8 Manfaat Buah Ceri, Atasi Masalah Kesehatan dan Cocok untuk Diet

Beragam manfaat buah ceri bisa didapatkan bila rajin dikonsumsi, dari menjaga kebugaran dan kesehatan badan hingga membantu pola diet sehat dalam keseharian.
Image title
28 Oktober 2021, 09:52
Ilustrasi manfaat buah ceri
Unsplash
Ilustrasi manfaat buah ceri

Memiliki struktur dan ukuran yang kecil, buah ceri kaya akan manfaat bagi manusia. Buah ini termasuk keluarga Rosaceae yang mencakup buah persik, plum, dan nektarin. Buah mungil berwarna merah menggoda ini sudah dinikmati sebagai salah satu sajian sehat sejak zaman bangsa Romawi kuno.

Golongan buah ceri terbagi atas dua, yakni ceri manis dan ceri asam. Ceri asam mengandung kalori yang lebih rendah daripada ceri manis, namun mengandung vitamin C dan beta karoten yang lebih tinggi.

Aneka Ragam Kandungan Nutrisi Buah Ceri

Kandungan nutrisi dalam buah ceri sangat bermanfaat bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung antara lain: vitamin C, kalium, serat, vitamin B, vitamin K, dan magnesium. Selain itu, buah ceri juga kaya akan senyawa aktif yang bersifat antioksidan dan antiradang.  

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Berikut manfaat buah ceri untuk kesehatan yang dilansir dari Alodokter.com:

1. Memproteksi Tubuh dari Radikal Bebas
Warna merah pada buah ceri berasal dari kandungan antosianin. Senyawa ini bersifat antioksidan kuat, sehingga dapat membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu kanker dan penyakit serius lainnya, seperti penyakit kardiovaskular aterosklerosis, dan penyakit Alzheimer. Dua antioksidan kuat lain yang dimiliki buah ini adalah hydroxycinnamic acid dan perillyl alcohol.

2. Meningkatkan Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh
Senyawa flavonoid pada buah ceri memilki dampak signifikan terhadap peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini dapat berperan sebagai antioksidan dan antivirus yang kuat untuk melawan infeksi.

Senyawa ini juga dapat menurunkan risiko kanker sebanyak 40%, dengan membantu menghentikan kerusakan sel yang disebabkan karsinogen, yaitu zat pemicu kanker.

3. Mengurangi Risiko Hipertensi dan Stroke
Buah ceri merupakan sumber vitamin C dan kalium yang baik. Kalium bermanfaat untuk mengurangi risiko hipertensi dan stroke. Mineral ini juga membantu menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh, memulihkan otot setelah olahraga, menjaga fungsi hantaran listrik saraf, sistem pencernaan, dan denyut jantung, serta menyeimbangkan pH atau asam basa tubuh.

4. Menekan Tingkat Risiko Diabetes
Dengan kandungan serat di dalamnya, mengonsumsi buah ceri juga dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, serta mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker kolorektal. Hal ini karena serat sangat bermanfaat untuk menjaga bakteri baik dalam usus, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan mengontrol gula darah.

5. Melindungi Tubuh dari Peradangan
Berbagai macam kandungan senyawa aktif pada buah ceri dapat membantu melindungi tubuh Anda dari enzim-enzim penyebab peradangan. Buah ini juga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat peradangan, misalnya pada penyakit osteoartritis.

6. Mengobati  Insomnia
Zat antiradang pada buah ceri bisa membantu mengatasi insomnia. Bahkan, sebuah penelitian pada orang dewasa menyatakan bahwa jus buah ceri asam memiliki efek yang sama dengan obat tidur untuk mengatasi insomnia.

7. Baik untuk Kesehatan Otak
Konsumsi Buah Ceri baik untuk otak kita karena mengandung Vitamin A, Vitamin B dan mineral seperti kalsium dan fosfor. Nutrisi-nutrisi tersebut membantu untuk mencegah cacat saraf atau neural tube defect pada bayi dan juga dapat meningkatkan memori kita.

 8. Menjadi Suplemen Penurun Berat Badan
Kandungan utama Buah Ceri adalah air dengan jumlah kalori yang sangat rendah. Kandungan serat dalam buah ini membantu membuat kita merasa kenyang lebih lama sementara vitamin B seperti Tiamin, Ribloflavin dan Vitamin B6 (Pyridoxine) memfasilitasi metabolisme serta mengubah nutrisi menjadi energi. Oleh karena itu, Buah Ceri yang sehat ini dapat ditambahkan ke dalam diet kita untuk membantu orang yang ingin menurunkan berat badan.

Memaksimalkan Manfaat Buah Ceri

Manfaat buah ceri akan lebih maksimal jika buah ceri yang Anda konsumsi berkualitas. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara memilih, mengolah, dan menyimpan buah ceri yang benar.

Tips Memilih Buah Ceri

Belilah buah ceri yang masih segar, masih ada batangnya, dan dalam keadaan dingin. Pastikan batangnya masih dalam kondisi baik dan berwarna hijau segar. Buah ceri yang baik biasanya berukuran besar, kulitnya berkilau, keras dan berwarna lebih gelap. Jangan memilih buah ceri yang kecil dan lembek atau buah ceri yang sudah cacat permukaannya.

Cara Menyimpan Buah Ceri

Simpanlah buah ceri di dalam lemari pendingin atau kulkas. Sebelumnya, cuci buah ceri terlebih dahulu, kemudian bungkus dengan plastik. Buah ceri yang disimpan di kulkas biasanya bisa bertahan hingga 1 minggu.

Periksa buah ceri secara berkala selama penyimpanan dan buang buah ceri yang sudah terlihat tidak segar. Cuci kembali buah ceri sebelum dikonsumsi.

Kiat Mengolah Buah Ceri

Buah ceri bisa Anda konsumsi secara langsung dalam kondisi segar atau diolah dahulu menjadi jus. Buah ini juga bisa dikeringkan dan dijadikan penambah rasa dalam makanan penutup atau kue.

Kandungan antioksidan pada jus ceri dan buah ceri kering tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan buah ceri segar. Namun pada buah ceri beku atau ceri kalengan, kandungan antioksidannya sedikit mengalami penurunan. Kendati demikian, apa pun olahan buah ceri, secara umum kandungan antioksidannya tetap banyak.

Demikianlah manfaat buah ceri dan cara pengolahannya yang bisa dilakukan secara mudah dan murah di rumah. Meski memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun Anda tetap harus mengonsultasikan pemanfaatan buah ini kepada dokter dan ahli gizi terdekat. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait