7 Manfaat Ikan untuk Kesehatan dan Tips Memilih Ikan Segar

Image title
10 November 2021, 15:44
Terdapat berbagai manfaat ikan untuk kesehatan
Unsplash/Tapan Kumar Choudhury
Terdapat berbagai manfaat ikan untuk kesehatan

Dibandingkan dengan daging dan unggas, ikan rendah kolesterol dan lemak jenuh, serta menyediakan nutrisi penting, seperti protein, zat besi, dan vitamin B12. Ini adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Penelitian dalam Circulation Research menunjukkan, omega-3 pada ikan dapat mengurangi peradangan, mengurangi risiko pembekuan darah, menurunkan trigliserida, menurunkan tekanan darah, menenangkan detak jantung tidak teratur, dan mengurangi risiko stroke atau serangan jantung.

Selengkapnya, simak manfaat ikan untuk kesehatan berikut ini.

1. Mencegah penyakit Alzheimer

Manfaat ikan untuk mencegah penyakit Alzheimer telah diteliti secara menyeluruh. Menurut Alzheimer's Society, penelitian menghubungkan antara konsumsi ikan dan risiko demensia menghasilkan hasil yang beragam.

Satu studi yang diikuti 2.233 orang tua selama lima hingga enam tahun menemukan bahwa makan ikan dua kali seminggu dapat mengurangi risiko demensia sebesar 41% dibandingkan dengan kelompok makan ikan sebulan sekali.

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 seperti DHA, atau asam docosahexaenoic. Tingkat DHA yang lebih tinggi di otak berpotensi untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer.

Omega-3 penting bagi otak, mulai dari perkembangan kognitif awal pada janin hingga pembelajaran dan memori pada orang dewasa. Sel-sel otak dengan kadar omega-3 yang tinggi dapat berkomunikasi lebih baik dengan sel-sel lain.

Ketika omega-3 diserap oleh tubuh, sebagian dipecah menjadi molekul lain yang memiliki peran penting di otak. Omega-3 berperan melindungi sel dari proses berbahaya yang disebut stres oksidatif. Penelitian telah menunjukkan bahwa respon imun dan stres oksidatif di otak dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit Alzheimer.

2. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes

Ikan merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes. Melansir Diabetes.co.uk, protein dalam ikan menyediakan sebagian dari kebutuhan energi dan omega-3 dapat membantu kesehatan jantung.

Kadar vitamin D yang rendah umum terjadi pada penderita diabetes. Jadi, konsumsi ikan adalah cara yang baik untuk menambah asupan vitamin D. Para peneliti berhipotesis bahwa konsumsi ikan dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun, belum jelas apakah ikan memiliki efek pencegahan sepenuhnya.

3. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Menurut American Heart Association, makan ikan dua kali seminggu akan menurunkan risiko gagal jantung, serangan jantung, dan stroke. Ikan terbaik untuk kesehatan jantung adalah ikan berminyak seperti ikan salmon, makarel, herring, lake trout, sarden, atau tuna.

Ikan-ikan ini semuanya tinggi asam lemak omega-3. Sebaiknya, konsumsi ikan utuh daripada ikan olahan karena menawarkan banyak nutrisi selain minyak omega-3, seperti protein dan selenium.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...