5 Rekomendasi Wisata Purwokerto yang Harus Anda Kunjungi Saat Liburan

Image title
17 November 2021, 10:46
5 Rekomendasi Wisata Purwokerto yang Harus Anda Kunjungi Saat Liburan
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/hp.
Sejumlah wisatawan mengunjungi lokawista Baturraden, Banyumas, Jateng, Minggu (16/5/2021). Lokawisata Baturraden tetap dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan, memeriksa suhu tubuh pengunjung, mewajibkan masker, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, rapid tes secara acak, dan membatasi jumlah pengunjung hanya 30 poersen dari kapasitas lokawisata.

Salah satu wilayah administrasi yang unik di Indonesia ada di Kota Purwokerto dan Banyumas. Banyak yang mengira Purwokerto adalah kecamatan, karena di bawah administrasi Kabupaten Banyumas. Tapi ada juga yang mengira Purwokerto adalah kota dengan entitas sendiri.

Kebingungan ini yang sempat meningkatkan popularitas dari kota dengan penduduk sekitar 240.128 jiwa berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) 2020. Kota ini juga memiliki banyak keunikan dan kekhasan yang membuatnya layak dikunjungi di masa liburan tiba.

Kota dengan empat kecamatan dan 27 kelurahan ini bisa menjadi referensi perjalanan karena ada pilihan untuk menuju kota atau suasana desa. Katadata.co.id merangkum sejumlah desinasi yang bisa menjadi pilihan untuk bervakansi baik bersama kawan, pasangan atau keluarga.

5 Rekomendasi Wisata Purwokerto

Berikut lima wisata di Kota Purwokerto yang bisa dikunjungi dan dijamin tidak akan membosankan:

1. Lokawisata Baturraden

Secara geografis lokawisata Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Posisi Baturraden yang berada di lereng gunung menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari.

Baturraden juga merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama pada hari minggu dan hari libur nasional. Kondisi tersebut menyebabkan banyak hotel dan vila didirikan di sini.

Ada banyak pilihan hiburan bila Anda telah tiba di tempat ini, antara lain:

Pancuran Pitu Baturraden
Objek pemandian air panas yang mengandung belerang. Diyakini oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di sebelah atas Pancuran Telu.

Pancuran Telu
Tempat pemandian air panas yang mengandung belerang. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak di sebelah bawah Pancuran Pitu.

Selain dua destinasi utama tersebut, Lokawisata Baturraden juga mengalami perkembangan baik oleh pihak swasta atau dari pemerintah. Salah satunya dengan mengembangkan area bumi perkemahan dan pernah digunakan sebagai lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia pada tahun 2001.

Area wisata ini juga terkenal karena keberadaan hewan unik seperti Sapi kaki lima, Kambing kaki tiga, Gajah, Beruk (Buing), Buaya Irian, Ular Sanca, Kaswari, Monyet, Landak, Iguana, Cendrawasih, Kelelawar, Ayam Kate, Ayam Mutiara, Orang Utan, Elang Bondol, Rusa dan hewan langka lainnya.

Untuk masuk ke tempat ini cukup siapkan kocek sebesar Rp 14.000 saja dan dapatkan pengalaman seru lainnya.

2. Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja bila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi bukit batu dan meja. Tempat ini menjadi karena menyajikan pesona pemandangan alam yang akan mendamaikan jiwa serta pikiran yang jenuh dan penat. Wisata Purwokerto memang tak akan ada habisnya menghadirkan tempat-tempat wisata baru dan pastinya akan sangat memuaskan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement