8 Jenis Perlengkapan Bayi Baru Lahir Sesuai Kebutuhan

Perlengkapan bayi baru lahir perlu dipersiapkan sebelum persalinan. Ada 8 jenis perlengkapan yang dibutuhkan orang tua ketika menanti kelahiran buah hati. Berikut penjelasan lengkapnya.
Dwi Latifatul Fajri
16 November 2021, 11:56
Perlengkapan Bayi
pixabay.com/Erika Wittlieb

Ketika menunggu hari kelahiran buah hati, orang tua perlu mempersiapkan dan belanja perlengkapan bayi baru lahir. Perlengkapan tersebut digunakan untuk kebutuhan buah hati dan kemudahan orang tua dalam merawat bayi.

Contoh perlengkapan bayi baru lahir seperti peralatan mandi, botol susu, pakaian bayi, popok, tempat tidur, sepatu, dan masih banyak lagi. Perlengkapan bayi ini dijual beraneka ragam dan bentuknya lucu-lucu.

Kapan Membeli Perlengkapan Bayi Baru Lahir? Perlengkapan bayi membutuhkan dana yang tidak sedikit. Orang tua perlu memperhatikan pengeluaran orang dan prioritas membeli barang yang penting. Perlengkapan bayi bisa dibeli beberapa bulan sebelum persalinan.

Sebagai orang tua tentunya harus memilih keperluan penting untuk belanja. Jangan sampai perlengkapan tersebut tidak dipakai dan dibuang. Jika anda kebingungan membeli barang apa saja, sebaiknya buatlah catatan.

Advertisement

Catatan ini berguna untuk memilih perlengkapan bayi sesuai kebutuhan. Misal anda memprioritaskan perlengkapan utama untuk kebutuhan sehari-hari, alat mandi, baju tidur, perlengkapan untuk bepergian, kebersihan, dan perlengkapan untuk ibu menyusui.

Catatan ini memudahkan anda untuk menentukan biaya pembelian untuk beberapa bulan kedepan. Anda bisa mengelompokkan catatan tersebut apa bisa dibeli atau meminjam.

Selain itu anda perlu mencari ketersediaan barang kebutuhan. Misalnya anda bisa membeli kereta dorong bekas pakai yang masih bagus. Kereta dorong bekas pakai harganya lebih murah dibandingkan membeli baru.

Setelah membuat catatan, cek perlengkapan mana saja yang bisa awet dipakai dan disimpan untuk anak lain. Kemudian tentukan biaya atau dana belanja perlengkapan bayi. Anda bisa menekan biaya jika membeli perlengkapan bukan dari merk terkenal.

List Perlengkapan Bayi Baru Lahir

1. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi termasuk daftar perlengkapan bayi yang penting. Anda bisa membeli handuk, minyak wangi, sampo, sabun, dan bak mandi khusus bayi. Ada juga bedak, pelembap kulit, minyak pijat atau minyak telon, dan body lotion.

Minyak telon bermanfaat untuk menjaga tubuh bayi tetap hangat, mencegah gigitan nyamuk, dan meredakan perut kembung.

2. Perlengkapan Popok

Popok termasuk barang penting untuk bayi. Ibu hamil perlu menyiapkan stok popo untuk beberapa hari. Bayi baru lahir biasanya perlu ganti popo sebanyak 10-12 kali perhari.

Anda bisa membeli tas popok dan 2-3 kotak besar untuk popok bayi baru lahir. Ketika bepergian, popok perlu dibawa untuk diganti. Anda bisa membeli jenis popok sesuai kebutuhan.

Misalnya popok kain yang memakai bahan katun, mudah menyerap, dan lembut. Ada juga popok celana yang bisa digunakan sekali pakai dan popok kain yang memiliki tali.

Anda bisa membeli satu lusin tisu basah dan kering untuk membersihkan bagian pantat. Tisu ini dipakai untuk membersihkan tangan dan mulut ketika makan.

Ada juga perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti popok bayi. Perlengkapan tersebut seperti:

  • 2 botol krim popok.
  • Perlak atau alas kedap air.
  • Tempat sampah untuk membuang popok.
  • 2-3 pak bola kapas bayi tanpa pewangi dan alkohol untuk membersihkan.
  • 1-2 tisu basah yang khusus dipakai untuk bayi supaya tidak menimbulkan kulit sensitif.

3. Kebutuhan Pakaian

Pakaian untuk bayi yang baru lahir termasuk kebutuhan penting. Pilihlah pakaian yang nyaman dipakai dan tidak sensitif untuk kulit bayi. Bayi baru lahir membutuhkan baju atasan, celana untuk menutupi popok, sarung tangan, topi, sepatu, dan selimut.

Sesuaikan jumlah pembelian untuk pakaian dan popok. Misalnya anda menyetok sebanyak 2 pak popok berukuran S untuk bayi baru lahir. Pilihlah pakaian yang memiliki satu ukuran lebih besar dari ukuran bayi.

Pilihlah pakaian yang memiliki kencang di bagian depan. Kancing dari depan ini memudahkan ibu dan ayah untuk melepas dan mengganti baju.

Mengutip dari alodokter.com, berikut contoh daftar pembelian perlengkapan baju dan celana bayi:

  • Kemeja dengan gaya kimono dan kancing di bahu 4-8 kemeja
  • 4-8 piyama atau baju tidur untuk bayi
  • 4-8 celana pendek, celana panjang, atau celana legging yang elastis dan bisa menutupi perut
  • 1-3 jaket atau baju tebal yang memiliki kancing depan
  • 3-4 pasang kaus kaki dan sarung tangan
  • 2-3 topi berbahan katun untuk menutupi kepala bayi
  • 2-3 sarung tangan untuk menutupi tangan dan jari bayi. Sarung tangan ini berguna untuk mencegah bayi menggaruk dan melukai wajah
  • Beli 3-4 selimut atau kain khusus untuk membedong bayi baru lahir. Pilihlah selimut dari bahan katun tipis untuk cuaca panas. Anda bisa membeli selimut berbahan tebal untuk udara dingin.
  • Deterjen khusus
    Kulit bayi masih sensitif dan mudah muncul kemerahan. Sebaiknya anda memilih deterjen khusus untuk mencuci pakaian dan perlengkapan bayi. Deterjen khusus bayi ini bisa mencegah timbulnya alergi dan kulit sensitif pada bayi.
  • Perlengkapan Tidur

Anda bisa membeli 1 pasang batal, guling, dan tempat tidur kecil khusus bayi. Seprai untuk kasur bayi. Anda bisa membeli ranjang atau tempat tidur khusus bayi. Orang tua bisa membeli 405 sprei pengganti yang memakai bahan lembut.

Belilah ranjang khusus bayi untuk 6 bulan pertama. Jika bayi mengalami kulit sensitif, seperti timbulnya ruam merah di kulit belilah salep khusus bayi. Pastikan pemberian salep sesuai dosis yang digunakan.

Selain membeli ranjang, anda juga membutuhkan kelambu. Alat ini berfungsi melindungi bayi dari gigitan dan serangan nyamuk. Selain itu, kelambu berfungsi melindungi bayi dari serangga lain. Kelambu menjadi alat yang aman daripada obat anti nyamuk yang berpotensi mengiritasi kulit.

4. Perlengkapan Makan Bayi

Bayi baru lahir biasanya menyusui ibunya atau diberi botol susu untuk minum. Perlengkapan makan yang bisa dibeli seperti:

  • 8-10 botol dot yang berukuran 8 ons untuk minum susu
  • Sikat botol dan dot
    Belilah 4-6 botol bayi dan sikatnya untuk membersihkan. Untuk menghilangkan kuman dan bakteri, rebus botol susu di air mendidih selama 30 menit.
  • Susu formula jika ibu tidak menyusui atau mulai melatih anak untuk menyusui.
  • Pompa ASI
    Pilihlah pompa ASI manual atau elektrik untuk dipakai. Ada juga wadah untuk ASI berupa botol kaca atau kantong ASI. Jika ibu menyusui bayi ditempat umum, belilah kain penutup untuk menyusui bayi.
  • Cup Feeder
    Mengutip dari hellosehat.com, cup feeder adalah alat untuk pemberian susu formula atau ASI perah yang berukuran kecil. Anda bisa membeli botol kontainer susu, termos, dan peralatan pembersih cup feeder.

5. Peralatan Kesehatan Bayi

Bayi baru lahir membutuhkan peralatan kesehatan bayi. Anda bisa membeli sesuai kebutuhan dan tingkat kepentingan. Beberapa barang bisa dibeli ketika bayi sudah lahir. Berikut contoh alat kesehatan dan perawatan bayi seperti:

  • Gunting atau alat pemotong kuku khusus bayi.
  • Termometer bayi.
  • 4-6 dot bayi.
  • Kain kasa atau kapas untuk membersihkan bayi.
  • Pembersih telinga.
  • Celemek bayi untuk melindungi pakaian jika terkena air liur.
  • Obat-obatan. Anda membutuhkan obat sesuai resep dokter jika bayi baru lahir sakit
  • Tas bayi. Tas Bayi digunakan untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa membeli tas khusus bayi untuk menyimpan pakaian dan popok ketika bepergian. Ada juga tas bayi untuk peralatan kesehatan dan pengganti popok.

6. Perlengkapan Kamar

Anda bisa membeli dekorasi yang unik dan lucu untuk bayi baru lahir. Dekorasi ini bisa disesuaikan dan membuat aman dan nyaman bayi. Berikut daftar perlengkapan kamar tidur untuk bayi:

  • Tempat tidur bayi. Pilihlah ranjang tempat tidur untuk bayi yang nyaman dan awet
  • Kasur yang empuk. Anda bisa membeli kasur empuk yang nyaman untuk bayi tidur
  • Meja ganti popok.
  • Sprei.
  • Lampu Tidur.
  • Pelembap ruangan. Pelembap ruangan cocok untuk suhu ruangan sehingga mencegah udara sensitif pada bayi.

7. Hiburan dan mainan

Sebagai orang tua, tentunya menginginkan anak bermain untuk merangsang perkembangan otak. Mainan seperti kerincing, alat musik, cerita dongeng bisa merangsang otak anak sejak kecil.

Contoh mainan yaitu mobil-mobilan, sepeda roda tiga jika bayi sudah besar, dan kereta dorong (stroller). Anda bisa meminjam atau membeli kereta dorong untuk bayi. Kereta dorong ini berguna untuk membawa bayi jalan-jalan dan lebih ringan.

Perlengkapan hiburan dan mainan bisa menjadi pelengkap kebutuhan utama untuk bayi. Anda bisa membeli sesuai kebutuhan dan biaya yang tersedia.

8. Perlengkapan untuk Ibu Hamil

Ibu menyusui membutuhkan perlengkapan seperti pompa ASI, wadah ASI, dan pendingin untuk tempat penyimpanan. Selain itu ada perlengkapan cup feeder untuk bayi baru lahir. Perlengkapan lain untuk ibu hamil seperti piyama, bantalan untuk menyusui, kain, krim, buku menyusui, dan pakaian khusus ibu hamil.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait