6 Rekomendasi Wisata Klaten Terbaik

Image title
18 November 2021, 15:18
6 Rekomendasi Wisata Klaten Terbaik
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.
Suasana pagi di kawasan Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (2/6/2020). Pihak Taman Wisata Candi Prambanan berencana melakukan percobaan pembukaan tempat wisata Candi Prambanan dengan standar protokol kesehatan yang ketat selama pandemi COVID-19.

Kemegahan dan keindahan arsitektur Candi Prambanan sudah diketahui wisatawan domestik maupun mancanegara. Daya tarik utamanya terletak pada relief-reliefnya. Candi ini merupakan salah satu destinasi wisata Klaten terbaik yang wajib dikunjungi.

Selain Candi Prambanan, Kabupaten Klaten masih memiliki berbagai tempat wisata unik dan bisa disinggahi. Sebagian besar objek wisata itu, punya spot foto instagrammable. Bagi anak muda yang hobi berswafoto, tempat wisata Klaten masuk ke dalam rekomendasinya.

Advertisement

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak soal wisata Klaten, simak ulasannya berikut ini.

6 Rekomendasi Wisata Klaten Terbaik

Secara administratif Klaten berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini bisa dibagi menjadi tiga wilayah berdasarkan daratannya. Di bagian utara, wilayah Klaten di dominasi oleh lanskap lereng Gunung Merapi. Cakupannya terdiri sebagian kecil Kecamatan Kemalang, Karangnongko, Jatinom dan Tulung. Sementara, untuk wilayah selatan merupakan daerah perbukitan dengan beberapa di antaranya gunung kapur. Bagian tengah Klaten umumnya yaitu kawasan pemukiman penduduk.

Dilihat dari letak geografisnya, Kabupaten Klaten berbatasan langsung dan dikelilingi oleh Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Boyolali. Di kota ini, Anda tidak bisa menemukan pantai berpasir putih yang indah atau semacamnya.

Namun demikian, hal tersebut bukan jadi alasan Anda tidak datang ke kota ini. Sebab, destinasi wisata Klaten punya keunggulan tersendiri ketimbang daerah lainnya di Jawa Tengah. Apalagi, kalau Anda mencari lokasi wisata sejarah yang pas untuk sarana edukasi.

Dilansir dari situs Klatenkab.go.id dan sumber lainnya, berikut daftar rekomendasi wisata Klaten terbaik yang sayang bila Anda lewatkan.

1. Candi Prambanan

WISATA CANDI PRAMBANAN DIBUKA KEMBALI
WISATA CANDI PRAMBANAN DIBUKA KEMBALI (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.)

Keindahan dan cantiknya arsitektur candi-candi di Indonesia yang sudah mendunia di antaranya yaitu Candi Borobudur serta Candi Prambanan. Kendati tidak masuk ke dalam daftar 7 keajaiban dunia, Candi Prambanan tetap diakui oleh UNESCO sebagai tempat situs warisan dunia.

Relief-relief candi yang berada di bagian dinding Candi Prambanan, menjadi pesona utama dari objek wisata Klaten ini. Kemegahan arsitektur dan cakupan wilayahnya, merupakan salah satu alasan kenapa Candi Prambanan disebut candi termegah di Asia Tenggara.

Candi Prambanan adalah candi Hindu, makanya kisah-kisah yang tertuang pada reliefnya bercerita tentang Ramayana dan cerita agama Hindu lainnya. Misalnya, terdapat salah satu relief di Candi Prambanan yang menyimpan kisah pohon kalpataru. Pada ajaran Hindu, pohon tersebut dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan.

Relief pohon kalpataru pada candi di objek wisata Klaten ini, digambarkan tengah mengapit singa. Makna yang terkandung di dalam relief tersebut, dapat menjelaskan bagaimana masyarakat Jawa pada abad ke-9 Masehi, sudah memiliki pemahaman tentang pengelolaan lingkungannya.

Pada waktu tertentu, Anda dapat menyaksikan secara pementasan Sendratari Ramayana. Kesenian ini adalah sebuah seni pertunjukan yang menyatukan ragam kesenian Jawa seperti tari, drama, dan musik dalam satu panggung momentum. Kisah yang diangkat biasanya yaitu cerita Ramayana.

Lokasi Candi Prambanan terletak di Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Objek wisata ini dibuka mulai pukul 06:00 – 17:00 WIB. Sedangkan harga tiketnya yaitu sekitar Rp 30.000 per orang. Bila Anda berkunjung dan membawa rombongan keluarga, harganya akan turun sekitar Rp 12.500 (berlaku juga untuk mahasiswa/pelajar).

2. Candi Plaosan

WISATA CANDI PLAOSAN SEPI PENGUNJUNG
WISATA CANDI PLAOSAN SEPI PENGUNJUNG (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.)


Namanya mungkin tidak sepopuler Candi Prambanan, namun Candi Plaosan tetap menarik untuk Anda kunjungi. Sebab, meski tergolong candi Buddha, arsitektur candi tersebut memadukan gaya bangunan Hindu dan Buddha. Hal inilah yang menjadi keunikan Candi Plaosan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement