10 Tempat Wisata Surabaya yang Menarik dan Edukatif

Image title
15 November 2021, 15:54
Kebun Bibit Wonorejo, salah satu wisata Surabaya yang edukatif
bappeko.surabaya.go.id
Kebun Bibit Wonorejo, salah satu wisata Surabaya yang edukatif

Sebagai ibu kota Jawa Timur, Surabaya menjadi sentra bisnis dan industri. Berbagai mal dan perkantoran banyak ditemukan di kota ini. Surabaya juga menjadi saksi sejarah pertempuran melawan penjajah sehingga kota ini mendapat julukan Kota Pahlawan.

Seiring berjalannya waktu, Surabaya berkembang menjadi kota tujuan wisata yang menarik. Wisata Surabaya dapat dinikmati dari segi alam, budaya, sejarah, kuliner, dan sebagainya. Di balik megahnya pusat perbelanjaan dan perkantoran, terdapat wisata alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang dapat Anda kunjungi:

1. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay adalah tempat bersantai untuk menikmati pemandangan pelabuhan. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah ketika matahari terbenam. Keindahan gurat lembayung yang menghiasi horizon cocok dijadikan objek foto.

Wisata Surabaya ini berada di sebuah gedung yang bernama Gapura Surya Nusantara milik Pelindo III. Lokasinya di Pelabuhan Tanjung Perak sehingga pengunjung dapat bersantai sambil melihat aktivitas pelabuhan dengan kapal-kapal yang menarik. Tiket masuk Surabaya North Quay dibanderol Rp10.000 per orang.

2. Danau Angsa Pakuwon City

Danau Angsa Pakuwon City terletak di Jl. Kalisari Darma Sel. III Blok H 3 Blok H-3 No.1, Kalisari, Kec. Mulyorejo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Danau ini dihiasi bunga teratai dengan para angsa yang berenang di sekitarnya.

Terdapat pilar-pilar megah berwarna putih yang mempercantik pemandangan. Pengunjung dapat berkeliling danau dan bersantai. Gerak angsa yang anggun juga cocok dijadikan objek foto.

3. Mini Agrowisata Surabaya

Mini Agrowisata Surabaya adalah kawasan hijau yang dikelola oleh Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) sebagai tempat wisata. Luas tempatnya mencapai 6.000 meter persegi. Pengunjung dapat menikmati wisata edukatif di perkebunan khas perkotaan.

Terdapat berbagai macam tanaman, tumbuhan, dan sayuran yang dibudidayakan, seperti tabulampot, anggrek, dan tanaman hidroponik. Wisata ini cocok untuk anak-anak karena edukatif dan menyenangkan.

Mini Agrowisata Surabaya juga menghadirkan berbagai hewan jinak, seperti kelinci, ayam, dan ikan. Wisatawan dapat bermain bersama kelinci dan memberi makan wortel.

4. Hutan Kota Balas Klumprik

Kawasan hijau di Kota Surabaya kini dapat dinikmati melalui Hutan Kota Balas Klumprik. Wisata ini adalah bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan didirikan di atas lahan seluas 4,5 hektare dengan sekitar 6.000 tanaman.

Lokasi Hutan Kota Balas Klumprik berada di Jalan Balas Klumprik, Balas Klumprik, Kec. Wiyung, Kota Surabaya, Jawa Timur. Tanaman di hutan kota ini didominasi oleh tanaman buah, seperti kedondong, srikaya, mangga, kelengkeng, dan jambu. Ada pula kolam untuk budidaya ikan lele, mujaer, nila, dan bandeng.

Masyarakat bisa berkunjung saat mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sebagian lahan Hutan Kota Balas Klumprik dapat digunakan untuk berkemah dengan izin dari pengelola. Daya tarik unik dari wisata ini adalah tampilan pregolan, yaitu gerbang dengan bahan bambu.

Sejumlah bambu diikat dengan tali sabut kelapa dengan bentuk segiempat. Konstruksinya yang unik dapat menjadi spot foto yang menarik bagi para pengunjung.

5. Museum Sepuluh November dan Monumen Tugu Pahlawan

Museum Sepuluh November merupakan museum yang didirikan untuk mengenang keberanian masyarakat Surabaya dalam pertempuran 10 November 1945 dan terletak di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya.

Museum ini dibangun pada 10 November 1991 dan diresmikan oleh KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 19 Februari 2000. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya merupakan pemilik resmi museum sementara pengelolanya adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...