Surat Al Falaq Lengkap dengan Arti, Makna, dan Kandungannya

Image title
9 November 2021, 12:00
Sejumlah warga membaca Al-quran dengan penerangan lampu yang tersalur dengan jaringan listrik melalui program listrik masuk wilayah desa tertinggal di Dusun Jabal Antara, Aceh Utara. Surat Al Falaq menerangkan perlindungan Allah pada umat Islam dari berba
ANTARAFOTO/Rahmad
Sejumlah warga membaca Al-quran dengan penerangan lampu yang tersalur dengan jaringan listrik melalui program listrik masuk wilayah desa tertinggal di Dusun Jabal Antara, Aceh Utara.

Surat Al Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari lima ayat. Al Falaq artinya “waktu subuh”. Surat Al Falaq diturunkan di Kota Makkah sehingga termasuk golongan surat Makiyah.

Namun, ada perbedaan pendapat tentang kota di mana surat Al Falaq diturunkan. Menurut buku Surah al-Falaq oleh Ariffin Omar, pendapat Al-Hasan, Ikrimah, Ata dan Jabir menyatakan surat Al Falaq tergolong surat Makiyah karena terdapat hadis yang diriwayatkan Uqbah bin Amir.

Sedangkan pendapat Qatadah dan Ibn Abbas mengatakan surat Al Falaq tergolong surat Madaniyah karena terdapat hadis yang diriwayatkan Aisyah r.a. Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, surat Al Falaq memiliki makna menyadarkan diri dan memohon perlindungan hanya kepada Allah Swt. dalam menghadapi berbagai kejahatan.

Surat Al Falaq dan Artinya

Berikut bacaan surat Al Falaq dalam tulisan Arab, Latin dan terjemahan Bahasa Indonesia.

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

Qul a’uzu birabbil-falaq

1. Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

Min syarri ma khalaq

2. dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

Wa min syarri gasiqin iza waqab

3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

Wa min syarrin-naffatsaati fil-‘uqad

4. dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Wa min syarri khaasidin iza hasad

5. dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Makna Surat Al Falaq

Menurut M. Khalilurrahman Al Mahfani dalam Juz Amma Tajwid Berwarna & Terjemahannya, kata Al Falaq secara etimologi berasal dari kata kerja falaqa yang artinya memecah, membelah, dan menyingsingkan.

  • Abu Al-Farj Ibn Al-Jauzi dalam kitab Zadul Masir fir Ilmi at Tafsir menjelaskan beberapa pendapat tentang makna Al Falaq, yaitu:
  • Waktu subuh. Menurut riwayat Al-Afi dari Ibnu Abbas, Sid bin Jabir, Mujahid, Qatadah, Al-Qurzhi, Ibnu Zaid, dan para ahli bahasa, mereka menyimpulkan makna ini yang paling jelas.
  • Ciptaan atau makhluk. Pendapat ini dikemukakan Al-Walabi dari Ibnu Abbas dan Ad-Dahhak bahwa al falaq berarti makhluk atau ciptaan.
  • Al-Falaq adalah penjara di dalam neraka, menurut riwayat Ibnu Abbas. Wahab dan As-Sadiy, Al-Falaq adalah sumur yang sangat dalam atau kolam di neraka Jahanam. Ibnu As-Saib berpendapat Al-Falaq adalah lembah dalam neraka Jahanam.
  • Al Falaq adalah pohon dalam neraka, menurut pendapat Abdullah bin Amr.
  • Al Falaq adalah sebutan dari segala sesuatu yang terbelah, seperti waktu subuh, biji, dan lain-lain, menurut pendapat Al-Hasan. Az-Zujaj berkata, segala makhluk atau ciptaan berasal dari sesuatu yang terbelah atau terpecah. Misalnya, terbelahnya tanah lalu muncul tanaman dan turunnya hujan dari awan.

Dari berbagai pendapat tersebut, makna Al Falaq yang paling banyak digunakan dalam penafsiran adalah “waktu subuh”.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...