4 Tips Membuat Donat yang Mudah dan Lezat Rasanya

Image title
1 November 2021, 17:56
Peserta menata kue donat yang telah jadi saat mengikuti pelatihan usaha mikro kecil menengah (UMKM) gratis di Omah Mocaf Hend's, Singkil, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (3/10/2020). Sebanyak 200 peserta dari berbagai wilayah telah mengikuti pelatihan terse
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.
Peserta menata kue donat yang telah jadi saat mengikuti pelatihan usaha mikro kecil menengah (UMKM) gratis di Omah Mocaf Hend's, Singkil, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (3/10/2020). Sebanyak 200 peserta dari berbagai wilayah telah mengikuti pelatihan tersebut secara gratis untuk membuat makanan dan minuman, sehingga dapat berinovasi, produktif dan meningkatkan ekonomi saat pandemi COVID-19.

Siapa yang tidak mengenal donat. Kue berbentuk bulat, terdapat lubang di tengahnya, dan memiliki beragam topping ini termasuk makanan populer di Indonesia. Dari anak-anak hingga orang dewasa menggemarinya.

Donat, seperti dikutip dari situs encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, merupakan roti berbentuk seperti cincin. Kue ini termasuk jenis roti, namun dibuat dengan cara digoreng. Umumnya tekstur donat adalah lembut, mirip roti kebanyakan. 

Donat juga memiliki beragam macam toping seperti coklat, keju, dan sebagainya. Selain digoreng ada juga donat yang dibuat dengan dipanggang.

Dari sejumlah catatan dan literatur sejarah menyebutkan, donat berasal dari Amerika Utara. Sekitar tahun 1870, seorang bernama John Blandel mendapatkan hak paten untuk cetakan donat pertama yang mempunyai lubang di tengahnya. 

Namun, ada juga catatan yang menyatakan donat berasal dari Belanda. Masyarakat di negara itu memiliki kegemaran menyantap sejenis roti berbentuk bulat dengan rasanya yang manis.

Terlepas dari sejarahnya yang punya beragam versi, bisa dikatakan donat merupakan salah satu makanan yang memiliki penggemar cukup banyak, termasuk di Indonesia.

Penasaran dengan roti ini?, simak ulasan tentang cara membuat donat dan lengkap dengan tips mengatasi masalahnya. Penjelasannya antara lain sebagai berikut.

Cara Membuat Donat

Membuat donat umumnya adalah dengan cara digoreng. Namun, ternyata ada juga yang dibuat menggunakan metode lain. Berikut cara membuat donat merujuk pada buku Seri Masak Femina Media, Primarasa: Resep Spesial, Donut Spesial dan sumber lainnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Buat Adonan Donat dengan Benar

Secara umum, adonan yang biasa dipakai untuk membuat donat ada dua jenis. Pertama adalah adonan roti dengan ragi. Kedua, adonan kental mirip adonan kue, yang biasa disebut adonan cake.

Pada adonan cake, biasanya terdapat kandungan lemak sekitar 20%. Sedangkan adonan roti jumlahnya kurang lebih 25% dari berat donat. Kedua adonan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya adonan cake lebih cepat matang dengan digoreng ketimbang adonan roti.

Adonan Roti

Untuk membuat adonan roti, caranya hampir sama dengan membuat adonan sejenis. Semua bahan kering termasuk ragi dicampur terlebih dahulu. Kemudian sedikit demi sedikit tambahkan telur, lemak, mentega, dan terakhir garam. Usahakan jangan masukan garam berbarengan dengan ragi. Hal ini bakal. membuat donat mengembang sempurna.

Adonan Cake

Membuat adonan cake lebih mudah ketimbang membuat adonan ragi. Sebab semua bahan tinggal dicampur saja menjadi satu.

2. Membentuk Adonan Donat

Untuk membentuk donat, bisa dilakukan sesuai dengan selera. Bisa menggunakan cara manual, yakni dibentuk memakai tangan. Namun perlu diketahui, cara ini biasanya akan membuat tampilan donat kurang enak dipandang.

Guna mengatasi hal tersebut, berikut ini ada tiga alat masak yang bisa memudahkan kita membentuk donat dengan sempurna. Ini daftarnya:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...