Panorama Alam Eksotis, Ini Destinasi Wisata Magelang yang Menarik

Image title
16 November 2021, 16:50
Puncak Gunung Andong, salah satu destinasi wisata Magelang.
campatour.com
Puncak Gunung Andong, salah satu destinasi wisata Magelang.

Wisata Magelang dipenuhi dengan destinasi alam yang memesona dan tak kalah menakjubkan di banding kota wisata lainnya. Bahkan, kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini dijuluki sebagai kota sejuta bunga. Mengutip pertanian.magelangkota.go.id, julukan kota sejuta bunga diartikan sebagai kota yang memiliki daya tarik serta manfaat secara ekonomis dan dikemas dalam tampilan yang indah.

Sekilas tentang Magelang

Secara administratif, Kabupaten Magelang dibagi menjadi 21 kecamatan dan terdiri dari lebih 300 desa/ kelurahan.

Meneruskan catatan magelangkab.go, Kabupaten Magelang terletak di tengah Pulau Jawa, tepatnya di persilangan lalu lintas ekonomi dan wisata antara Semarang - Magelang - Yogyakarta dan Purwerejo - Temanggung, sehingga kabupaten ini merupakan salah satu wilayah strategis di tengah-tengah Povinsi Jawa Tengah yang ditetapkan oleh Rencana Tata Ruang Nasional dan Rencana Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah.

Wilayah Kabupaten Magelang secara umum merupakan dataran tinggi yang berbentuk ‘basin’ atau cekungan dengan dikelilingi gunung-gunung (Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Sumbing) dan pegunungan Menoreh. Dua sungai besar mengalir di tengahnya, Sungai Progo dan Sungai Elo, dengan beberapa cabang anak sungai yang bermata air di lereng gunung-gunung tersebut.

Kabupaten Magelang di bagian barat daya (Salaman dan Borobudur bagian Selatan) tersusun dari batuan breksi, andesit, dasit, tufa, tufa lapili, aglomerat dan lava andesit yang merupakan bagian dari Formasi Andesit Tua.

Batuan dari gunung berapi yang ada di sekililing wilayah ini merupakan unsur batuan yang membentuk dataran Magelang berupa tanah endapan alluvial yang subur. Sementara itu, Kabupaten Magelang di bagian tengah merupakan tanah endapan/alluvial yang merupakan lapukan dari batuan induknya.

Destinasi Wisata Magelang

Selain Candi Borobudur dan destinasi wisata bersejarah lainnya, Magelang memiliki ragam wisata alam yang memesona. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut destinasi wisata alam Magelang.

Gunung Andong

Gunung Andong merupakan tempat wisata alam favorit di kalangan anak muda Magelang. Di puncak gunung ini, para wisatawan dapat berkamping ria sembari menikmati panorama alam Magelang dari ketinggian 1.726 meter di bawah permukaan laut (mdpl) dengan hanya Rp5.000 sebagai tiket masuk.

Di samping pemandangan yang memikat, Gunung Andong terbilang aman untuk dijajal pendaki pemula. Pasalnya, jalur pendakian yang dilalui tidak begitu terjal dan dapat ditempuh dalam waktu singkat.

Gunung Andong terletak di antara Desa Ngablak dan Tlogorjo, Grabag. Gunung ini memiliki aktivitas magma vulkanik aktif dan merupakan gunung bertipe perisai yang melingkari Kabupaten Magelang.  Walau terdengar mengerikan,  pendakian Gunung Andong aman bagi semua umur.

Gunung Andong terbagi menjadi tiga jalur pendakian, yaitu rute dari selatan (Yogyakarta, Ketep Magelang, dan Purwerejo) rute jalur dari utara Magelang (Semarang, Salatiga, Ungaran, Boyolali dan Solo) dan rute dari barat (Grabag, Wonosobo, Secang Temanggung, dan Parakan).

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement