Pesa'an, Baju Adat Jawa Timur yang Punya Corak merah Putih

Image title
8 Oktober 2021, 10:52
Pesa'an, Baju Adat Jawa Timur Bercorak merah Putih
Pinterest
Ilustrasi Baju Pesa'an

Dari keberagaman suku dan budaya Indonesia muncul berbagai karya seni dari kreativitas. Salah satu produk kreatif yang diwariskan oleh para leluhur terdahulu adalah pakaian adat. Misalnya, Pesa'an, baju adat Jawa Timur yang bercorak warna bendera Indonesia, merah putih.

Pakaian adat juga biasa disebut pakaian rakyat, busana daerah, busana nasional, atau pakaian tradisional. Pakaian ini biasanya dikaitkan dengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Pakaian adat juga dapat menunjukkan status sosial, perkawinan, atau agama.

Advertisement

Mengutip laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kostum-kostum tersebut dikenakan untuk mewakili budaya atau identitas kelompok etnis atau suku bangsa tertentu. Biasanya dikenal sebagai busana adat suku (juga pakaian etnis, busana etnis, atau pakaian etnis tradisional). Pakaian ini biasanya terdiri atas dua jenis: satu untuk acara sehari-hari, dan yang lainnya untuk festival tradisional, atau sebagai pakaian formal untuk upacara-upacara adat.

Pakaian tradisional sering dikenakan hanya di acara-acara istimewa atau perayaan tertentu. Khususnya yang berhubungan dengan tradisi budaya, warisan, untuk menggambarkan identitas kebanggaan nasional atau jati diri kedaerahan. 

Di zaman modern ini, ada beberapa contoh pakaian tradisional yang diwajibkan oleh undang-undang perlindungan. Misalnya di Bhutan, semua warga negara wajib mengenakan pakaian gho dan kera gaya tradisional Tibet untuk pria, serta kira dan toego untuk wanita. Di Arab Saudi, kaum perempuan wajib mengenakan abaya di depan umum.

Dalam artikel kali ini Katadata.co.id akan mengupas salah satu baju adat yang berasal dari Jawa Timur. Baju ini bernama pesa'an yang identik dengan merah putih dan identik dengan Masyarakat Madura. Meski kerap muncul di televisi atau area publik lainnya, namun masih banyak yang belum tahu mengenai asal-usul dari baju ini.

Pakaian Adat Madura, Jawa Timur

Salah satu pakaian adat dari Jawa Timur adalah Pesa'an. Pakaian ini menjadi pakaian khas suku madura. Dikutip dari Ensiklopedia Pelajar dan Umum, bila diamati baju adat Pesa'an memiliki corak khas yaitu terdiri atas baju lengan panjang warna hitam tanpa kerah leher sebagai luaran, kaos belang-belang horizontal merah putih sebagai dalaman, dan celana hitam sebatas lutut.

Dalam satu set lengkap baju Pesa'an ini dilengkapi dengan aksesoris berupa ikat pinggang besar, penutup kepala yang disebut dengan odheng, dan sehelai kain batik yang disampirkan di bahu.

Karakter Khas Baju Pesa'an

Seperti lazimnya baju khas Jawa Timur yang sering ditampilkan di televisi, baju pesa'an menjadi yang paling utamanya. Bila dilihat corak dan karakternya berupa baju atasan berwarna hitam polos dengan ukuran yang longgar dan tidak pas badan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement