Jenis Ikan Cupang Termahal, Ada yang Mencapai Rp 22 Juta

Jenis ikan cupang termahal menjadi incaran sebagian besar kolektor. Faktor warna yang cantik dan kelangkaan jadi kebanggan tersendiri jika berhasil menceburkan ikan cupang berikut ke akuarium pribadi.
Image title
11 Oktober 2021, 10:59
Ikan cupang double tail, salah satu jenis cupang dengan harga mahal.
aquasnack.co.uk
Ikan cupang double tail, salah satu jenis cupang dengan harga mahal.

Mengoleksi ikan cupang merupakan hobi segala usia, mulai anak-anak, dewasa, hingga orangtua. Pesona ikan mungil ini tak kalah dengan jenis ikan hias lainnya. Bahkan, tak sedikit pecinta ikan ini rela membayar jutaan demi mendapatkan cupang idaman.

Mengutip Fish Base, terdapat 52 jenis ikan cupang yang tersebar di perairan Indonesia. Kendati demikian hanya ada beberapa jenis ikan yang populer dan dibanderol dengan harga jutaan.

Berbagai jenis ikan cupang tersebut ada yang sudah ditemukan sejak 1846 hingga 2013. Berdasarkan sejarahnya, ikan cupang berasal dari Asia dan sangat mudah dijumpai di daerah-daerah Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Thailand.

Meneruskan catatan People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), ikan cupang tergolong dalam hewan yang sensitif dan kompleks. Ikan dengan nama latin Betta Sp ini mudah stres ketika sering diperdagangkan atau mendpat perawatan yang tidak baik.

Adapun perawatan yang layak terhadap kan cupang terdiri atas makanan yang sehat, air yang bersih dan volume yang pas, asupan cahaya, stimulasi mental yang tepat, wadah yang sesuai, menjemur ikan, hingga memberikan metil biru guna mempercepat proses pertumbuhan sirip yang patah.

Ikan dengan rentang usia 3-4 tahun ini merupakan spesies ikan tropis yang dapat hidup di rawa-rawa. Dengan alat pernapasan labirin, memungkinkan ikan cupang untuk mengambil langsung oksigen dari udara. Alhasil, tanpa aerator atau alat sirkulasi udara sekalipun, cupang masih dapat bertahan hidup.

Jenis Ikan Cupang Termahal

Ada beberapa faktor yang membuat sebagian jenis cupang ditaksir dengan harga lebih mahal, di antaranya bentuk tubuhnya yang unik, bobot, kemampuan bertarung, hingga warna yang eksotik dan langka. Berikut jenis ikan cupang termahal.

1. Ikan Cupang Koi

Seperti ikan Koi pada umumnya, cupang ini memiliki warna terbatas, yakni merah, hitam, biru, oranye, dan putih. Siripnya yang lebar dan bulat membuat ikan ini terlihat menonjol dan mahal.

Ikan cupang Koi dijual seharga Rp 150 ribu – Rp 200 ribu per ekornya.

2. Ikan Cupang Slayer

Ikan hasil persilangan cupang serit dan halfmoon ini melahirkan ikan cupang unik bersirip lebar dan lembut seperti halfmoon dengan tubuh ramping seperti serit.

Ikan ini dijual degan harga beragam, tapi umumnya cupang Slayer dewasa dipatok Rp 250 ribu – 300 ribu per ekornya.

3. Ikan Cupang Black Samurai

Ikan dengan warna unik ini termasuk salah satu ikan dengan harga mahal dan langka. Cupang dengan nama lain black mamba ini berbalut warna hitam pekat dengan corak terang.

Di pasaran, ikan cupang Black Samurai menyentuh harga Rp 150 ribu – Rp 400 ribu per ekornya.

4. Ikan Cupang Fancy

Di Indonesia, ikan ini dipatok seharga Rp 300 ribu per ekornya. Sementara itu, di sebuah acara lelang online di Thailand, cupang Fancy terjual seharga Rp 10 juta.

Ikan dengan keunikan garis warna tunggal di tubuh bagian depannya ini memiiki gradasi bentuk dan warna ekor yang begitu cantik dan anggun ketika meliuk-liuk di dalam akuarium. Selain itu, ikan cupang Fancy bisa menjadi petarung yang andal.

5. Ikan Cupang Giant

Ikan cupang yang dikembangkan melalui perkawinan silang cupang plakat dengan jenis lainnya ini dapat mencapai ukuran terbesar hingga 12 sentimeter (cm).

Adapun jenis ikan cupang Giant yang populer di pasaran, seperti Crown Tail Giant, Double Tail Giant, dan Halfmoon Giant. Di suatu situs marketplace, ikan cupang Giant dijual seharga Rp 400 ribu per ekor.

6. Ikan Cupang Plakat

Penamaan ikan cupang Plakat berasal dari istilah di Thailand yang berarti laga atau pertarungan. Kendati memiliki warna yang anggun dan menawan, ikan ini bisa jadi menakutkan di arena pertarungan.

Ikan dengan ekor pendek yang kokoh ini dibanderol seharga Rp 1 juta di berbagai marketplace.

7. Ikan Cupang Double Tail

Walaupun ramai peminat, ikan cupang Double Tail tergolong langka. Hal ini membuat harganya cukup mahal, yakni mencapai Rp 2 juta per ekor.

Ada beberapa keunikan yang membuat kolektor ikan cupang kepincut dengan cupang Double Tail, seperti bentuk ekornya yang terbelah dua dan warnanya yang seperti sembur, terlihat anggun di dalam akuarium.

8. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan yang disebut-sebut berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand, ini memiliki varian warna yang beragam, mulai dari kuning, hingga merah menyala. Selain itu, bentuk ekor dan siripnya mirip dengan bentuk bulan separuh.

Di sejumlah marketplace di Indonesia, ikan dengan warna teduh ini bisa menyentuh hingga Rp 3 juta per ekornya. Sementara itu, di sebuah lelang daring di Thailand, cupang Halfmoon terjual dengan harga Rp 8 juta per ekor.

9. Ikan Cupang Nemo

Ikan cupang yang tergolong langka ini memiliki karakteristik tubuh kecil dan warna yang sangat mencolok layaknya ikan nemo.

Ikan cupang nemo dipatok seharga Rp 200 ribu – Rp 400 ribu per ekornya.

10. Ikan Cupang Crowntail

Ikan yang cukup sulit ditemukan ini memiliki ekor yang panjang dan sensitif sehingga memerlukan perawatan ekstra. Ikan cupang Crowntail bisa mencapai Rp 7 juta – Rp 21 juta per ekornya.

11. Ikan Cupang Kanchen Worachai

Ikan cupang menyerupai warna bendera Thailand ini memiliki harga mencapai Rp 22 juta per ekornya. Dengan harga tersebut, Kanchen Worachai disebut sebagai cupang termahal di dunia.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait