10 Cara Mengusir Lalat yang Ampuh dengan Bahan Alami

Image title
10 November 2021, 13:30
cara mengusir lalat yang ampuh dengan cengkeh
ANTARA FOTO/Jojon
Cengkeh sebagai salah satu bahan alami untuk mengusir lalat dari rumah

Memiliki rumah yang bersih dan asri adalah idaman setiap orang. Salah satu pertanda rumah tersebut bersih adalah bebas dari kehadiran serangga terutama lalat yang sering berterbangan kesana kemari. Kehadiran lalat di rumah acapkali menjadi pertanda rumah kotor. Selain sangat mengganggu, lalat yang berkeliaran membuat rumah tampak tak terawat.

Parahnya, lalat memiliki sisi buruk yaitu bisa mendistribusikan kuman saat hinggap di makanan, minuman ataupun peralatan rumah tangga lainnya sehingga menjadi sumber penyakit. Mencari cara mengusir lalat pun perlu dilakukan demi menjaga kesehatan keluarga.

Salah satu cara mengusir lalat adalah dengan rutin menjaga kebersihan rumah. Hal itu dikarenakan lalat tidak menyukai suatu tempat yang bersih. Selain menjaga kebersihan, cara mengusir lalat juga bisa dilakukan dengan sejumlah bahan alami yang mudah ditemukan di rumah atau di pasaran sebagai cara mengusir lalat yang ampuh.

Cara Mengusir Lalat yang Ampuh dengan Bahan Alami

Setelah memahami bahwasanya lalat menyukai tempat yang kotor dan penuh penyakit, maka ada sejumlah cara mengusir lalat dengan bahan alami. Berikut tips dan triknya sebagaimana dilansir dari website Dekoruma.com:

1. Menaruh Air Beraroma Cengkeh

Cara mengusir lalat yang pertama adalah dengan memberikan wewangian cengkeh di sejumlah titik dimana lalat sering hinggap. Arom cengkeh mempunyai bau khas yang sangat tajam. Oleh karenanya aroma cengkeh juga sangat tidak disukai oleh lalat.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan cengkeh sebagai cara mengusir lalat dengan merendam beberapa biji cengkeh pada air, lalu simpan rendaman tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

2. Menanam Bunga Lavender

Pada opsi kedua sebagai cara mengusir lalat yang ampuh adalah dengan menanam bunga lavender dalam pot. Hal itu disebabkan bahwa bunga lavender memiliki kekuatan untuk mengusir lalat.

Cara mendapat manfaat dari bunga lavender cukup mudah, hanya dengan menempatkan beberapa tangkai bunga lavender ke dalam pot dan menyimpannya di sudut rumah yang banyak dihinggapi lalat. Sudah pasti, cara mengusir lalat ini ampuh dan sekaligus mempercantik tampilan rumah Anda.

3. Menaburkan Irisan Daun Pandan

Irisan daun pandan ternyata tidak hanya menjadi salah satu pelengkap dalam masakan namun bisa digunakan sebagai cara mengusir lalat yang ampuh. Sebagai salah satu bahan alami, daun pandan memiliki warna hijau, dan bentuknya yang panjang.

Keampuhan daun pandan adalah aromanya yang tidak disukai lalat. Sehingga keberadaanya berfungsi untuk mengusir lalat agar keluar dari rumah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu menyiapkan beberapa helai daun pandan, mengirisnya hingga halus, menyimpannya di wadah seperti mangkuk atau piring, kemudian simpan di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

4. Menjebak Lalat dengan Cuka Apel

Cuka apel selain menjadi salah satu suplemen vitamin bagi kesehatan tubuh, juga ampun sebagai umpan kehadiran lalat. Cara mengusir lalat dengan cuka apel cukup mudah hanya dengan menyiapkan botol bekas air mineral gunting bagian tengahnya dan tuang cuka apel hingga separuh botol. Setelah itu, tutup botol mengunakan kertas yang telah dilubangi dan bisa dimasuki lalat.

Pastikan bahwa proses pengemasan itu dilakukan secara benar agar bisa mengundang lalat untuk masuk ke dalam botol dan membuat lalat tersebut terendam di dalam cuka apel.

5. Menyalakan Lilin di Rumah

Cara mengusir lalat dengan lilin sering ditemukan di sebuah rumah makan atau restoran karena panas dari lilin sangat ampuh mengusir lalat agar tak hinggap ke dalam makanan. Oleh karenanya, Anda dapat menyalakan lilin di atas meja makan saat menyantap hidangan di rumah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...