5 Daftar Sungai Terpanjang di Benua Amerika dan Cerita di Baliknya

Image title
11 Oktober 2021, 17:37
Sungai Amazon sebagai sungai terpanjang di Benua Amerika
Pixabay
Sungai Amazon sebagai sungai terpanjang di Benua Amerika

Dalam film-film Hollywood, tak jarang menyuguhi panorama pemandangan dari Sungai Amazon. Perlu diketahui bahwa Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di dunia yang lokasinya berada di Benua Amerika.

Sungai Amazon diyakini menjadi yang terpanjang kedua setelah Sungai Nil. Letaknya yang masih dikeliling oleh lanskap hutan dan flora serta fauna yang beraneka ragam, membuat sungai ini memiliki banyak cerita.

Advertisement

Namun selain Sungai Amazon, masih ada beberapa sungai lain yang teramat panjang di Benua Amerika. Keberadaan sungai yang teramat panjang itu ada karena didukung topografi Benua Amerika yang begitu luas.

Bila diukur secara total, luas keseluruhan benua ini adalah 42.188.569 kilometer persegi (km2)atau sekitar 4 kali luas Benua Eropa. Benua Amerika merupakan benua terpanjang dengan jarak 15.300 km mulai dari kawasan Kutub Utara hingga Cape Horn di bagian selatan.

Benua Amerika terdiri dari 2 kawasan utama, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Keduanya dihubungkan oleh daratan sempit dan ukuran yang paling sempit sekitar 60 km di wilayah Tanah Genting, Panama, Amerika Tengah yang sekaligus menjadi pemisah Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

Sebagai benua yang luas, kawasan ini memiliki sungai-sungai besar dan panjang di dunia. Hal tersebut disebabkan karena topografi daratan Amerika yang membentuk cekungan luas di daerah timur. Selain itu, keanekaragaman hayati dan sumber daya alam benua ini juga sangat melimpah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima daftar sungai terpanjang yang ada di Benua Amerika:

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon menduduki peringkat pertama dalam daftar sungai terpanjang di Benua Amerika. Sungai ini mengalir dari Rio Mantaro, Peru dan bermuara di Samudra Atlantik. Sungai ini juga mengaliri beberapa negara di Amerika Selatan antara lain Brasil, Ekuador, Kolombia dan Bolivia.

Ada beberapa pendapat terkait panjang sungai ini. Salah satu yang paling sering digunakan sebagai referensi adalah hasil studi beberapa ilmuwan pada 2009. Penelitian tersebut menggunakan kombinasi analisis citra satelit dan investigasi di lapangan, yang menyimpulkan sungai Amazon memiliki panjang 6.575 km.

Kawasan Amazon adalah habitat bagi berbagai flora dan fauna yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Salah satu hewan yang identik dengan kawasan ini adalah ikan piranha, ikan karnivora kecil yang dikenal sangat buas. Selain itu ada pula ikan arapaima yang menyandang status ikan air tawar terbesar di dunia.

Volume air yang sanggup dialirkan oleh Sungai Amazon mencapai 184.000 m³ per detik menuju Samudera Atlantik, terhitung dari Nevado Mismis. Jumlah tersebut menjadikan Sungai Amazon sebagai sungai dengan volume tertinggi dan terluas berdasarkan lebarnya. Selain menjadi habitat flora fauna, kawasan hutan Amazon juga dihuni berbagai suku yang belum terindetifikasi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement