Rumus Jarak dalam Fisika, Mudah dan Sederhana

Image title
3 November 2021, 12:56
Rumus Jarak dalam Fisika, Mudah dan Sederhana
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Sejumlah kendaraan melintas di simpang susun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kayu Agung - Palembang (Kapal) di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Rabu (8/9/2021). Pembangunan JTTS Ruas Palembang-Betung saat ini telah mencapai 18 persen sedangkan ruas Kayu Agung-Palembang telah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Januari 2021 yang lalu. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.

Pernahkah Anda mengukur seberapa jauh jarak rumah ke sekolah? Atau, bisakah Anda menghitung jarak dari kota tempat tinggal Anda ke Ibu Kota Jakarta? Jika bingung, maka Anda harus mengetahui cara menghitungnya.

Ya, jarak itu bisa dihitung dan tentu ada rumusnya. Kata "jarak" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti ruang sela yang ada antara dua benda atau tempat. Misalnya jarak Kota Bandung ke Jakarta. Biasanya jarak dikaitkan dengan panjang dan jauh.

Jarak termasuk dalam materi ilmu fisika. Jarak juga bisa mewakili suatu nilai yang merujuk pada seberapa luas cakupan tanah dari suatu benda. Untuk menghitungnya, Anda perlu memahami bagaimana cara rumusnya bekerja.

Penasaran dengan cara menghitung jarak? Simak ulasan tentang rumus jarak berikut ini.

Apa Itu Jarak?

Sebelum membahas rumus jarak, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu jarak dan definisinya, khususnya dalam ilmu fisika. Merujuk buku Intisari Fisika SMP, fisika jarak diartikan sebagai sesuatu yang menyangkut masalah nilai atau seberapa jauh saja. Jarak tidak sama dengan perpindahan. Sebab istilah perpindahan sendiri punya makna berbeda ketimbang jarak.

Jarak memiliki nilai, makanya ilmu fisika jarak termasuk besaran skalar. Perpindahannya bisa diartikan sebagai sesuatu yang tidak hanya menyangkut soal nilai. Namun terkait dengan "ke mana" arah perpindahannya. Dibandingkan jarak, perpindahan diklasifikasikan dalam besaran vektor.

Dalam ilmu fisika di Indonesia, penjelasan soal jarak dan perpindahan akan dibahas pada bab gerak lurus. Materi ini punya kaitan erat dengan kecepatan dan percepatan.

Berbicara mengenai gerak, istilah ini pun memiliki definisi tersendiri. Dalam KBBI, gerak diartikan sebagai peralihan tempat atau kedudukan (ada sebab), baik sekali maupun berkali-kali. Sedangkan di ilmu fisika, gerak didefinisikan proses suatu benda bergerak jika kedudukan/tempatnya berubah terhadap acuan tertentu.

Gerak pun memiliki sifat. Yakni gerak relatif, gerak nisbi (semu), dan gerak ganda. Gerak relatif adalah gerakan dengan memperhatikan titik acuannya yang mana. Sebab titik acuan ini digunakan sebagai perbandingan.

Gerak semu adalah suatu gerakan pada benda yang bergerak, dilihat dari acuan yang bergerak. Sementara gerak ganda adalah gerakan benda yang melakukan gerakan bermacam-macam terhadap benda lainnya.

Gerak juga terdiri dari tiga jenis gerakan. Pertama, yaitu lintasan lurus, di mana benda gerak lurus. Kedua, lintasan lingkaran, atau benda bergerak melingkar. Ketiga, lintasan parabola yang biasa disebut gerak melengkung.

Dari penjelasan di atas, bisa dibilang jarak memiliki keterkaitan dengan gerak dan perpindahan. Jarak ialah satuan skalar yang memiliki nilai. Singkatnya jarak merupakan suatu nilai dari seberapa jauh/dekat saja.

Sebagai salah satu materi dalam ilmu fisika, sudah sewajarnya bila jarak dapat ditemukan kehidupan sehari-hari. Seperti disebutkan pada pembahasan di atas, contohnya misalnya jarak antara kota Jakarta ke Surabaya, atau jarak antara Jalan Tol Cikopo-Palimanan ke Cirebon.

Dengan menghitung jarak, kita bisa tahu berapa waktu yang dihabiskan untuk menempuhnya. Artinya, rumus menghitung jarak ini sangat berguna dalam keseharian kita.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement