Mengenal Curug Malela, Lokasi dan Harga Tiketnya

Image title
15 November 2021, 16:40
Curug Malela
Pinterest
Curug Malela

Bagi Anda warga warga Jawa Barat terutama wilayah Bandung Barat dan sekitarnya, akan terasa tidak lengkap apabila belum berkunjung ke kawasan Curug Malela. Curug ini merupakan salah satu pilihan untuk berburu foto, cuci mata dan menyegarkan pikiran selain di Kawah Putih, Kebun Teh Rancabali dan Ranca Upas.

Lokasinya bagai spot tersembunyi di Kabupaten Bandung Barat. Meski demikian tempat ini dekat denga Ciwidey yang cukup terkenal. Namun apabila dibandingkan, Curug Malela belum mendapat banyak perhatian dari pemerintah atau warga.

Namun, seiring berjalannya waktu dan berkat eksposur media sosial, Curug Malela kini diburu wisatawan. Terutama para milenial yang hobi menjelajahi tempat baru sembari bersepeda dan menikmati semilirnya udara pagi.

Adapun secara lokasi, Curug Malela berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, air terjun itu meluncur deras dari ketinggian 60 meter. Menariknya tidak hanya satu kucuran curug yang mengalir, melainkan lima sekaligus.

Kelima kucuran ar terjun itu meluncur secara paralel dengan lebar permukaan 70 meter. Melihat kondisi lebar dan debit airnya besar, Curug Malela sering disebut wisatawan sebagai Niagara Mini. Kucuran airnya mengalir jatuh pada batuan bertingkat tujuh, mencetak panorama yang menakjubkan.

Air yang deras membuat Curug ini memiliki kubangan air atau kolam dibawahnya. Anda juga bisa berenang di dalam kolam ini. Air kolam yang memiliki rasa sejuk cenderung dingin membuat para pengujung tertarik untuk berenang didalamnya.

Jika Anda yang tidak bisa berenang, tidak disarankan berenang di kolam ini. Karena kolam di bawah Curug Malela ini cukup dalam yaitu sekitar 1,5 sampai dua meter.

Apabila ditilik lebih mendalam, keberadaan air Curug Malela berasal dari hulu sumber sungai bagian Utara Gunung Kendeng. Kamu bisa melihat banyak bebatuan besar menghiasi kolam alami di bawah curug ini. Batuan itu pula lah yang membuat Curug Malela terlihat fotogenik.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...