5 Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Perut hingga Rambut

Image title
1 November 2021, 11:57
Ilustrasi Manfaat Kemiri untuk Kesehatan
medkomtek.com
Ilustrasi Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Kemiri menjadi salah satu pilihan bumbu agar masakan memiliki kekayaan rasa dan penuh kelezatan. Namun, tak hanya sebagai bumbu masak, kemiri juga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam proses pemanfaatannya biji kemiri yang digunakan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah.

Secara biologis, tanaman ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Kemiri juga memiliki nama lain yang kerap digunakan dalam komunikasi antar pedagang dan antar negara, seperti candleberry, Indian walnut, serta candlenut.

Advertisement

Adapun pohonnya biasa disebut dengan varnish tree atau kukui nut tree. Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan atau bumbu dapur saja, namun juga digunakan sebagai bahan campuran cat.

Melansir buku Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia karya Murdjiati dan Gardjito disebutkan bahwa asal usul tanaman kemiri masih diperdebatkan. Tumbuhan ini menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara, hingga Polinesia dan Selandia Baru.

Dalam tradisi nusantara, kemiri juga memiliki beragam nama seperti kembiri, gambiri, hambiri, kemili, kemiling uah kareh ; kaminting. Juga muncang; dèrèkan, pidekan, miri; kamèrè, komèrè, mèrè; kumbè; dan pelleng dari Bugis.

Struktur Pohon Kemiri

Pohon kemiri memiliki ukuran yang besar dengan tinggi yang mencapai 40 meter. Adapun gemangnya bisa mencapai 1,5 meter. Bila diamati dari jauh pohon ini nampak seperti keputihan atau ada unsur perak yang bercampur.

Secara struktur daun kemiri memiliki jumlah tunggal dan warnanya hijau tua. Tangkainya memiliki panjang hingga 30 cm. Pangkal daun kemiri berbentuk jantung dan diameternya hingga 30 cm. Selain daun kemiri juga memiliki bunga yang mana jenis jantan lebih kecil dari betina, namun akan mekar terlebih dahulu.

Pohon kemiri memiliki ukuran kayu yang cukup besar, namun ukuran tersebut tidak berbanding lurus dengan bobotnya. Kayu kemiri cukup ringan dan lebih sering digunakan sebagai perabotan rumah tangga.

Kandungan Gizi Kemiri

Mengutip Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap biji kemiri terkandungan banyak zat bermanfaat seperti protein, lemak, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalium, dan fosfor.

Beberapa jenis metabolisme sekunder dalam buah kemiri telah berhasil diisolasi dan dikarakterisasi dari berbagai bagian lain tanaman kemiri. Pada bagian daun dan ranting pohon kemiri ditemukan; 3, 4-seco-podocarpane-type trinorditerpenoids, moluccanic acid, moluccanic acid Methylester, dan 6,7- dehydromoluccanic acid.

Senyawa baru golongan phorbol diester (13-O-myristyl-20-O-acetyl-12-deoxyphorbol) ditemukan pada bagian teras kayu pohon kemiri. Sebagai tambahan, senyawa hentriacontane, 6, 7- dimethoxycoumarin, 5, 6, 7-trimethoxycoumarin dan β-sitosteroltercatat pertama kali ditemukan pada spesies ini.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Dari ulasan mengenai kandungan gizi pada setiap buah kemiri, ternyata berdampak pada kesehatan dan perkembangan badan. Berikut manfaat kemiri untuk kesehatan dikutip dari Hellosehat.com:

1. Merawat Kesehatan Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu momok paling ditakuti bagi masayrakat masa kini. Mengingat banyak konsumsi tak sehat, dan pola hidup yang tidak teratur. Ternyata kemiri bisa mengatasinya. Kemiri bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement