6 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Image title
27 Oktober 2021, 17:57
Ilustrasi manfaat buah blackberry untuk kesehatan
Unsplash
Ilustrasi manfaat buah blackberry untuk kesehatan

Memiliki ciri berwarna hitam dan berbentuk seperti kumpulan biji yang bulat, buah blackberry dapat dimakan dan diproduksi sebagai olahan panganan. Buah ini masuk dalam genus Rubus dari suku Rosaceae.

Sejatinya, buah ini bukanlah merupakan berry, secara botani itu disebut buah agregat, terdiri dari drupelet kecil. Tanaman ini biasanya berumur dua tahunan dan akar tongkat abadi. Blackberry dan raspberry juga disebut caneberries atau semak berduri.

Bila melihat rincian di atas maka blackberry adalah kelompok besar, dan dikenal lebih dari 375 spesies, banyak yang berhubungan erat dengan mikrospesies apomiktis asli di seluruh belahan bumi utara iklim sedang dan Amerika Selatan.

Secara rasa buah blackberry memiliki ciri lezat manis dan sedikit asam dan di dalamnya kaya akan nutrisi. Manfaat buah blackberry tak lain karena merupakan sumber serat, vitamin C, dan mangan yang sangat baik.

Kandungan Gizi Buah Blackberry

Buah yang berwana hitam ini lebih baik dan lebih segar apabila dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi makanan dan minuman. Adapun nutrisi yang terkandung dalam satu cangkir atau 144 gram buah blackberry, yaitu:

  • Kalori: 62 kal
  • Lemak: 0,7 gram (gr)
  • Protein: 2 gr
  • Sodium: 1 miligram (mg) 
  • Karbohidrat: 13,8 gr
  • Serat: 7,6 gr
  • Gula: 7 gr

Ada aneka ragam karbohidrat dalam blackberry berasal dari kandungan karbohidrat sederhana, yaitu fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Akan tetapi, terdapat pula karbohidrat kompleks yang dicerna secara perlahan sehingga kurang berpengaruh terhadap gula darah. Buah ini juga mengandung serat larut dan tidak larut yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Di sisi lain, vitamin C dan mangan dalam blackberry menjadi antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas. Selain itu, buah blackberry juga mengandung vitamin K, kalium, magnesium, vitamin A, dan zat besi dalam jumlah sedang.

Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, buah blackberry juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal itu bisa dilihat dari berbagai macam kandungan gizi yang ada. Dilansir dari sehatQ.com, berikut beragam manfaat buah blackberry untuk kesehatan:

1. Menjadi Sumber Vitamin C Alami

Di era pandemi saat ini masyarakat banyak yang berbondong-bondong membeli minuman kemasan yang kaya akan vitamin C. Padahal, sebenarnya minuman itu lebih banyak mengandung gula dibandingkan vitaminnya. Blackberry bisa menjadi opsi pilihan untuk menikmati buah sembari mendapat asupan vitamin.

Blackberry kaya akan vitamin C, bahkan bisa memenuhi setengah kebutuhan harian yang direkomendasikan. Vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan luka, meregenerasi kulit, melawan radikal bebas, menyerap zat besi, meredakan flu, hingga mencegah berekembangnya penyakit kudis.

Beberapa penelitian juga menunjukkan jika vitamin C dapat membantu mengurangi pembentukan zat penyebab kanker dalam tubuh. Tak hanya itu, vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif penyebab kanker.

2. Kaya Akan Serat

Mengonsumsi buah blackberry dapat memenuhi 32% kebutuhan harian vitamin K. Vitamin tersebut digunakan tubuh untuk menghasilkan protein bagi tulang yang sehat. Vitamin K juga dapat membantu menguatkan tulang sehingga mencegah osteoporosis dan osteopenia.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...