Daftar animenya pun terus diperbaharui dengan terus mengikuti perkembangan terbaru sehingga Anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan kisah anime favorit kesayangan.

Untuk bisa mengakses fasilitas ini setidaknya Anda harus menyiapkan kocek sebesar Rp.95.000 untuk 

Developer: Ellation, LLC
Jumlah Pengulas: 3.5 (451.275)
Ukuran: Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal: Lebih dari 10 juta pengguna

5. Cinema Box

Aplikasi nonton anime rekomendasi yang terakhir adalah Cinema Box. Aplikasi ini dikenal memiliki tampilan yang kekinian. Tidak hanya itu, para penonton juga disuguhi grafisnya yang baik juga memanjakan di kala menonton film kesayangan. Selain film anime, kamu juga bisa menyaksikan serial anime secara on going.

Developer: Cinema Box Collector
Jumlah Pengulas: 4.1 (1000)
Ukuran: Bervariasi berdasarkan perangkat
Instal: Lebih dari 100 ribu pengguna

Dengan menonton melalui aplikasi legal, meski harus membayar sudah menjadi bentuk partisipasi penonton untuk melestarikan hak cipta film yang selama ini sering terabaikan. Meski tidak diancam hukuman, tetapi sebenarnya ada banyak beban moral yang seharusnya dirasakan oleh para penikmat film bajakan, yaitu terhadap mereka yang sudah bekerja keras susah payah membuat film tersebut hingga layak untuk ditonton.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait