6 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan, Obat Darah Tinggi hingga Kanker

Image title
2 November 2021, 09:47
Ilustrasi manfaat kapulaga untuk kesehatan
Pixabay
Ilustrasi manfaat kapulaga untuk kesehatan

Dunia tanaman rempah di Indonesia sangatlah beragam. Salah satu yang cukup sering digunakan baik sebagai bumbu masak atau obat herbal adalah kapulaga. Biji yang dihasilkan dari tanaman genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean).

Tanaman kapulaga asli dari Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan. Biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil.

Dalam varian dan jenisnya seperti yang dilansir dari Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia karya Murdjiati dan Gardjito disebutkan ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga seberang atau kapulaga india (Elettaria cardamomum); keduanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.

Persebaran kapulaga sudah ada semenjak sebelum pecahnya Perang Dunia I oleh para pengusaha dari Jerman. Kini kapulaga telah tersebar di beragam belahan dunia dan menjadi konsumsi yang cukup umum untuk menjadi penyedap rasa dan juga menjadi obat herbal bagi beberapa penyakit.

Kandungan Nutrisi Kapulaga

Dua varian kapulaga Jawa dan India memiliki perbedaan dalam bentuk dan ukuran. Pertama adalah kapulaga Jawa yang berbentuk bulat dan berwarna merah, sementara kapulaga India berbentuk lonjong dan berwarna hijau. Umumnya kapulaga tersedia dalam bentuk biji-bijian, bubuk, minyak esensial, dan kapsul suplemen herbal.

Setiap biji kapulaga terkandung vitamin, mineral dan serat yang memadai. Rempah ini juga rendah kalori dan lemak. Melansir SehatQ.com, setiap satu sendok makan kapulaga maka akan tersimpan beberapa nutrisi antara lain:

  • 18 kalori
  • 4 gram karbohidrat
  • 0,4 gram lemak
  • 0,6 gram protein
  • 1,6 gram serat
  • 22,2 gram kalsium
  • 64,9 mg kalium
  • 0,81 mg zat besi
  • 10,3 mg fosfor
  • 13,3 mg magnesium.

Manfaat kapulaga juga terasa untuk menetralisir racun dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena kapulaga juga mengandung senyawa alami dengan sifat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jadi, tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba rempah yang satu ini.

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Dari beragam nutrisi yang terkandung dalam setiap biji kapulaga, dapat menjadi unsur manfaat yang mampu menyehatkan tubuh. Mengutip Alodokter.com, berikut kumpulan manfaat kapulaga untuk kesehatan:

1. Mengatasi Darah Tinggi

Sebagai obat herbal, kapulaga dikenal ampuh untuk mengobati hipertensi. Penelitian menemukan bahwa kapulaga kaya akan senyawa antioksidan yang memiliki khasiat menurunkan tekanan darah. Selain itu, peneliti juga menduga rempah ini memiliki efek diuretik seperti obat penurun tekanan darah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...