5 Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Perut hingga Rambut

Berikut lima manfaat kemiri untuk kesehatan yang bisa digunakan di rumah dan mudah ditemukan di pasar
Image title
1 November 2021, 11:57
Ilustrasi Manfaat Kemiri untuk Kesehatan
medkomtek.com
Ilustrasi Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Kemiri menjadi salah satu pilihan bumbu agar masakan memiliki kekayaan rasa dan penuh kelezatan. Namun, tak hanya sebagai bumbu masak, kemiri juga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam proses pemanfaatannya biji kemiri yang digunakan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah.

Secara biologis, tanaman ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Kemiri juga memiliki nama lain yang kerap digunakan dalam komunikasi antar pedagang dan antar negara, seperti candleberry, Indian walnut, serta candlenut.

Adapun pohonnya biasa disebut dengan varnish tree atau kukui nut tree. Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan atau bumbu dapur saja, namun juga digunakan sebagai bahan campuran cat.

Melansir buku Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia karya Murdjiati dan Gardjito disebutkan bahwa asal usul tanaman kemiri masih diperdebatkan. Tumbuhan ini menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara, hingga Polinesia dan Selandia Baru.

Dalam tradisi nusantara, kemiri juga memiliki beragam nama seperti kembiri, gambiri, hambiri, kemili, kemiling uah kareh ; kaminting. Juga muncang; dèrèkan, pidekan, miri; kamèrè, komèrè, mèrè; kumbè; dan pelleng dari Bugis.

Struktur Pohon Kemiri

Pohon kemiri memiliki ukuran yang besar dengan tinggi yang mencapai 40 meter. Adapun gemangnya bisa mencapai 1,5 meter. Bila diamati dari jauh pohon ini nampak seperti keputihan atau ada unsur perak yang bercampur.

Secara struktur daun kemiri memiliki jumlah tunggal dan warnanya hijau tua. Tangkainya memiliki panjang hingga 30 cm. Pangkal daun kemiri berbentuk jantung dan diameternya hingga 30 cm. Selain daun kemiri juga memiliki bunga yang mana jenis jantan lebih kecil dari betina, namun akan mekar terlebih dahulu.

Pohon kemiri memiliki ukuran kayu yang cukup besar, namun ukuran tersebut tidak berbanding lurus dengan bobotnya. Kayu kemiri cukup ringan dan lebih sering digunakan sebagai perabotan rumah tangga.

Kandungan Gizi Kemiri

Mengutip Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap biji kemiri terkandungan banyak zat bermanfaat seperti protein, lemak, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalium, dan fosfor.

Beberapa jenis metabolisme sekunder dalam buah kemiri telah berhasil diisolasi dan dikarakterisasi dari berbagai bagian lain tanaman kemiri. Pada bagian daun dan ranting pohon kemiri ditemukan; 3, 4-seco-podocarpane-type trinorditerpenoids, moluccanic acid, moluccanic acid Methylester, dan 6,7- dehydromoluccanic acid.

Senyawa baru golongan phorbol diester (13-O-myristyl-20-O-acetyl-12-deoxyphorbol) ditemukan pada bagian teras kayu pohon kemiri. Sebagai tambahan, senyawa hentriacontane, 6, 7- dimethoxycoumarin, 5, 6, 7-trimethoxycoumarin dan β-sitosteroltercatat pertama kali ditemukan pada spesies ini.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Dari ulasan mengenai kandungan gizi pada setiap buah kemiri, ternyata berdampak pada kesehatan dan perkembangan badan. Berikut manfaat kemiri untuk kesehatan dikutip dari Hellosehat.com:

1. Merawat Kesehatan Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu momok paling ditakuti bagi masayrakat masa kini. Mengingat banyak konsumsi tak sehat, dan pola hidup yang tidak teratur. Ternyata kemiri bisa mengatasinya. Kemiri bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Kandungan lain dalam kemiri, yakni mineral kalium, juga terkenal dengan kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium bekerja dengan memberi efek relaksasi pada dinding pembuluh darah sehingga nantinya membuat darah mengalir lebih lancar ke seluruh sel-sel tubuh Anda. Dengan begitu, kerja jantung pun menjadi lebih ringan.

2. Membantu Meredakan Sembelit

Manfaat kemiri untuk kesehatan lainnya adalah ikut membantu proses pencernaan makanan dalam perut. Ini bisa terjadi mengingat kemiri mengandung serat. Ditambah lagi, minyak yang terdapat pada kemiri dapat bertindak sebagai pencahar ringan.

Mengonsumsi kemiri secara rutin dapat membantu membuat buang air besar (BAB) menjadi lebih lancar dan teratur. Serat makanan akan meningkatkan berat dan ukuran tinja sehingga kotoran lebih mudah dikeluarkan.

Kemiri juga memiliki sifat antimikroba yang berguna mencegah diare akibat keracunan makanan dan air yang telah terkontaminasi bakteri.

3. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang indah nan terawat tentu menjadi impian semua orang. Mengonsumsi kemiri dapat menjadi pilihan untuk membantunya. Manfaat kemiri untuk kesehatan kali ini hadir berkat kandungan asam linoleatnya. Pada dasarnya, zat ini yakni komponen alami penghalang lipid kulit yang melindungi dari paparan lingkungan luar sehingga menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Zat itu menjadi penting karena bisa menjadi penghalang kulit dari kerusakan yang membuatnya rentan paparan zat yang berbahaya seperti alergen dan bakteri. Hal ini bisa menimbulkan kulit kering, gatal, dan kemerahan. Tak jarang kekurangannya berujung pada kondisi kulit seperti jerawat atau eksim.

4. Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Seperti tanaman herbal atau komposisi rempah-rempah dapur lainnya, kemiri juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi Anda dari risiko terhadap berbagai penyakit kronis akibat radikal bebas.

Radikal bebas terdapat lingkungan luar seperti polusi udara dan asap rokok. Bila jumlah radikal bebas dalam tubuh terlalu banyak, bisa menimbulkan stres oksidatif dan mulai menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Agar sifatnya lebih netral, tubuh membutuhkan antioksidan yang salah satunya berasal dari kemiri. Antioksidan juga dapat melindungi Anda dari penyakit infeksi seperti flu.

5. Merawat Kesuburan Rambut

Manfaat kemiri untuk kesehatan rambut sudah cukup banyak diketahui masyarakat. Sebab terdapat kandungan asam linoleat yang membantu menjaga kesehatan membran sel kulit kepala, meningkatkan nutrisi, serta membantu pembentukan dan metabolisme sel-sel rambut.

Asam linoleat mampu membuat kulit kepala menjadi lebih mudah menyerap bahan-bahan lain yang terkandung dalam produk perawatan rambut, sehingga hasil yang diberikan lebih optimal.

Walaupun memberi manfaat, ada catatan terkait konsumsi buah kemiri. Ada sisi lain kemiri yang mana tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah. Kemiri bisa saja menjadi racun dan menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, dan sesak napas. Oleh karena itu, pastikan kemiri yang Anda konsumsi sudah diolah matang.

Demikianlah lima manfaat kemiri untuk kesehatan yang bisa digunakan di rumah. Proses meraih manfaatnya bisa dilakukan dengan mudah secara mandiri, atau membeli sejumlah paket obat herbal yang tersedia di pasar.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait