Panduan Singkat Rumus Lingkaran Beserta Contoh Soalnya

Image title
7 Oktober 2021, 13:32
Panduan Singkat Mengerjakan Rumus Lingkaran Beserta Contoh Soal
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/wsj.
Pelajar mengerjakan soal ujian matematika di SMP Negeri 2 Tarokan, Kediri, Jawa Timur, Rabu (24/3/2021). Meskipun pembelajaran masih secara daring, pemerintah daerah setempat mengizinkan sekolah tingkat SMP hingga SMA menggelar Ujian Satuan Pendidikan (USP) secara tatap muka dengan menerapkan protokal kesehatan COVID-19.

Pelajaran mengenai rumus luas lingkaran masuk dalam kurikulum dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Bahkan dari beberapa jurusan, rumus luas lingkaran juga masih tetap dipelajari sebagai mata kuliah.

Untuk mulai memahaminya, kita dapat menggunakan logika sederhana bahwa prinsip lingkaran merupakan himpunan semua titik di bidang dengan jarak yang sama. Setiap lingkaran memiliki titik pusat yang berada di tengah, dan jari-jari lingkaran (r).

Di sisi lain, jari-jari lingkaran merupakan jarak dari satu titik lingkaran ke titik pusat lingkaran, disimbolkan dengan r. Sedangkan jarak dari satu titik lingkaran ke titik yang lain dari keliling lingkaran dengan melalui titik pusat dinamakan diameter, disimbolkan d.

Berikut cara untuk mengukur luas lingkaran:

Rumus Lingkaran
Rumus Lingkaran (unsplash.com)

Dari gambar tersebut ada beberapa keterangan tambahan:

r= jari-jari
d= diameter

Setelah melihat gambar di atas dapat disimpulkan bahwa luas lingkaran yang merupakan bagian dari lingkaran ini adalah daerah yang dilingkupi oleh lingkaran. Luas lingkaran dapat dihitung dengan mengetahui panjang jari-jari lingkaran. Selain itu, digunakan juga konstanta phi atau biasa dilambangkan dengan π yang memiliki nilai 22/7 atau 3,14. Konstanta phi adalah sebuah konstanta dari perbandingan keliling lingkaran K dengan diameter d yang bernilai 22/7 atau biasa dibulatkan menjadi 3,14.

Setelah memahami rumus singkat mengenai lingkaran tersebut, selanjutnya beranjak ke latihan soal. Pada materi latihan soal pertama akan membahas mengenai luas lingkaran kemudian, keliling lingkaran.

Latihan Soal Luas Lingkaran 1

Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 28 cm, hitunglah luas lingkaran tersebut!

Jawaban:

Karena jari-jari lingkaran merupakan angka yang bisa dibagi dengan angka 7, maka menggunakan π = 22/7.

Dengan rumus sebagai berikut.

Luas = 22/7 x 28 x 28 = 2.464 cm

Jadi, luas lingkaran adalah 2.464 cm.

Latihan Soal Lingkaran 2

Sebuah lingkaran memiliki diameter 12 cm, hitunglah luas lingkaran tersebut!

Jawaban:

Pertama, kita harus mencari jari-jari lingkaran terlebih dahulu dengan rumus berikut.

d = 2r

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...