4 Bahan Alami untuk Mengobati Rambut Rontok

Image title
21 Oktober 2021, 16:14
4 Bahan Alami untuk Mengobati Rambut Rontok
freepik.com
Kenali penyebab rambut rontok untuk hindari kebotakan

Rambut rontok sering kali menjadi momok yang menjengkelkan bagi sebagian besar kalangan terutama wanita. Rambut yang rontok kerap kali berimplikasi terhadap kebotakan. Tentunya hal itu harus dihindari karena kebotakan akan membuat citra penampilan menjadi menurun.

Jatuhnya banyak rambut yang rontok setelah mencuci atau ketika menyisir tentu akan membuat kamu jadi cemas. Meski sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang, tetapi kamu juga perlu mewaspadai saat rambut rontok secara berlebihan. Sebab ini bisa memicu kebotakan.

Supaya kebotakan tidak terus menerus terjadi, berikut tips mengatasi rambut rontok dengan bahan alami dikutip dari halodoc.com:

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya (Aloe vera) telah dipergunakan untuk banyak keperluan selama berabad-abad. Sejak ribuan tahun yang lalu sampai sekarang lidah buaya sangat dikenal khasiatnya karena pada pelepahnya terdapat berbagai macam kandungan nutrisi.

Lidah buaya diduga berasal dari kepulauan Canary di sebelah barat Afrika. Telah dikenal sebagai obat dan kosmetika sejak berabad-abad silam. Hal ini tercatat dalam Egyptian Book of Remedies.

Di dalam buku tersebut diceritakan bahwa pada zaman Cleopatra, lidah buaya dimanfaatkan untuk bahan komestika dan pelembab kulit. Orang Yunani pada awal tahun 333 SM (sebelum masehi) telah mengidentifikasi lidah buaya sebagai tanaman penyembuh segala penyakit. Salah satu manfaatnya yang akan dibahas disini adalah mengenai manfaatnya terhadap kesuburan rambut.

Kandungan Nutrisi Lidah Buaya

  • Vitamin, yaitu A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol, Folic Acid.
  • Mineral, yaitu Calsium, Magnesium, Potasium, Sodium, Iron, Seng, Chromium.
  • Enzim, yaitu Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypepilase, Carboxyhelulose, Bradykinase.
  • Asam Amino, yaitu Arginin, Aspargin, Aspartat Acid, Analine, Serine, Glutamat, Threonine, Glycine, Phenil alanine.
  • Histidine, Isoliucine.

Cara Menggunakan Lidah Buaya Untuk Mengobati Rambut Rontok

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup oleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama lima belas menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan tersebut setiap hari secara teratur agar rambut rontok berkurang.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau minyak olive, bila dalam Bahasa Inggris yaitu Olive oil, adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Pohon ini bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak.

Kandungan Nutri Minyak Zaitun

Buah bersejarah yang tercantum dalam kitab suci tersebut, memiliki beragam kandungan gizi antara lain:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...