Mengenal 4 Tugas Malaikat Jibril Selain Menyampaikan Wahyu

Berikut tugas malaikat Jibril selain menyampaikan wahyu yang banyak dilakukan setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.
Image title
25 Oktober 2021, 16:50
Ilustrasi seorang anak perempuan membaca tugas malaikat Jibril
ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/RWA/sa.
Ammar Awad Seorang gadis duduk dengan sebuah kitab suci karena Kubah Batu terlihat di latar belakang kompleks yang menampung Masjid al-Aq yang dikenal oleh Muslim sebagai Tempat Suci Mulia dan bagi orang Yahudi sebagai Temple Mount, di Kota Tua Yeruem, Jumat (28/5/2021).

Dalam sejarah keislaman banyak dituliskan mengenai sosok malaikat Jibril. Hal itu dikarenakan banyaknya interaksi sang malaikat kepada Nabi Muhammad Saw. Malaikat Jibril diutus Allah untuk menyampaikan wahyu dan perintah agama.

Kemudian muncul pertanyaan, apa tugas malaikat Jibril setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Hal itu banyak menjadi pertanyaan dalam banyak forum kajian keagamaan.

 Ternyata malaikat Jibril masih memiliki tugas lain yang tidak hanya berhenti pada menyampaikan wahyu saja. Seperti dikutip dari Harian Republika, berikut empat tugas malaikat Jibril selain menyampaikan wahyu:

Pertama, yaitu menjadi pemimpin para malaikat untuk turun ke bumi. Tugas ini dilakukan setidaknya satu tahun sekali., yakni pada malam Lailatul Qadr di bulan Ramadan. Pada malam yang mulia tersebut, para malaikat turun ke bumi untuk memberi keselamatan dan keberkahan.

Advertisement

Kedua, memenuhi dan menahan hajat orang yang berdoa. Hal ini sebagaimana riwayat Imam Al-Baihaqi dari Tsabit, Rasulullah SAW bersabda:

“Telah sampai kepadaku bahwa Allah Swt mendelegasikan Malaikat Jibril dalam urusan memenuhi hajat hidup manusia. Apabila seorang mukmin berdoa, maka Allah pun berkata kepada Jibril; Wahai Jibril, tahan dulu untuk memenuhi hajatnya karena Aku sungguh sangat senang mendengar lantunan doanya. Apabila orang kafir berdoa, Allah pun berkata kepadanya; Wahai Jibril, penuhi apa yang menjadi hajatnya karena sesungguhnya Aku tidak suka mendengar lantunan doanya.”

 Ketiga, Mendampingi orang yang sakaratul maut dalam keadaan suci. Saat seseorang mengalami sakaratul maut dan orang tersebut dalam keadaan suci, malaikat Jibril turun ke sisi orang tersebut. Dia kemudian membawa tugas dari Allah untuk membawa rahmat dan kemudahan bagi orang yang sedang sekarat tersebut.

Hal ini juga ditegaskan oleh Syekh Nawawi dalam kitab Nuruzh Zhalam. Dia menjelaskan,

“Imam Jalaluddin Al-Suyuthi berkata bahwa Malaikat Jibril menghadiri kematian seseorang yang meninggal dalam keadaan punya wudhu.”

Adapun tugas Malaikat Jibril yang keempat adalah mengurus angin. Semua urusan yang berkaitan dengan angin, maka semuanya dikendalikan oleh Malaikat Jibril. Ini sebagaimana riwayat Imam Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman berikut,

“Empat Malaikat yang mengurusi urusan dunia yaitu Jibril, Mikail, Malaikat Maut, dan Israfil. Jibril diserahi untuk mengatur angin dan para tentara (malaikat). Mikail diserahi untuk mengurus hujan dan tumbuh-tumbuhan. Malaikat Maut diserahi untuk mencabut nyawa, sedangkan Israfil diserahi tugas menyampaikan perintah kepada mereka.”

Demikianempat tugas malaikat Jibril selain menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad Saw. Hal tersebut membuktikan bahwa Malaikat Jibril saat ini tidak menganggur. Ia masih memiliki tugas yang perlu diembannya sampai dengan hari kiamat nanti walaupun nabi Muhammad Saw sudah wafat.

Nama-nama Malaikat Beserta Tugasnya

 Setelah di paragraf atas memelajari mengenai malaikat jibril dan tugasnya pasca wafatnya Nabi Muhammad SAW. Sebagai seorang muslim tidak bisa hanya berhenti sampai di sana saja. Hal itu sudah menjadi kewajiban untuk memercayai dan memahami keberadaan malaikat. Memercayai atau mengimani malaikat masuk dalam salah satu poin dalam rukum iman.

Setidaknya ada sembilan nama malaikat selain Jibril yang menjadi utusan Allah harus diajarkan pada anak sejak dini. Masing-masing Malaikat memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Seperti yang sudah dipaparkan dalam paragraf sebelumnya, dalam agama Islam, sebagai muslim wajib meyakini rukun iman yang berjumlah enam. Adapun rukun iman yang kedua yakni percaya kepada malaikat-malaikat Allah.

Sebagai orang tua, keimanan terhadap malaikat harus Anda ajarkan kepada anak meskipun sosok malaikat tak bisa dilihat secara kasat mata. Dalam agama Islam, malaikat diciptakan dari cahaya dan semua muslim wajib beriman kepadanya.

10 Malaikat Beserta Tugasnya

Malaikat juga merupakan mahluk ciptaan Allah SWT yang selalu taat terhadap perintah-Nya. Sebenarnya ada ribuan malaikat, berikut 9 nama malaikat selain Jibril dan tugasnya yang wajib diketahui.

1. Malaikat Mikail, sang penebar rezeki

Malaikat Mikail berada di posisi kedua dalam daftar 10 nama malaikat yang wajib diimani. Secara spesifik tugas malaikat Mikail adalah memberikan rezeki kepada seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Sehingga, malaikat Mikail tidak hanya memberikan rezeki kepada manusia saja.

Walaupun demikian, tidak hanya bertugas memberikan rezeki saja, malaikat Mikail juga memiliki tugas lain yaitu mengatur hujan, angin, dan juga tanaman. Semua kendali tersebut ada di tangan Malaikat Mikail yang tentunya atas izin Allah SWT.

2. Malaikat Israfil, sang peniup sangkakala

Malaikat ketiga dari 10 nama malaikat yang wajib diimani oleh seorang muslim adalah malaikat Israfil. Tugas malaikat Israfil yaitu meniupkan sangkakala pada hari kiamat nanti.

Sangkakala sendiri adalah sejenis terompet. Di mana saat Allah menyuruh malaikat Israfil meniup sangkakala maka saat itu hari kiamat tiba yang membuat semua mahluk hidup bernyawa akan mati.

Setelah meniup sangkakala yang pertama, Allah SWT akan meghidupkan kembali malaikat Israfil dan kembali menyuruhnya untuk meniup terompet kedua.

Tiupan kedua ini akan membangkitkan semua mahluk hidup yang mati. Setelah tiupan terompet kedua dan semua mahluk hidup kembali hidup, inilah yang dinamakan hari kebangkitan.

3. Malaikat Israil, sang pencabut nyawa

Sosok malaikat Izrail merupakan salah satu dari 10 nama malaikat yang wajib diimani yang bertugas untuk mencabut nyawa. Tidak ada satu makhluk pun yang akan terlewat dari takdirnya untuk meninggal jika memang sudah waktunya. Maka, Malaikat Izrail akan mendatangi makhluk tersebut dan mencabut nyawanya.

Sosok malaikat ini bisa dikatakan menjadi malaikat yang namanya cukup dikenal diantara nama malaikat yang lain. Malaikat Izrail adalah malaikat yang sangat patuh pada perintah Allah SWT, termasuk membinasakan apapun itu. Ia tega mencabut nyawa, asalkan bisa mematuhi perintah Allah SWT sebagai Maha Pencipta.

4. Malaikat Munkar, sang penanya keburukan manusia di alam kubur

Di nomor lima ada malaikat Munkar yang bertugas menanyai manusia di dalam kubur setelah ia meninggal. Kewajiban malaikat Munkar ini adalah menanyai perihal keimanan seseorang dan akan mendatangi seseorang yang berbuat banyak keburukan selama hidupnya.

Diriwayatkan dari beberapa hadis bahwa malaikat Munkar diceritakan akan datang dengan wujud yang menyeramkan. Ia membawa godam sebagai senjatanya. Ketika seorang manusia ditanyai olehnya dan tidak bisa menjawab, maka godam tersebut akan menghantamnya hingga hancur.

Tidak hanya berhenti di situ, kemudian manusia tersebut dibangkitkan kembali dan diberi pertanyaan yang sama. Ketika tidak bisa menjawab lagi, maka akan dihancurkan lagi. Begitu seharusnya hingga hari kebangkitan tiba.

5. Malaikat Nakir, sang penanya amal baik manusia di alam kubur

Berlawanan dengan malaikat Munkar, di nomor enam ini tugas malaikat Nakir yang mendatangi orang-orang yang banyak berbuat baik selama hidupnya. Diceritakan jika malaikat keenam ini memiliki wujud yang lebih indah untuk dipandang. Diceritakan juga jika orang yang didatangi oleh malaikat ini akan masuk surga.

6. Malaikat Raqib, sang pencatat amal baik

Dari 10 nama malaikat yang wajib diimani, pada nomor tujuh adalah malaikat Raqib. Tugas malaikat Raqib adalah untuk mencatat amal kebaikan pada manusia semasa ia hidup. Oleh karena itu, Anda para orang tua perlu mengajarkan untuk selalu berbuat baik kapan pun kepada siapa pun agar amal perbuatan anak-anak selalu dicatat dalam buku malaikat Raqib.

7. Malaikat Atid, sang pencatat keburukan manusia

Malaikat Atid memiliki tugas yang berkebalikan dengan malaikat Raqib. Malaikat kedelapan yang wajib diimani adalah malaikat Atid. Tugas malaikat Atid adalah untuk mencatat amal buruk manusia.

Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua wajib mengingatkan anak untuk menghindari berbuat buruk atau jahat. Karena malaikat Atid akan selalu mencatat tindakan yang dilakukan.

8. Malaikat Malik, sang penjaga pintu neraka

Malaikat kesembilan yang wajib diimani yakni malaikat Malik. Tugas malaikat Malik adalah menjaga pintu neraka. Hal ini sesuai dengan surat At-Thamrin ayat 6 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Neraka adalah tempat bagi orang-orang yang dalam hidupnya selalu berbuat buruk dan tidak beriman kepada Allah SWT.

9. Malaikat Ridwan, sang penjaga pintu neraka

Berkebalikan dengan malaikat Malik, tugas malaikat Ridwan yang wajib diimani yakni untuk menjaga pintu surga.

Surga digambarkan sebagai tempat untuk mereka orang Islam yang beriman kepada Allah dan banyak berbuat baik selama hidup di dunia.

Surga sendiri dalam Al-Quran adalah tempat yang indah dan hadiah bagi orang-orang beriman selama di dunia.

Hal ini sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 25, yang artinya:

“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan ‘inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu.’ Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.”

Itulah tadi 10 nama nama malaikat dan tugasnya yang wajib diyakini dalam agama Islam. Sebagai seorang muslim, ini wajib diimani. Kini, Anda bisa mengajarkan anak agar lebih mudah dihafal.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait