Cara Membuat Nasi Kuning Sederhana Ala Anak Kos

Berikut cara membuat nasi kuning sederhana ala anak kos yang bisa dibuat dengan mudah dan murah, serta bisa menjadi peluang bisnis.
Image title
22 November 2021, 17:17
Ilustrasi cara membuat nasi kuning sederhana ala anak kos
Dreamstime
Ilustrasi cara membuat nasi kuning sederhana ala anak kos

Di kala musim hujan melanda Indonesia, berbagai menu makanan kini menjadi salah satu topik yang paling dicari di mesin pencari Google. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat terutama bagi kalangan anak kos yang enggan untuk keluar dari peraduan dan memilih untuk memasak secara mandiri di dapur masing-masing.

Salah satu menu andalan yang paling dicari resepnya adalah nasi kuning. Hidangan nasi kuning sendiri adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan tambahan bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning terasa lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.

Mengutip buku Kumpulan Opini Republik Nasi Kuning yang diterbikan Guepedia dan ditulis oleh Rusdi Rongayang, dalam tradisi di Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan.

Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, di samping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan oleh masyarakat Indonesia.

Advertisement

Nasi Kuning dan Kehidupan Anak Kos

Bila melihat kisah sebelumnya, nasi kuning memiliki karakter sebagai sebuah hidangan yang tida boleh disajikan secara sembarangan dan hanya ada saat perayaan tertentu saja. Namun seiring perkembangan zaman, nasi kuning hadir dalam setiap momen seperti ulang tahun, hingga tasyakuran atas sebuah peraihan prestasi.

Namun di sisi lain, nasi kuning kini juga bisa menjadi menu harian. Bahkan bagi anak kos yang notabene diwajibkan untuk mampu memelihara diri sendiri sebagaimana saat dirinya masih tinggal bersama orang tua. Walaupun pada saat ini sudah serba praktis semua bisa beli di luar tanpa harus terlalu direpotkan mengerjakan sendiri, tetapi tidak ada salahnya belajar banyak hal.

 Salah satu yang bisa dipelajari adalah dalam urusan dapur, jika bisa melakukan sendiri kenapa harus membeli. Selain dapat menyesuaikan dengan selera, juga relatif lebih irit dan tentu saja spesial. Jika ada teman datang, bukankah asyik jika Anda sajikan masakan diri sendiri

Cara Membuat Nasi Kuning Ala Anak Kos

Pada artikel ini akan dibagikan bagaimana cara membuat nasi kuning sederhana ala anak kos. Tentunya bahan yang dibutuhkan bisa sangat mudah, berikut resepnya:

Berikut bahannya

  • Setengah kilogram beras.
  • 450 ml santan dari setengah butir kelapa tua.
  • Garam dua sendok teh
  • Kunyit tiga cm, dihaluskan.
  • Daun salam dua lembar.
  • Bawang merah goreng untuk taburan.

Begini cara bikin nasi kuning dengan rice cooker ala anak kos seperti dengan rasa yang sempurna:

Cuci bersih beras, kemudian masukkan ke dalam rice cooker atau penanak nasi. Lalu siapkan air perasan santan. Masukkan garam, kunyit yang sudah dihaluskan dan daun salam.

Pertanyaan selanjutnya apakah perlu penggunaan lengkuas, jahe, serai, daun Pandan dan bawang merah dalam bumbu pelengkap?

Sebenarnya jika Anda menyimpan dalam stok dapur kos maka silakan digunakan, karena mudah saja untuk memasukkan semuanya, tetapi dengan bumbu minimalis ini pun sudah cukup untuk bikin nasi kuning rice cooker. Pandan sudah diwakili daun salam yang harum. Rasa bawang merah sudah ada pada taburan bawang goreng yang kamu bisa beli jadi. Sementara laos dan jahe adalah bumbu pelengkap dan tidak mutlak ada.

Di akhir setelah semua siap, masukkan semua bahan bersama dengan santan. Rebus beras di dalam rice cooker dan biarkan hingga indikator bahwa nasi masak padam. Aduk-aduk nasi supaya matang dengan rata dan biarkan di dalam rice cooker hingga matang dengan sempurna. Jadi deh bikin nasi kuning rice cooker yang asik dan mudah

Demikian tadi cara membuat nasi kuning sederhana ala anak kos. Menu tersebut juga bisa menjadi peluang bisnis bagi para mahasiswa yang masih sibuk kuliah dengan menjajakannya kepada para sahabat dan tentunya dengan harga terjangkau. Kalau Anda sudah ahli dengan resep ini, maka bisa membuat tutorial atau pelatihan cara membuat nasi kuning sederhana ala anak kos agar bisa menjadi solusi hemat terutama saat kiriman dari orang tua sedang tersendat. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait