Sejarah dan Tempat Wisata di Bandung

Image title
15 November 2021, 18:04
Kawah Putih Ciwidey, salah satu tempat wisata di Bandung.
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Kawah Putih Ciwidey, salah satu tempat wisata di Bandung.

Bandung merupakan salah satu kota bersejarah di Indonesia. Kota berjuluk Paris van Java ini memiliki segudang destinasi wisata yang layak dikunjungi dan telah menjadi primadona banyak orang sejak dahulu.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, jumlah wisatawan yang mengunjungi kota kembang pada 2020 sebanyak 3,2 juta, naik dari tahun sebelumnya sebanyak 7,4 juta. Angka tersebut terbilang tinggi mengingat kondisi pandemi yang membatasi kegiatan wisata.

Sekilas tentang Bandung

Mengutip bandung.go.id,  Kota Bandung tidak berdiri bersamaan dengan pembentukan Kabupaten Bandung. Kota ini  dibangun dengan jarak waktu yang cukup jauh  setelah Kabupaten Bandung lahir.

Kabupaten Bandung dibentuk sekitar pertengahan abad ke-17 masehi, dengan Bupati pertama Tumenggung Wirangunangun. Ketika Kabupaten Bandung dipimpin oleh Bupati ke-6, yakni R.A. Wiranatakusumah II (1794-1829) yang dijiluki "Dalem Kaum", kekuasaan di Nusantara beralih dari Kompeni kepada Pemerintah Hindia Belanda, dengan Gubernur Jenderal pertama Herman Willem Daendels (1808-1811).

Demi kelancaran menjalankan tugasnya di Pulau Jawa, Daendels membangun Jalan Raya Pos (Groote Poshweg) dari Anyer di ujung Jawa Barat ke Panarukan di ujung Jawa Timur (± 1000 kilometer). Pembangunan jalan raya itu dilakukan oleh rakyat di bawah pimpinan bupati daerah masing-masing.

Sekitar tahun 1808, Bupati beserta sejumlah rakyatnya pindah dari Krapyak mendekati lahan bakal ibukota baru. Mula-mula Bupati tinggal di Cikalintu (daerah Cipaganti), kemudian pindah ke Balubur Hilir, selanjutnya pindah lagi ke Kampung Bogor (Kebon Kawung, pada lahan Gedung Pakuan sekarang). Bupati memimpin sejumlah rakyatnya, termasuk penduduk Kampung Balubur Hilir, membuka hutan pada lahan bakal ibukota (daerah Cikapundung hilir).

Tidak diketahui secara pasti, berapa lama Kota Bandung dibangun. Akan tetapi, Kota itu dibangun bukan atas prakarsa Daendels, melainkan Bupati Bandung, bahkan pembangunan kota itu dipimpin langsung oleh bupati. Dengan kata lain, Bupati R.A. Wiranatakusumah II adalah pendiri Kota Bandung.

Kota Bandung diresmikan sebagai ibu kota baru Kabupaten Bandung dengan beslit tanggal 25 September 1810. Hal ini berarti, selama belum ditemukan sumber lain yang menunjukan fakta lebih akurat mengenai berdirinya Kota Bandung, maka tanggal 25 September 1810 dapat disebut sebagai "Hari Jadi Kota Bandung".

Tempat Wisata di Bandung

Ada banyak tempat wisata di Kota Bandung, mulai dari wisata alam hingga kuliner. Berikut enam tempat wisata di Bandung.

Kawah Putih Ciwidey

Wisata alam Kawah Putih Ciwidey berasal dari peninggalan masa lalu. Destinasi wisata alam ini merupakan kawah bekas penampangan belerang pada zaman kolonial Jepang. Destinasi wisata yang satu ini memiliki keunikan berupa air kawah yang berwarna putih layaknya kapur. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan belerang yang cukup tinggi.

Saat berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey, pengunjung juga akan menemukan gua Jepang yang diduga pernah digunakan sebagai operasional penambangan. Gua ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pemandangan indah wisata Kawah Putih Ciwidey cocok jadi lokasi hunting foto yang instagramable.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...