7 Manfaat Asam Jawa, Bumbu Dapur Kaya Manfaat

Sering dipakai sebagai pelengkap masakan, asam jawa punya rasa unik. Perpaduan manis dan asam. Selain itu, manfaat asam jawa untuk kesehatan cukup beragam. Berikut penjelasannya.
Image title
1 November 2021, 13:12
Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan
pixabay.com/PublicDomainPictures
Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan asam jawa atau tamarind. Buah ini kerap dipakai sebagai pelengkap masakan. Memiliki rasa masam yang unik, asam jawa menjadi bagian penting dalam khazanah kuliner nusantara.

Saat muda, daging buah asam jawa berwarna hijau cerah. Rasanya tentu sangat masam. Namun ketika sudah masak, daging buahnya bakal berubah menjadi coklat kemerahan dengan campuran rasa manis dan masam.

Asam jawa dipercaya memiliki segudang khasiat yang baik untuk kesehatan. Tidak heran, sejak dulu asam jawa sudah digunakan dalam ramuan jamu atau pengobatan tradisional.

Penasaran dengan manfaat asam jawa untuk kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Kandungan Asam Jawa

Dalam sejumlah catatan, tanaman asam jawa diperkirakan berasal dari wilayah hutan hujan di benua Afrika. Kemudian mulai dikembangkan oleh orang-orang India sebagai bumbu masakan ataupun bahan obat-obatan alami. 

Nama asam jawa diduga berasal dari orang Melayu. Mereka menyebut nama tumbuhan itu demikian, karena sering menjumpai makanan-makanan di Jawa yang menggunakan asam jawa sebagai bumbu masaknya.

Pohon asam jawa, seperti dikutip dari kehati.jogjaprov.go.id, habitat alaminya berada di daerah beriklim tropis pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pohonnya dapat tumbuh di tanah berpasir dan tanah liat.

Pada masakan Jawa, asam jawa memiliki peranan penting untuk menciptakan perpaduan rasa. Misalnya dalam sajian masakan kuah, sambal, dan berbagai bentuk varian lainnya.

Selain itu, buah asam jawa bisa diolah menjadi racikan minuman segar atau hangat yang menyehatkan. Umumnya asam jawa digunakan sebagai rempah-rempah pelengkap. Sebab, asam jawa mampu menambah cita rasa unik pada minuman.

Berbicara mengenai manfaat, dalam dunia medis tanaman bernama latin Tamarindus indica ini dikenal kaya akan kandungan gizinya. Bahkan sebagian nutrisinya sangat dibutuhkan tubuah.

Mengutip artikel yang dimuat di situs sehatq.com dan sumber-sumber lainnya, berikut daftar kandungan gizi asam jawa dengan ukuran sekitar 130 gram:

  • Lemak: 1 gram.
  • Karbohidrat: 69 gram.
  • Kalori: 227 kkal.
  • Protein: 3 gram.
  • Serat: 6 gram.
  • Kalsium: 9% dari rekomendasi konsumsi harian.
  • Kalium: 22% dari rekomendasi konsumsi harian.
  • Magnesium: 28% dari rekomendasi konsumsi harian.
  • Zat besi: 19% dari rekomendasi konsumsi harian.
  • Vitamin B1: 34% dari rekomendasi konsumsi harian.
  • Vitamin B2: 11% dari rekomendasi konsumsi harian.
  • Vitamin B3: 12% dari rekomendasi konsumsi harian.

Selain daftar di atas, asam jawa juga diyakini mengandung vitamin C, asam folat, vitamin K, dan vitamin B5. Oleh karena itu, melihat kandungan nutrisinya saja sudah bisa dipastikan bahwa asam jawa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, asam jawa kerap dipakai sebagai pelengkap masakan dan bahan racikan pada minuman. Tidak hanya menambah rasa, asam jawa punya manfaat yang baik untuk tubuh.

Segudang khasiat dalam asam jawa bisa didapat dengan mengkonsumsinya secara teratur, dan tidak berlebihan. Dilansir dari situs klikdokter.com, hellosehat.com, dan sumber lainnya, berikut manfaat asam jawa untuk kesehatan.

1. Meredakan Peradangan

Tidak hanya buahnya, daun asam jawa juga sering dipakai dalam pengobatan tradisional. Bahkan daunnya dipercaya dapat meredakan peradangan. 

Daun asam jawa dianggap mampu melawan proses inflamasi akut hingga kronis. Sederhananya, inflamasi adalah proses yang sangat kompleks dan terjadi di dalam tubuh. Proses inflamasi dikatakan bisa muncul pada beberapa jenis penyakit seperti kanker, jantung, diabetes, dan sebagainya.

2. Punya Efek Antimikroba

Dalam beberapa studi, asam jawa diyakini memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri. Pada pengobatan tradisional, asam jawa pun sering dipakai sebagai obat penyakit malaria.

Salah satu zat antibakteri yang diyakini terkandung dalam asam jawa adalah lupeol. Keberadaan zat ini yang diduga menjadi alasan mengapa asam jawa, dipakai sebagai obat untuk malaria.

3. Menyehatkan Jantung

Kandungan flavonoid dalam asam jawa dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol. Sehingga, bisa diasumsikan jika buah ini dapat menjaga kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, kandungan antioksidan dalam asam jawa dapat menurunkan bahaya oksidatif pada kolesterol jahat. Dampak baiknya, tubuh bakal terhindar dari risiko terkena penyakit jantung.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Meski rasanya masam, bukan berarti asam jawa tidak baik untuk sistem pencernaan. Faktanya justru sebaliknya.

Asam jawa mampu mampu mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar (BAB). Sebab asam jawa juga mengandung 6 serat tidak larut, yang berfungsi membuat feses lebih mudah melewati usus. Bahkan asam jawa diyakini dapat menurunkan berat badan.

5. Melindungi Hati

Untuk merawat organ hati, mengkonsumsi olahan dari asam jawa bisa jadi salah satu pilihannya. Sebab, asam jawa dipercaya dapat meredakan gangguan pada hati, seperti intoksikasi liver akibat alkohol.

Meski begitu, penelitian tentang asam jawa untuk menjaga kesehatan hati belum terbukti secara spesifik. Oleh karena itu, buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur saja.

6. Mengontrol Gula Darah Dalam Tubuh

Asam jawa dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah berlebih. Penyebabnya tidak lain karena kandungan gula pada asam jawa, jauh berbeda dengan gula lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, asam jawa pun diklaim dapat membantu mengurangi lemak di dalam organ hati. 

7. Menyehatkan Gigi

Sebuah penelitian mengungkapkan, berkumur dengan menggunakan air rendaman daun asam jawa, ternyata mampu mengatasi plak dan mencegah gigi berlubang. Penelitian tersebut dilakukan oleh sejumlah ahli kimia dari Fakultas Kedokteran, Universitas Jember.

Kandungan yang dapat mencegah lubang pada gigi ialah etanol dan klorin. Dua zat ini ada dalam daun asam jawa, serta mampu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Demikian ulasan tentang manfaat asam jawa untuk kesehatan. Buah ini masih tergolong mudah untuk ditemui, khususnya di pasar tradisional. Jika dikonsumsi secara teratur dalam berbagai olahan makanan maupun minuman, khasiat asam jawa pasti bisa dirasakan oleh tubuh.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait