8 Jenis Perlengkapan Bayi Baru Lahir Sesuai Kebutuhan

Dwi Latifatul Fajri
16 November 2021, 11:56
Perlengkapan Bayi
pixabay.com/Erika Wittlieb

Ketika menunggu hari kelahiran buah hati, orang tua perlu mempersiapkan dan belanja perlengkapan bayi baru lahir. Perlengkapan tersebut digunakan untuk kebutuhan buah hati dan kemudahan orang tua dalam merawat bayi.

Contoh perlengkapan bayi baru lahir seperti peralatan mandi, botol susu, pakaian bayi, popok, tempat tidur, sepatu, dan masih banyak lagi. Perlengkapan bayi ini dijual beraneka ragam dan bentuknya lucu-lucu.

Kapan Membeli Perlengkapan Bayi Baru Lahir? Perlengkapan bayi membutuhkan dana yang tidak sedikit. Orang tua perlu memperhatikan pengeluaran orang dan prioritas membeli barang yang penting. Perlengkapan bayi bisa dibeli beberapa bulan sebelum persalinan.

Sebagai orang tua tentunya harus memilih keperluan penting untuk belanja. Jangan sampai perlengkapan tersebut tidak dipakai dan dibuang. Jika anda kebingungan membeli barang apa saja, sebaiknya buatlah catatan.

Catatan ini berguna untuk memilih perlengkapan bayi sesuai kebutuhan. Misal anda memprioritaskan perlengkapan utama untuk kebutuhan sehari-hari, alat mandi, baju tidur, perlengkapan untuk bepergian, kebersihan, dan perlengkapan untuk ibu menyusui.

Catatan ini memudahkan anda untuk menentukan biaya pembelian untuk beberapa bulan kedepan. Anda bisa mengelompokkan catatan tersebut apa bisa dibeli atau meminjam.

Selain itu anda perlu mencari ketersediaan barang kebutuhan. Misalnya anda bisa membeli kereta dorong bekas pakai yang masih bagus. Kereta dorong bekas pakai harganya lebih murah dibandingkan membeli baru.

Setelah membuat catatan, cek perlengkapan mana saja yang bisa awet dipakai dan disimpan untuk anak lain. Kemudian tentukan biaya atau dana belanja perlengkapan bayi. Anda bisa menekan biaya jika membeli perlengkapan bukan dari merk terkenal.

List Perlengkapan Bayi Baru Lahir

1. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi termasuk daftar perlengkapan bayi yang penting. Anda bisa membeli handuk, minyak wangi, sampo, sabun, dan bak mandi khusus bayi. Ada juga bedak, pelembap kulit, minyak pijat atau minyak telon, dan body lotion.

Minyak telon bermanfaat untuk menjaga tubuh bayi tetap hangat, mencegah gigitan nyamuk, dan meredakan perut kembung.

2. Perlengkapan Popok

Popok termasuk barang penting untuk bayi. Ibu hamil perlu menyiapkan stok popo untuk beberapa hari. Bayi baru lahir biasanya perlu ganti popo sebanyak 10-12 kali perhari.

Anda bisa membeli tas popok dan 2-3 kotak besar untuk popok bayi baru lahir. Ketika bepergian, popok perlu dibawa untuk diganti. Anda bisa membeli jenis popok sesuai kebutuhan.

Misalnya popok kain yang memakai bahan katun, mudah menyerap, dan lembut. Ada juga popok celana yang bisa digunakan sekali pakai dan popok kain yang memiliki tali.

Anda bisa membeli satu lusin tisu basah dan kering untuk membersihkan bagian pantat. Tisu ini dipakai untuk membersihkan tangan dan mulut ketika makan.

Ada juga perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti popok bayi. Perlengkapan tersebut seperti:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...