Macam-Macam Rumus Percepatan, yang Perlu Diketahui

Image title
1 November 2023, 15:20
Sejumlah kendaraan melaju di samping layar informasi tentang ajakan vaksinasi di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (23/8/2021). Pemerintah menurunkan PPKM dari level 4 jadi level 3 di sejumlah wilayah karena berkurangnya jumlah kumulatif kasus positif COVID
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Sejumlah kendaraan melaju di samping layar informasi tentang ajakan vaksinasi di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (23/8/2021). Pemerintah menurunkan PPKM dari level 4 jadi level 3 di sejumlah wilayah karena berkurangnya jumlah kumulatif kasus positif COVID-19, diantaranya Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.

Dalam ilmu fisika, rumus percepatan sering dipakai untuk menghitung gerak benda. Rumus percepatan bisa juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat kendaraan roda empat atau roda dua melaju di jalan. Terkadang kendaraan tersebut semakin cepat, atau bahkan semakin melambat.

Pada proses tersebut, sebenarnya kendaraan yang melaju di jalan itu sedang melakukan percepatan. Contoh lainnya ketika berlari. Saat melambat atau semakin cepat, secara tidak sadar kita sedang menerapkan percepatan.

Materi rumus percepatan biasanya akan dimasukan dalam pembahasan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Sebab rumus ini erat kaitannya dengan fenomena pada materi tersebut. Jika dipelajari dengan benar, rumus percepatan akan lebih mudah dipahami. Baik itu tentang cara kerjanya dan lainnya.

Penasaran dengan rumus percepatan? Simak ulasan tentang rumus percepatan dan jenis-jenisnya berikut ini.

Apa Itu Percepatan?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "percepatan" memiliki arti sebagai tingkat pertambahan kecepatan dan dicatat dalam bentuk gravitasi (G). Selain itu kata ini dapat berarti laju perubahan kecepatan vektor.

Merujuk pada buku Praktis Belajar Fisika, pengertian percepatan adalah perubahan kecepatan benda dalam selang waktu tertentu. Percepatan juga merupakan besaran vektor.

Berbicara mengenai vektor, istilah ini ternyata punya definisi tersendiri. Vektor merupakan besaran yang memilki ukuran dan arah. Contohnya seperti gaya kecepatan.

Pada materi pelajar fisika, percepatan juga biasa ditempatkan pada pembahasan pengukuran besaran fisika. Dengan materi spesifik yaitu besaran turunan. Besaran yang masuk dalam klasifikasi tersebut selain percepatan adalah gaya, energi, kecepatan, dan tekanan.

Dalam beberapa catatan menyebutkan, istilah percepatan lahir dari konsep Isaac Newton, saat melakukan studi tentang mekanika. Ketika itu ia menemukan hasil, kalau ada beberapa gaya yang bisa menyebabkan terjadinya percepatan. Jika tidak, maka gerak lurus dan beraturan (GLB) suatu benda akan bertahan. 

Percepatan yang didasari oleh pengaruh gaya-gaya tertentu itu, akan menyebabkan terciptanya momen menambahnya kecepatan suatu benda, atau semakin lambat laju benda tersebut.

Menentukan arah juga penting saat percepatan terjadi karena kerjanya berbarengan dengan vektor. Sederhananya, bila arah barat menjadi gerakan positif, artinya arah tersebut merupakan garis percepatan positif yang selalu menunjukan meningkatnya kecepatan. Hal serupa berlaku sebaliknya. Arah timur yang ditentukan sebagai arah gerakan negatif, akan menggambarkan hasil penurunan kecepatan.

Terdapat beberapa contoh yang bisa menggambarkan percepatan positif dan negatif. Misalnya, buah yang jatuh dari atas pohon termasuk dalam percepatan positif (dipercepat). Sedangkan percepatan negatif seperti saat pengemudi bus melakukan rem mendadak (diperlambat).

Terjadinya percepatan pada suatu benda dalam momen waktu tertentu bisa diartikan dengan istilah percepatan rata-rata. Percepatan ini dapat dihitung.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement