Sejarah Donat, dari Jalabria hingga Gandamesri Khas Cirebon

Image title
2 November 2021, 08:47
Pekerja membungkus kue donat di Dumai Kota, Dumai, Riau, Rabu (11/11/2020). Rumah produksi roti tersebut setiap hari memproduksi 2.000 bungkus roti dan kue yang dipasarkan di sekitar wilayah Dumai dan dijual seharga Rp 2 ribu hingga Rp 15 ribu per bungkus
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.
Pekerja membungkus kue donat di Dumai Kota, Dumai, Riau, Rabu (11/11/2020). Rumah produksi roti tersebut setiap hari memproduksi 2.000 bungkus roti dan kue yang dipasarkan di sekitar wilayah Dumai dan dijual seharga Rp 2 ribu hingga Rp 15 ribu per bungkus tergantung jenis dan rasanya.

Donat adalah salah satu jenis roti populer di Indonesia. Bentuknya unik seperti cincin dan sajian beragam topping di atasnya, akan menggugah selera setiap orang yang melihatnya.

Cara membuat donat umumnya ada dua cara. Pertama dengan menggoreng adonannya di minyak panas di atas wajan. Serta yang kedua dengan memangganggnya.

Selain rasanya yang nikmat, donat pun sudah menjelma sebagai budaya pop. Misalnya, dalam film-film Amerika, ada beberapa adegannya yang menampilkan polisi yang sedang memakan donat.

Donat juga punya sejarah panjang. Dari cerita tentang asal usul bentuknya menjadi mirip huruf "O". Hingga kisah donat yang mungkin saja jadi inspirasi dari terciptanya beberapa kue tradisional di Indonesia.

Dalam artikel kali ini Katadata.co.id, akan mengulas tentang donat di Indonesia dan beberapa makanan atau kue tradisional yang mirip donat. Penasaran?, simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah Donat 

Dari sejumlah catatan dan literatur sejarah menyebutkan, jika donat berasal dari Amerika Utara. Tepatnya sekitar tahun 1870, seorang bernama John Blandel mendapatkan hak paten untuk cetakan donat pertama yang mempunyai lubang di tengahnya. 

Meski demikian, ada juga catatan yang menyatakan bila donat berasal dari Belanda. Masyarakat di negara itu memiliki kegemaran menyantap sejenis roti berbentuk bulat dengan rasanya yang manis.

Merujuk Buku Ajar Mengolah Kulit Pisang Menjadi Tepung dan Kue Donat yang di tulis oleh Titin Aryani, Isnin Aulia Ufah Mu'awanah, dan Aji Bagus Widyantara, disebutkan bahwa sejumlah arkeolog di Amerika pernah menemukan sejumlah peninggalan yang erat kaitannya dengan jenis makanan, dengan bentuk mirip donat pada masa zaman pra sejarah.

Selain itu, dalam buku ini pun dijelaskan donat diduga kuat berasal dari daerah Belanda. Di negara yang identik dengan bunga tulip itu, terdapat sebuah makanan mirip donat disebut "Olykoeks", atau kue yang digoreng.

Olykoeks atau sering disebut juga Oliebol, memiliki cita rasa manis dan bentuknya bulat seperti bola. Dalam sejarahnya dikisahkan bagian kue ini sering tidak matang sempurna, usai digoreng.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat itu banyak koki atau juru masak yang mencoba menambahkan isian seperti buah-buahan pada bagian tengah Olykoeks. Hingga akhirnya makanan itu makin populer di Belanda.

Seiring berjalannya waktu, kue mirip donat asal Belanda itu kemudian diperkenalkan di New York, Amerika Serikat. Hal ini bisa terjadi karena dahulu, New York merupakan daerah koloni Belanda dengan sebutan New Amsterdam.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...