Jenis Ikan Cupang Termahal, Ada yang Mencapai Rp 22 Juta

Image title
11 Oktober 2021, 10:59
Ikan cupang double tail, salah satu jenis cupang dengan harga mahal.
aquasnack.co.uk
Ikan cupang double tail, salah satu jenis cupang dengan harga mahal.

Mengoleksi ikan cupang merupakan hobi segala usia, mulai anak-anak, dewasa, hingga orangtua. Pesona ikan mungil ini tak kalah dengan jenis ikan hias lainnya. Bahkan, tak sedikit pecinta ikan ini rela membayar jutaan demi mendapatkan cupang idaman.

Mengutip Fish Base, terdapat 52 jenis ikan cupang yang tersebar di perairan Indonesia. Kendati demikian hanya ada beberapa jenis ikan yang populer dan dibanderol dengan harga jutaan.

Advertisement

Berbagai jenis ikan cupang tersebut ada yang sudah ditemukan sejak 1846 hingga 2013. Berdasarkan sejarahnya, ikan cupang berasal dari Asia dan sangat mudah dijumpai di daerah-daerah Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Thailand.

Meneruskan catatan People for the Ethical Treatment of Animals (PETA), ikan cupang tergolong dalam hewan yang sensitif dan kompleks. Ikan dengan nama latin Betta Sp ini mudah stres ketika sering diperdagangkan atau mendpat perawatan yang tidak baik.

Adapun perawatan yang layak terhadap kan cupang terdiri atas makanan yang sehat, air yang bersih dan volume yang pas, asupan cahaya, stimulasi mental yang tepat, wadah yang sesuai, menjemur ikan, hingga memberikan metil biru guna mempercepat proses pertumbuhan sirip yang patah.

Ikan dengan rentang usia 3-4 tahun ini merupakan spesies ikan tropis yang dapat hidup di rawa-rawa. Dengan alat pernapasan labirin, memungkinkan ikan cupang untuk mengambil langsung oksigen dari udara. Alhasil, tanpa aerator atau alat sirkulasi udara sekalipun, cupang masih dapat bertahan hidup.

Jenis Ikan Cupang Termahal

Ada beberapa faktor yang membuat sebagian jenis cupang ditaksir dengan harga lebih mahal, di antaranya bentuk tubuhnya yang unik, bobot, kemampuan bertarung, hingga warna yang eksotik dan langka. Berikut jenis ikan cupang termahal.

1. Ikan Cupang Koi

Seperti ikan Koi pada umumnya, cupang ini memiliki warna terbatas, yakni merah, hitam, biru, oranye, dan putih. Siripnya yang lebar dan bulat membuat ikan ini terlihat menonjol dan mahal.

Ikan cupang Koi dijual seharga Rp 150 ribu – Rp 200 ribu per ekornya.

2. Ikan Cupang Slayer

Ikan hasil persilangan cupang serit dan halfmoon ini melahirkan ikan cupang unik bersirip lebar dan lembut seperti halfmoon dengan tubuh ramping seperti serit.

Ikan ini dijual degan harga beragam, tapi umumnya cupang Slayer dewasa dipatok Rp 250 ribu – 300 ribu per ekornya.

3. Ikan Cupang Black Samurai

Ikan dengan warna unik ini termasuk salah satu ikan dengan harga mahal dan langka. Cupang dengan nama lain black mamba ini berbalut warna hitam pekat dengan corak terang.

Di pasaran, ikan cupang Black Samurai menyentuh harga Rp 150 ribu – Rp 400 ribu per ekornya.

4. Ikan Cupang Fancy

Di Indonesia, ikan ini dipatok seharga Rp 300 ribu per ekornya. Sementara itu, di sebuah acara lelang online di Thailand, cupang Fancy terjual seharga Rp 10 juta.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement