6 Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan hingga Kecantikan

Berikut manfaat buah blueberry bagi kesehatan hingga kecantikan dan bisa digunakan dalam konsumsi makan keseharian.
Image title
27 Oktober 2021, 18:20
Ilustrasi manfaat buah blueberry bagi kesehatan
unsplash.com
Ilustrasi manfaat buah blueberry bagi kesehatan

Memiliki ukuran yang mungil dan mudah untuk dipetik, blueberry kerap menjadi idaman bagi sebagian besar masyarakat. Rasanya yang memiliki paduan antara asam dan manis membuat orang menjadi ketagihan untuk selalu mencoba.

Selain manfaatnya yang luar biasa, blueberry juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat yang bisa didapat adalah untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga daya ingat.

Mengenal Habitat Asal Buah Blueberry

Blueberry berarti beri biru, yang merupakan salah satu jenis tanaman berbunga. Tanaman ini masuk dalam kategori genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Secara habitat blueberry tumbuh dalam bentuk semak-semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga empat meter; spesies terkecil dikenal sebagai "blueberry semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "blueberry semak tinggi".

Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai satu sampai delapan sentimeter panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.

Meski merupakan tumbuhan asli yang berhabitat di Amerika Utara, blueberry juga tumbuh di belahan selatan di Australia, Selandia Baru, dan negara-negara Amerika Selatan. Buah ini dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Blueberry

Buah yang berwarna biru ini memiliki banyak manfaat karena ada kandungan nutrisi penting yang bisa didapat, berikut daftar kandungan blueberry:

1. Antioksidan

Kandungan gizi dari blueberry yang pertama adalah antioksidan. Hal itu dikarenakan vitamin C yang terkandung di dalamnya yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain vitamin C, antioksidan lain yang terkandung di dalam buah blueberry adalah antosianin dan flavonoid.

Antioksidan pada blueberry bermanfaat untuk menjaga kelancaran aliran darah, mencegah terjadinya aterosklerosis, serta mengurangi risiko kanker.

2. Vitamin

Kandungan gizi selanjutnya adalah vitamin. Blueberry ini dikenal sebagai buah yang kayamin. Salah satunya yang termasuk adalah vitamin C dan vitamin K. Vitamin C bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit dan menjaga daya tahan tubuh. Sementara itu, vitamin K diketahui bermanfaat untuk mencegah perdarahan dan menjaga kesehatan tulang.

Buah blueberry juga mengandung vitamin B6 dan vitamin E, meski dalam jumlah yang sedikit. Vitamin E mampu menjaga kesehatan kulit dan mata, sedangkan vitamin B6 berperan penting dalam memelihara fungsi dan kesehatan saraf serta mendukung pembentukan darah.

 3. Karbohidrat Kompleks

Dalam setiap biji blueberry terdiri atas 14 persen karbohidrat dan 84 persen air. Selain itu ada kandungan lemak dan protein dalam jumlah kecil. Sebagian besar karbohidrat pada buah blueberry merupakan jenis karbohidrat yang sehat (karbohidrat kompleks).

Tak hanya itu, blueberry juga memiliki indeks glikemik yang cukup rendah sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara drastis. Oleh karena itu, blueberry baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

4. Serat
Tidak hanya pada sayuran dan buah, serat juga terkandung dalam buah blueberry. Kandungan serat ini baik untuk mengontrol kadar gula darah, kolesterol, dan berat badan, serta mencegah dan mengobati sembelit.

5. Mineral

Kandungan gizi yang terakhir adalah mineral yang tentunya baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan gizi tersebut seperti seperti mangan, tembaga, zat besi, kalium, dan zinc. Oleh karena itu, konsumsi blueberry baik untuk menguatkan tulang dan daya tahan tubuh.

Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan

Beragam nutrisi penting yang terkandung di dalam buah blueberry menjadikan buah ini baik untuk mencegah berbagai penyakit dan memelihara kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat blueberry bagi kesehatan:

1. Merawat Kesehatan Jantung
Blueberry bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol di dalam darah sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan blueberry banyak mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mencegah penumpukan lemak dan kerusakan di pembuluh darah jantung.

2. Memperkuat Kesehatan Mental dan Otak
Mengonsumsi blueberry secara rutin juga bermanfaat bagi kesehatan otak serta menjaga daya ingat dan konsentrasi. Beberapa studi menyebutkan konsumsi buah blueberry secara rutin, disertai pola hidup sehat dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan otak, seperti penyakit Parkinson, stroke, dan demensia.

 3. Membuat Awet Muda
Salah satu manfaat blueberry adalah untuk mencegah penuaan dini. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan pada blueberry yang dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit.

Efek ini menjadikan blueberry baik untuk mencegah keriput, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari.

4. Mengurangi Risiko Kanker
Kandungan-kandungan nutrisi di dalam blueberry, terutama vitamin C dan antioksidan lainnya dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Zat tersebut juga membantu memperlambat perkembangan beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker mulut, kanker usus besar, dan kanker prostat.

5. Mengontrol Gula Darah
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi buah berry, termasuk blueberry bisa membantu tubuh untuk mengontrol gula darah. Buah beri diperkaya dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Oleh karena itu, buah beri merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki masalah dalam mengatur gula darah.

6. Mengurangi Peradangan
Blueberry diketahui kaya akan komponen nabati, seperti flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan antiradang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah blueberry tinggi kadar vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memberikan manfaat antipenuaan.

Apabila Anda ingin mengonsumsi buah blueberry, pilihlah blueberry yang bersih, matang, berkulit halus, dan berwarna biru cerah. Hindari mengonsumsi buah blueberry yang sudah lunak, layu, dan berjamur.

Selain dikonsumsi secara langsung, blueberry dapat dicampurkan ke dalam pancake, aneka kue, yoghurt, dan oatmeal. Anda juga bisa mengolahnya menjadi minuman seperti jus dan smoothies.

Namun, hal yang perlu Anda ingat, pastikan untuk selalu mencuci bersih blueberry sebelum Anda mengonsumsinya. Hal ini penting dilakukan agar Anda terhindar dari keracunan makanan atau infeksi bakteri akibat konsumsi blueberry yang masih kotor.

Bahaya Efek Samping Buah Blueberry

Selain bermanfaat mengonsumsi buah blueberry juga bisa menimbulkan efek samping yang harus dihindari. Melansir Klikdokter.com, berikut beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari buah blueberry:

1. Membuat Sistem Pencernaan Terganggu

Seperti yang dijabarkan di atas, blueberry merupakan buah yang mengandung serat cukup banyak. Serat bermanfaat baik untuk mengatur pergerakan usus, memelihara kesehatan sistem pencernaan, menyerap kolestrol jahat, dan menjaga sistem kardiovaskular tetap sehat.

Namun, mengonsumsi serat terlalu banyak tidak disarankan, karena dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Seperti dikutip dari klikdokter.com, dr. Devia Irine Putri menyebutkan bahwa konsumsi serat terlalu banyak dapat menyebabkan permasalahan di saluran cerna seperti kembung, konstipasi hingga diare.

2. Menimbulkan Alergi

Efek samping buah blueberry selanjutnya adalah munculnya alergi terhadap buah batu. Buah batu sendiri merupakan jenis buah yang memiliki daging lembut namun terdapat biji keras seperti batu di dalamnya.

Beberapa contoh buah batu, seperti buah persik, plum, aprikot, ceri, dan nektarin. Apabila memiliki alergi terhadap buah-buahan tersebut, sebaiknya hindari makan blueberry terlalu banyak.

3. Memperberat Produksi Asam Lambung

Dalam buah blueberry terdapat kandungan mineral yang cukup untuk kebutuhan cairan bagi ibu hamil. Meski begitu, terdapat risiko kesehatan yang dapat timbul ketika buah beri ini dikonsumsi secara berlebihan.

Rasa asam yang timbul dari blueberry dapat meningkatkan asam lambung bagi ibu hamil. Bahkan menyebabkan rasa nyeri di ulu hati.

4. Kelebihan Produksi Vitamin K Dalam Tubuh

Blueberry kaya akan vitamin K yang mengatur pembekuan darah dan mempertahankan kepadatan tulang. Akan tetapi, tetap saja tidak disarankan mengonsumsi buah ini terlalu banyak.

Efek samping buah blueberry yang perlu diwaspadai dalam kaitannya dengan vitamin K agar tidak menimbulkan anemia serta penyakit kuning. Takaran yang dianjrukan sebesar 100 gram dalam sehari.

Demikianlah daftar manfaat buah blueberry bagi kesehatan beserta bahayanya yang patut dihindari. Demi mendapat manfaat yang terbaik, Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter dan ahli gizi terdekat. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait