Mengenal Sejarah Tari Lilin dari Sumatera Barat dan Jenisnya

Dwi Latifatul Fajri
15 November 2021, 17:33
Tari Lilin
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Tari Lilin berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Disebut lilin karena penari membawa lilin yang menyala di tangan mereka. Lilin tersebut berdiri tegak diatas piring kecil yang dipegang penari. Tarian ini ditampilkan secara berpasangan oleh penari perempuan dan laki-laki.

Awalnya tarian ini ditampilkan ketika acara-acara adat dan kesenian istana. Kemudian tari lilin dipakai berbagai acara seperti festival budaya, kesenian daerah, dan penyambutan tamu penting. Tari Lilin dilakukan ketika malam hari dan berkaitan dengan cerita rakyat di masa lalu.

Advertisement

Ada juga jenis tari Lilin Berpingga Kayu Agung dari Sumatera Selatan. Tari lilin ini terinspirasi dari menyambut malam ke-21 tiap bulan Ramadhan. Masyarakat di Sumatera Selatan menyebut tradisi ini Miyah Malaman.

Mengutip dari laman tradisi.kemdikbud.go.id, tarian ini berawal dari para pemuda yang datang berkunjung ke teman perempuan mereka. Pemuda ini membawa bungkus lilin dan kembang api. Mereka menyalakan lilin dan kembang api di halaman rumah untuk menyambut tradisi Miyamah.

Makna Tari Lilin

Tarian ini bermula dari kepercayaan masyarakat Minangkabau tentang seorang gadis. Mengutip dari jakarta-tourism.go.id, gadis tersebut ditinggal oleh tunangan ketika pergi berdagang.

Kemudian gadis itu kehilangan cincin pertunangan lalu mencarinya. Sang gadis mencari cincinnya sampai larut malam menggunakan lilin yang ditaruh diatas piring.

Perempuan tersebut berkeliling dari pekarangan rumah demi mencari cincinnya. Dia sampai membungkuk mencari dan gerakannya meliuk-liuk seolah menari. Cerita tersebut menjadi kepercayaan masyarakat.

Kisah itu menjadi latar belakang tari lilin yang memperlihatkan keindahan gerakan tari ketika membawa lilin. Gerakan indah tersebut dipakai supaya api lilin tidak mudah padam. Tarian tersebut dilakukan secara berkelompok, Ada beberapa gerakan tari seperti membungkuk, menengadah, dan meliuk.

Mengutip dari pariwisataindonesia.id, gerakan tari lilin ini menceritakan sekelompok gadis yang membantu temannya mencari cincin tunangan yang hilang.

Properti Tari Lilin

Properti adalah kelengkapan tari yang dipakai untuk penampilan tarian. Contoh properti yang dipakai untuk menari seperti kipas, selendang, musik senjata, piring, payung, cawan, sapu tangan dan lainnya.

Lilin

Tari lilin memakai satu lilin berukuran sedang yang ditaruh dalam piring kecil. Lilin yang menyala ini diletakkan di kedua telapak tangan para penari. Dibutuhkan keseimbangan dan konsentrasi supaya lilin tetap menyala.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement