8 Destinasi Wisata Tangerang, dari Sungai Sampai Vihara

Image title
17 November 2021, 17:12
Vihara Boen Tek Bio, destinasi wisata Tangerang.
indonesiakaya.com
Vihara Boen Tek Bio, destinasi wisata Tangerang.

Tangerang menjadi salah satu kota padat dengan jumlah penduduk sebanyak 1,89 juta jiwa pada 2020. Berdasarkan hasil Sensus Penduduk (SP) kepadatan penduduk kota berjuluk 'Kota Benteng' ini mencapai 11.519,21 jiwa per km persegi pada 2020.

Bersamaan dengan penuhnya jumlah penduduk, aktivitas perkotaan pun semakin riweuh. Tak jarang penduduk setempat menyempatkan diri untuk bersantai sejenak dengan menjajal sejumlah destinasi wisata Kota Tangerang.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut terkait destinasi wisata Tangerang, mari menilik sejenak sejarah Kota Tangerang.

Sekilas tentang Tangerang

Mengutip tangerangkab.go.id, kata Tangerang mempunyai arti tugu, yang oleh masyarakat setempat lazim disebut benteng atau batas daerah, wilayah yang dikuasai oleh Kesultanan Banten. Istilah Tangerang sebagai nama daerah baru dikenal masyarakat luas sekitar tahun 1712.

Seiring pemekaran wilayah dengan terbentuknya pemerintah Kota Tangerang pada 27 Februari 1993 berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1993, pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang pindah ke Tigaraksa. Pemindahan ibu kota ke Tigaraksa dinilai strategis, karena menggugah kembali cita-cita dan semangat para pendiri untuk mewujudkan sebuah tatanan kehidupan masyarakat yang bebas dari belenggu penjajahan.

Wisata Tangerang

Kota Tangerang memiliki banyak potensi wisata dan budaya yang menjadi magnet bagi para wisatawan, baik lokal maupun asing untuk berkunjung. Adapun potensi wisata tersebut, di antaranya wisata sejarah, religi, dan wisata alam.

Di samping itu, Kota Tangerang juga dihiasi dengan banyaknya landmark kota, seperti taman-taman kota dan festival seni budaya yang atraktif.

Meneruskan catatan Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang, berikut sejumlah destinasi wisata Tangerang yang layak dikunjungi.

1. Cisadane Flying River Deck

Cisadane Flying Deck River
Wisata Tangerang: Cisadane Flying Deck River (tangerangnews.com)

Cisadane Flying River Deck berada di Jalan Kalipasir Indah. River Deck memiliki panjang kurang lebih 100 meter dan seolah mengapung di atas sungai. Sebagian area wisata ini sejuk dan rindang.

Selain itu, Cisadane Flying River Deck menyediakan tempat duduk untuk wisatawan beristirahat serta karya seni kontemporer yang dapat dimanfaatkan untuk berswafoto.

Pada zaman dahulu, sungai ini dijadikan sebagai jalur transportasi perdagangan dari berbagai daerah sekaligus menjadi sumber mata pencaharian masyarakat.

Flying Deck Cisadane merupakan jalan setapak yang berada di Jalan Kali Pasir, Babakan, yang dibangun oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Kota Tangerang pada 2016. Untuk berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, pengunjung tidak dipungut biaya. Sebagai fasilitas umum, masyarakat diminta untuk tetap menjaga kebersihan sekitar area wisata.

2. Vihara Boen Tek Bio

Vihara Boen Tek Bio
Vihara Boen Tek Bio, salah satu destinasi wisata Tangerang (indonesiakaya.com)

 

Boen Tek Bio memiliki arti 'kebijakan setinggi gunung dan sedalam laut'. Destinasi wisata yang satu ini merupakan rumah ibadah umat Buddha tertua di Tangerang yang dibangun pada 1684.

Selain sebagai tempat ibadah, Vihara Boen Tek Bio sering digunakan untuk aktivitas pendidikan, kegiatan sosial, seni dan budaya, seperti perlombaan perahu naga, Barongsai dan Liong yang dikemas dalam perayaan Peh Cun.

Kelenteng ini tampak mencolok dengan dominasi warna merah terangnya. Pada bagian atap utamanya menampakan sepasang naga yang tengah mengapit mutiara menyala. Selain itu, terdapat lampion-lampion merah yang bergelantungan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...