22 Jenis Anjing Bertubuh Kecil yang Bikin Gemas

Image title
14 Oktober 2021, 17:44
Cihuahua, salah satu jenis anjing bertubuh kecil.
Pexels.com
Cihuahua, salah satu jenis anjing bertubuh kecil.

Jenis anjing bertubuh kecil cukup diminati oleh sebagian penyuka hewan peliharaan. Ukurannya yang mungil membuatnya terlihat lucu dan imut. Selain itu, jenis anjing ini tidak memerlukan kandang atau kediaman yang luas untuk mereka bermain.

Ada beragam jenis anjing ras kecil yang menggemaskan. Di antara mereka, ada yang memiliki sifat pemberani, penyayang, cerdas, aktif, sampai pemalas. Dengan beragamnya sifat ini, pemilik bisa menentukan anjing mana yang sekiranya mereka butuhkan.

Mengutip Good House Keeping, Better Homes and Gardens, dan beberapa laman terkait lainnya, berikut 22 jenis anjing bertubuh kecil yang cocok jadi peliharaan di rumah:

Jenis Anjing Bertubuh Kecil

1. Alaskan Klee Kai

Mendambakan anjing Husky, tapi tidak punya ruang yang cukup? Jangan khawatir, anjing Alaskan Klee Kai bisa menjadi pilihan. Terlihat seperti anjing Husky, anjing ini memiliki berat sekitar 6 kilogram (kg). dengan tinggi 38-43 cm, ras anjing jenis Spitz ini bisa hidup hingga usia 12-16 tahun.

2. Cihuahua

Dinamai berdasarkan negara bagian Cihuahua di Meksiko. Anjing Cihuahua merupakan hewan setia bertubuh mungil dengan berat sekitar 2 kg. Anjing berbulu halus dan panjang ini punya sifat aktif sekaligus tangguh.

3. Pomeranian

Anjing Pomeranian memiliki bulu lebat dan panjang. Hewan dengan tinggi badan 18-30 cm ini memiliki wajah ceria dan kaki mungil yang lincah. Anjing yang mampu bertahan di suhu dingin ini bisa akrab dengan hewan peliharaan lainnya, seperti kucing dan anjing kecil.

Pomeranian termasuk di antara tiga anjing yang selamat dari tenggelamnya kapal Titanic pada 1912 silam.

4. Papillon

Papillon termasuk anjing kecil yang aktif dan pintar. Anjing dengan ciri khas telinga kupu-kupu ini merupakan anjing yang setia, penyayang, dan cocok untuk anak-anak. Anjing yang mudah menjalin persahabatan ini juga dikenal dengan nama Continental Toy Spaniel.

5. Japanese Chin

Anjing Japanese Chin
Anjing Japanese Chin (American Kennel Club)

Sejak zaman dahulu, Japanese Chin sudah menjadi hewan peliharaan bangsawan Jepang. Bila tidak dirawat dengan baik, anjing manis yang suka diemong ini rentan terkena masalah kesehatan umum, seperti tempurung lutut tergelincir, katarak, dan murmur jantung dini.

6. Maltese

Dengan berat kurang dari 7 kg, anjing putih dengan sifat pemberani ini suka diajak jalan-jalan. Maltese cukup energik dan setia dengan pemiliknya. Berumur 12-15 tahun, anjing ini memiliki tinggi badan antara 20-25 cm.

7. Shih Tzu

Anjing kecil dengan rambut panjang dan halus ini merupakan hewan peliharaan dengan sikap waspada dan percaya diri. Terlepas dari ukurannya, anjing ini sebenarnya cukup kuat dan dapat bertahan sendiri. Nama Shih Tzu berasal dari bahasa Cina yang berarti ‘singa kecil’.

8. Dachshund

Dachshund memiliki kepribadian yang menyenangkan dan ceria, sehingga cocok untuk anak-anak. Anjing berkaki mungil ini sering bertingkah dan melakukan berbagai aktivitas lainnya semata untuk mencuri perhatian pemiliknya. Anjing bertubuh bulat panjang ini hadir dalam tiga jenis bulu, yaitu halus, panjang, atau kaku.

9. French Bulldog

French Bulldong cocok untuk mereka yang ingin memelihara Bulldog, tapi terhalang karena ukurannya yang besar. Meskipun terlihat sangar, anjing ini sebenarnya ramah dan mudah bergaul. Walaupun cenderung malas, anjing French Bulldog bisa menjadi aktif apabila diajak bermain oleh pemiliknya.

10. Mini Poodle

Anjing Poodle dikenal dengan bulu ikalnya yang ketat dan potongan rambut tertentu seperti “pom-pom” di atas persendiannya. Anjing mungil yang cocok jadi teman penghibur ini termasuk dalam golongan anjing cerdas.

11. Yorkipoo

Dengan perawakan mungil dari jenis Yorkshire Terrier dan kecerdasan pudel mini, anjing ras campuran yang lucu ini menjadi hewan peliharaan yang sempurna untuk keluarga. Plus, mereka hipoalergenik, sehingga cocok untuk penderita alergi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...