5 Rekomendasi Wisata Pantai Jepara dengan Keindahan Alam

Berikut lima rekomendasi wisata pantai Jepara pilihan yang bisa menjadi referensi saat masa liburan tiba
Image title
18 November 2021, 13:42
Suasana Pantai Bandengan sebagai salah satu wisata pantai Jepara
Dreamstime
Suasana Pantai Bandengan sebagai salah satu wisata pantai Jepara

Kabupaten Jepara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Kecamatan Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan.

Letak topografi Jepara yang dekat dengan wilayah alam menjadikannya kaya akan nuansa wisata. Masyarakat banyak mencari area destinasi wisata pantai sebagai tempat melepas penat.

Ada banyak hal yang akan Anda temukan saat mengeksplorasi wisata bahari Jepara. Tentunya, rasa tersebut akan memberikan kesan liburan terbaik. Berbagai aktivitas juga bisa Anda lakukan dengan fasilitas penunjang yang bagus dan juga lengkap.

Berikut deretan wisata pantai Jepara yang bisa Anda pilih.

5 Rekomendasi Wisata Pantai di Kabupaten Jepara

Berikut daftar wisata pantai Jepara yang menjadi rekomendasi untuk Anda kunjungi bersama, kawan, pasangan dan keluarga:

1. Pantai Suweru

Untuk bisa sampai ke tempat ini Anda harus menempuh perjalanan setidaknya sejauh 30 kilometer dari pusat Kota Jepara. Pantai ini memiliki keunikan dengan kontur pasirnya yang berwarna sedikit kecokelatan. Adapun kondisi alamnya masih tergolong asri karena belum banyak terjamah manusia.

Salah satu sudut pantai ini, dapat ditemukan sebuah bukit kopi yang dari atasnya bisa melihat secara langsung pemandangan hamparan laut lepas. Terdapat pula pemandangan dermaga yang dikelilingi pohon kelapa menjulang tinggi.

Para pengelola yang sebagian besar merupakan warga lokal juga menyediakan wahana khusus anak-anak berupa perosotan, jungkat-jungkit, dan juga ayunan. Fasilitas umumnya lengkap dan bersih seperti toilet, musholla, hingga tempat untuk membilas badan setelah berenang di pantai.

Untuk menuju tempat ini Anda dapat berangkat menuju Desa Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara.

2. Pantai Blebak

Rekomendasi wisata pantai Jepara yang kedua adalah Pantai Blebak. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola langsung oleh Pemerintah daerahnya. Semua fasilitas dibangun dengan lengkap dan bagus. Terdapat pula wahana air seperti pelampung bebek, becak air, kano, dan juga banana boat.

Jika Anda mampir ke tempat ini jangan khawatir untuk kelaparan. Karena di Pantai Blebak terdapat pusat kuliner yang memanjakan lidah. Bagi yang gemar berfoto, terdapat banyak sekali spot foto pilihan yang cocok untuk dijadikan background.

Pasir putihnya begitu bersih dengan pecahan karang yang halus. Ombaknya juga tidak terlalu besar, aman untuk berenang dan berendam. Kalau Anda berminat main ke pantai ini, silakan langsung berangkat menuju Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.

3. Pantai Ujung Piring

Berjarak 15 kilometer dari pusat Kota Jepara, ada Pantai Ujung Piring yang masih alami dan tidak banyak mengalami eksploitasi. empatnya sangat tenang dan nyaman. Hamparan pasirnya bersih dari sampah serta air lautnya begitu jernih berwarna biru indah.

Di Pantai Ujung Piring dapat ditemukan banyak rawa serta tambak di sekitar pantai dengan pohon bakau sebagai hiasannya. Pemandangan matahari terbit dan terbenamnya juga menawan. Berfoto dan bermain dengan hamparan luas pasir dengan pantai lepas adalah pilihan yang tepat.

4. Pulau Mandalika

Spot wisata pantai Jepara selanjutnya adalah Pulau Mandalika yang sangat indah apabila dipandang dari Benteng Portugis yang ada di dekat pantai. Debur ombak, dan angin yang sepoi-sepoi membuat suasana semakin syahdu.

Apabila Anda berjalan di sekitar pantai makan akan menikmati sensasi pasir putihnya juga indah dan nyaman digunakan untuk berjalan. Kegiatan utama yang bisa dilakukan adalah memancing. Karena di sini banyak sekali jenis ikan kakap, kerapu, juga ikan pari. Pemandangan alamnya masih sangat murni dan asri.

Untuk mencapai tempat ini Anda bisa menyeberang dengan menggunakan kapal atau perahu yang disediakan oleh warga sekitar dari Benteng Portugis.

5. Pantai Bandengan

Rekomendasi wisata pantai Jepara yang terakhir adalah Pantai Bandengan. Pantai ini memiliki nama lain yaitu pantai Tirta Samudera. Namun harus menjadi catatan bahwa pantai ini hanya dibuka untuk pengunjung pada pukul enam pagi hingga enam sore setiap harinya. Di sisi lain,  jika ingin bermalam bisa menyewa penginapan yang dekat dengan pantai.

Seperti pantai lain sebelumnya, masyarakat di sini juga banyak mengambil kesempatan berbisnis dengan membuka warung-warung tempat berjualan makanan yang enak.

Demikianlah lima wisata pantai Jepara yang bisa Anda kunjungi di kala masa liburan dan akhir pekan telah tiba.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait