Mengulas Kandungan Cengkeh yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Image title
6 Oktober 2021, 15:29
Petani memperlihatkan biji cengkeh yang di jemur di Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (11/5/2020). Menurut petani setempat harga cengkeh turun dari Rp110 ribu menjadi Rp 58 ribu per kilogram akibat banyaknya produksi dan tertutupnya sejumlah pabrik akibat COV
ANTARA FOTO/Akbar Tado/hp.
Petani memperlihatkan biji cengkeh yang di jemur di Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (11/5/2020). Menurut petani setempat harga cengkeh turun dari Rp110 ribu menjadi Rp 58 ribu per kilogram akibat banyaknya produksi dan tertutupnya sejumlah pabrik akibat COVID-19.

Indonesia sebagai negara tropis dikaruniai aneka ragam tumbuhan yang dapat menunjang kebutuhan hidup manusia. Salah satu tanaman yang memiliki manfaat melimpah untuk manusia adalah cengkeh. Daya tarik rempah ini pernah membuat negara-negara Portugis, Spanyol hingga Belanda rela datang jauh-jauh untuk ke Indonesia, sampai menjajah Tanah Air.

Cengkeh sangat berguna dan memiliki multi fungsi dengan rasa manis dan aroma harum yang khas. Dalam tradisi kuliner Indonesia, cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue.

Selain itu cengkeh memiliki khasiat yang disebabkan oleh kekayaan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Lalu apa saja manfaatnya, berikut rangkumannya yang dikutip dari hellosehat.com.

Kandungan Gizi Cengkeh

Meski berukuran kecil, kandungan nutrisi di dalam cengkeh cukup melimpah. Setiap satu sendok teh cengkeh (setara 2 gram) mengandung energi sebesar 21 kalori, 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat. Satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi 30% kebutugan mangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh. Cengkeh juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E, meski jumlahnya sedikit.

Aneka kandungan vitamin serta mineral penting inilah yang mendukung manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh manusia. Tentu saja semua nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh demi tumbuh kembang yang baik dan menjaga kesehatan dari penyakit.

Cengkeh dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Dari kandungan gizi seperti yang telah dijabarkan di atas, ada khasiat tersimpan dari setiap cengkeh bila dimanfaatkan. Berikut sejumlah khasiat cengkeh yang berguna bagi pelindung kesehatan dari segala macam penyakit.

1. Cengkeh Bisa Melindungi Tubuh dari Kanker

Cengkeh diperkuat oleh kandungan antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Selain eugenol, cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas. Kekuatan antioksidan dalam cengkeh lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

Penumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat merusak kode DNA dan menyebabkan stres oksidatif sehingga memicu berbagai penyakit kronis. Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai menyebabkan penuaan.

2. Cengkeh Dapat Membasmi Bakteri Penyebab Penyakit

Di dalam cengkeh terkandung sifat antibakteri yang mampu menghentikan infeksi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh efektif membunuh bakteri E. coli yang dapat menyebabkan kram perut, diare, hingga kelelahan.

Cengkeh juga membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis). Jika Anda tidak ingin mengunyah cengkeh, gunakanlah obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...