Cara Membuat Absen di Google Form dengan Mudah

Image title
22 Oktober 2021, 13:56
Cara Membuat Absen di Google Form dengan Mudah
Pexels.com
Ilustrasi grafik Google Form.

Cara membuat absen di Google Form cukup dibutuhkan. Apalagi di masa pandemi saat ini, masih banyak di antara sekolah hingga kantor yang menerapakan belajar online atau mempekarjakan karyawannya di rumah sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19.

Untuk itu, cara membuat absen online di Google Form diperlukan guna mengumpulkan daftar keanggotaan yang hadir dalam kelas maupun pekerjaan. Dengan fitur ini, guru maupun pimpinan perusahaan bisa mendata murid maupun karyawannya yang tetap belajar atau bekerja di rumah masing-maing.

Perangkat lunak administrasi survei yang rilis perdana pada Februari 2008 ini disertakan sebagai bagian dari rangkaian Google Docs Editor berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google. Form menampilkan semua fitur berbagi yang ditemukan di Dokumen, Spreadsheet, dan Slide.

Keuntungan menggunakan Google Form, di antaranya mudah disebarkan, gratis, dan hasilnya bisa dimasukan ke Google Sheets. Sehingga, data bisa diunduh dan diolah secara lebih sederhana.

Walaupun sudah mulai populer, namun ada beberapa orang yang belum memahami bagaimana cara membuat absen di Google Form. Software administrasi survei yang disertakan sebagai rangkaian Google Docs Editor ini bisa dibuat dengan mudah melalui komputer maupun handphone.

Membuat Google Form bisa dilakukan melalui Google Drive. Berikut langkah-langkahnya:

  • Bukan Google Drive.
  • Ketuk menu “New” yang terletak di sebelah kiri atas tampilan Google Drive.
  • Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan layanan Google. Pilih “Google Forms”.
  • Selesai.

Selain dari komputer, membuat Google Form bisa dilakukan lewat handphone dengan cara yang cukup mudah, Anda tinggal membuka internet browser di Android. Lalu, pergi ke laman forms.google.com, sehingga Anda berada pada halaman utama Google Form.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...