Cara Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Telurnya

Image title
21 Oktober 2021, 14:48
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Telurnya
Pexels.com
Ilustrasi menggaruk rambut.

Kutu rambut barangkali sudah menjadi masalah umum bagi sebagian orang. Sensasi gatal yang begitu mengganggu serta munculnya telur-telur kutu di permukaan rambut yang menjengkelkan sering kali memperburuk penampilan.

Lalu, apakah ada cara menghilangkan kutu rambut beserta telur-telurnya?

Advertisement

Sebelum menuju pembahasan inti, ada baiknya untuk mengetahui dari mana datangnya parasit penghisap darah ini. Berdasarkan riset Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), terdapat sekitar 6 hingga 12 juta kasus kutu rambut di Amerika Serikat yang menyerang anak usia 3-11 tahun.

Lantaran kutu hanya dapat bertahan 24 jam di luar kepala, sebagian besar parasit ini menyebar dari satu kepala ke kepala lainnya. Kontak langsung atau menggunakan barang secara bersama-sama, seperti topi, dapat memfasilitasi penularan kutu rambut.

Situasi umum yang dapat menyebabkan transfer kutu, di antaranya:

  • Duduk berdekatan dengan orang lain.
  • Tidur satu ranjang.
  • Berbagi sisir atau handuk.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Obat

Mengutip Healthline, berikut beberapa obat yang dapat membasmi kutu rambut:

ObatAplikasiPeringatan
MalathionOleskan obat ini ke rambut, lalu gosokkan ke rambut dan kulit kepala. Perawatan kedua mungkin diperlukan jika kutu terlihat atau kembali muncul setelah tujuh hingga sembilan hari perawatan.Memiliki efek samping berupa rasa hangat dan menyengat di kulit kepala, rambut kering, hingga ketombe.
IvermectinOleskan pada rambut dan kulit kepala yang kering. Bilas setelah 10 menit dengan air.Tidak untuk anak di bawah usia enam bulan.
Losion benzyl alkohol (Ulesfia)Oleskan losion ini ke kulit kepala dan rambut kering selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air. Perawatan berulang diperlukan, sebab obat ini membunuh kutu tetapi bukan telurnya.Tidak untuk anak di bawah enam bulan. Aman untuk ibu hamil dan menyusui.
LindaneOleskan sampo ke rambut dan kulit kepala yang kering. Biarkan selama empat menit sebelum menambahkan air untuk busa. Bilas sesudahnya.Lindane menyebabkan efek samping yang serius. Gunakan hanya jika resep lain gagal. Tidak untuk bayi prematur, pengidap HIV, wanita yang sedang hamil atau menyusui, anak-anak, orang tua, atau mereka yang beratnya kurang dari 49 kilogram.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih

Selain obat-obatan di atas, kutu rambut bisa dibasmi dengan bahan alami alternatif, yakni minyak kayu putih. Dalam sebuah studi pada 2017, dikatakan bahwa sampo dengan kandungan minyak kayu putih lebih ampuh melenyapkan kutu rambut ketimbang sampo permethrin.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement