5 Rekomendasi Wisata Purwokerto yang Harus Anda Kunjungi Saat Liburan

Ada 5 rekomendasi wisata Purwokerto yang populer dan harus Anda coba, karena memiliki keunikan dan harga yang bersahabat dengan kantong.
Image title
17 November 2021, 10:46
5 Rekomendasi Wisata Purwokerto yang Harus Anda Kunjungi Saat Liburan
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/hp.
Sejumlah wisatawan mengunjungi lokawista Baturraden, Banyumas, Jateng, Minggu (16/5/2021). Lokawisata Baturraden tetap dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, memeriksa suhu tubuh pengunjung, mewajibkan masker, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, rapid tes secara acak, dan membatasi jumlah pengunjung hanya 30 poersen dari kapasitas lokawisata.

Salah satu wilayah administrasi yang unik di Indonesia ada di Kota Purwokerto dan Banyumas. Banyak yang mengira Purwokerto adalah kecamatan, karena di bawah administrasi Kabupaten Banyumas. Tapi ada juga yang mengira Purwokerto adalah kota dengan entitas sendiri.

Kebingungan ini yang sempat meningkatkan popularitas dari kota dengan penduduk sekitar 240.128 jiwa berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) 2020. Kota ini juga memiliki banyak keunikan dan kekhasan yang membuatnya layak dikunjungi di masa liburan tiba.

Kota dengan empat kecamatan dan 27 kelurahan ini bisa menjadi referensi perjalanan karena ada pilihan untuk menuju kota atau suasana desa. Katadata.co.id merangkum sejumlah desinasi yang bisa menjadi pilihan untuk bervakansi baik bersama kawan, pasangan atau keluarga.

5 Rekomendasi Wisata Purwokerto

Berikut lima wisata di Kota Purwokerto yang bisa dikunjungi dan dijamin tidak akan membosankan:

Advertisement

1. Lokawisata Baturraden

Secara geografis lokawisata Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Posisi Baturraden yang berada di lereng gunung menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari.

Baturraden juga merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama pada hari minggu dan hari libur nasional. Kondisi tersebut menyebabkan banyak hotel dan vila didirikan di sini.

Ada banyak pilihan hiburan bila Anda telah tiba di tempat ini, antara lain:

Pancuran Pitu Baturraden
Objek pemandian air panas yang mengandung belerang. Diyakini oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di sebelah atas Pancuran Telu.

Pancuran Telu
Tempat pemandian air panas yang mengandung belerang. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di sebelah bawah Pancuran Pitu.

Selain dua destinasi utama tersebut, Lokawisata Baturraden juga mengalami perkembangan baik oleh pihak swasta atau dari pemerintah. Salah satunya dengan mengembangkan area bumi perkemahan dan pernah digunakan sebagai lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia pada tahun 2001.

Area wisata ini juga terkenal karena keberadaan hewan unik seperti Sapi kaki lima, Kambing kaki tiga, Gajah, Beruk (Buing), Buaya Irian, Ular Sanca, Kaswari, Monyet, Landak, Iguana, Cendrawasih, Kelelawar, Ayam Kate, Ayam Mutiara, Orang Utan, Elang Bondol, Rusa dan hewan langka lainnya.

Untuk masuk ke tempat ini cukup siapkan kocek sebesar Rp 14.000 saja dan dapatkan pengalaman seru lainnya.

2. Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi bukit batu dan meja. Tempat ini menjadi karena menyajikan pesona pemandangan alam yang akan mendamaikan jiwa serta pikiran yang jenuh dan penat. Wisata Purwokerto memang tak akan ada habisnya menghadirkan tempat-tempat wisata baru dan pastinya akan sangat memuaskan.

Untuk tarif masuk yang dikenakan hanya Rp7.000 untuk setiap pengunjung. Sedangkan untuk operasional wisata alam dari Bukit Watu Meja Banyumas buka setiap hari dari jam 06.00 – 18.00 WIB. Nikmati alam yang indah untuk mendapatkan sensasi liburan anti-mainstream di Banyumas Jawa Tengah.

Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa berangkat ke alamat obyek wisata Bukit Watu Meja berada di Jl. Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kec. Kebasen, Kab. Banyumas, Jawa Tengah.

3. Taman Miniatur Dunia ( Small World)

Apabila Anda ingin berkeliling dunia dan hanya memiliki waktu dan jumlah anggaran yang terbatas, maka Taman Miniatur Dunia ( Small World) di Purwokerto bisa menjadi solusi. Taman Miniatur Dunia – Small World Wisata Purwokerto 21 Juni 2018

Tak perlu jauh – jauh untuk melihat berbagai bangunan yang masuk keajaiban dunia, di Purwokerto juga ada Taman Miniatur Dunia atau Small World Purwokerto. Sebuah tempat rekreasi sekaligus wahana edukasi yang berisi berbagai miniatur mahakarya luar biasa yang tersebar diberbagai belahan dunia.

Sebagai wahana rekreasi sekaligus edukasi, rencananya Small World ini akan memiliki banyak sekali miniatur bangunan terkenal dari seluruh dunia, seperti (yang sudah ada) Kincir Angin khas Belanda dengan bunga tulip yang khas, Patung Merlion, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Angkorwatt, Menara Eiffel, Kinkakuji, Taman Bunga Sakura, Opera House Sidney dan keajaiban dunia dari negara lainnya.

Dikutip dari situs infromasi pariwisata, purwokertoguidance.com. selain bangunan menarik dari mancanegara, ada juga arya dari Indonesia seperti Rumah Tradisional seperti dari daerah Sumatera dan Papua dengan rumah Honai, Tugu Monas, Patung Soedirman dan ada Miniatur Bundaran HI.

Untuk tiketnya berkisar Rp10.000 untuk anak-anak di hari biasa dan Rp15.000 di hari libur. Adapun orang dewasa sebesar Rp20.000 di hari biasa dan Rp25.000 di hari libur. Area wisata ini bisa dinikmati dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

4. Bendungan Gerak Serayu

Wisata alam buatan di Purokerto yang bisa dinikmati secara cuma-cuma salah satunya ada di Bendungan Gerak Serayu. Temat yang juga digunakan sebagai area keramba ikan inimerupakan bendung gerak pertama di Indonesia. Bendungan ini dibangun pada tahun 1993 dan diresmikan pada tahun 1996 oleh Presiden Soeharto.

Dengan luas sekitar lima hektar, lokasi ini sudah menjadi tempat favorit bagi para pemudik ketika lebaran untuk bersinggah melepas lelah setelah berkendara yang cukup lama. Di tempat ini banyak mangkal para pedagang kaki lima dan asongan yang menjajakan aneka makanan sembari menikmati suasana senja.

5. Goa Sarabadak

Pilihan destinasi alam berikut ini sangat cocok untuk dikunjungi berada diKota Purwkokerto, Jawa Tengah. Objek wisata alam tersebut bernama Goa Sarabadak. Lokasinya berada di Desa Kemutuk Lor Kecamatan Baturaden, Kababupaten Banyumas, Jawa Tengah atau sekitar 14 Kilometer dari pusat Kota Purwokerto. Lokasi Objek wisata Gua Sarabadak masih berada di dalam kompleks Pancuran Pitu Baturraden.

Walaupun harus menempuh jarak perjalanan yang cukup jauh dan berliku, hawa dingin dan pemandangan alamnya mampu mengobati rasa lelah Anda. Tiket masuk objek wisata Goa Sarabadak sekitar Rp7.000, untuk setiap orangnya. Sangat cocok dengan isi kantong Anda bukan. 

Demikianlah lima rekomendasi wisata Purwokerto dengan aneka keunikannya yang memiliki harga tiket terjangkau namun fasilitas mengagumkan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait