Manfaat Buah Salak, Amankah untuk Ibu Hamil?

Image title
27 Oktober 2021, 12:38
manfaat Buah salak, Manfaat Buah Salak, Amankah untuk Ibu Hamil?
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/aww.
Buah salak.

Buah salak memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Manfaat buah salak mampu meningkatkan kesehatan mata, pencernaan, stamina, menurunkan berat badan, mencerahkan kulit, hingga mengontrol asam urat.

Namun, yang masih jadi pertanyaan sebagian orang, apakah buah asli Indonesia ini aman untuk ibu hamil?

Sekilas tentang Salak

Buah dengan nama ilmiah salacca zalacca ini tidak jelas daerah aslinya. Merujuk Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa orang mengatakan tanaman salak berasal dari Pulau Jawa. Pada masa penjajahan, biji-biji salak dibawa oleh para saudagar hingga menyebar ke seluruh Indonesia.

Tanaman yang termasuk famili palmae (palem-paleman) ini memiliki daun yang panjang dengan urat utama kuat seperti kelapa yang disebut lidi. Seluruh bagian daunnya berduri, batangnya pendek, dan dapat tumbuh hingga 3 meter atau lebih, yang pada akhirnya roboh karena tidak sanggup membawa beban mahkota daun terlalu berat.

Terdapat beberapa varietas yang tumbuh subur di dataran Indonesia. Adapun varietas unggul yang telah dilepas pemerintah untuk dikembangbiakan, di antaranya salak pondoh, nglumut, swaru, enrekang, gula batu, dan sebagainya.

Terdapat tiga jenis salak dengan perbedaan mencolok di Indonesia, yakni salak Bali, salak Jawa, dan salak Padang Sidempuan.

Nutrisi Buah Salak

Buah salak mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Dalam 100 gram buah salak mengandung:

  • Zat besi: 3.9 milligrams
  • Vitamin B2: 0.2 milligrams
  • Vitamin C: 8.4 milligrams
  • Karbohidrat: 12.1 grams
  • Kalsium: 38 milligrams
  • Fosfor: 18 milligrams
  • Protein: 0.8 grams
  • Lemak: 0.4 grams
  • Total serat makanan: 0.3 grams

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil

Beberapa orang percaya, mengonsumsi salak selama masa kehamilan dapat memicu keguguran atau bayi lahir dengan kulit berisisik. Namun, hal tersebut hanya mitos belaka yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

Ibu hamil disarankan untuk memilih makanan yang baik dan dapat memberikan manfaat  bagi bayi di masa depan. Mengutip Paranting Healthy Babies, buah salak dapat mencegah masalah morning sickness dan mual pada ibu hamil muda. Nutrisi salak disebut sangat bermanfaat bagi tubuh selama kehamilan.

Pektin yang ada pada buah salak efektif untuk membangun sistem kecerdasan bayi dalam kandungan sekaligus meningkatkan memori otak. Hanya saja, konsumsi salak dalam jumlah berlebih saat perut kosong dapat memicu peningkatan produksi asam lambung.

Manfaat buah salak lainnya selama kehamilan, di antaranya melancarkan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan stamina, dan meningkatkan fungsi pengelihatan serta daya ingat.

Adapun cara aman mengonsumsi buah salak di masa kehamilan ialah dengan mencuci buah setelah dikupas. Selain itu, pilihlah buah salak yang segar dan sebaiknya hindari buah yang disimpan terlalu lama. Makanlah buah salak bersamaan dengan lapisan tipis (kulit ari) yang menyelimuti permukaannya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...