4 Cara Menghitung Masa Subur Wanita untuk Rencana Kehamilan

Image title
22 November 2021, 15:34
Ilustrasi cara menghitung masa subur untuk rencana kehamilan
Unsplash/Camylla Battani
Ilustrasi cara menghitung masa subur untuk rencana kehamilan

Menghitung masa subur dapat dilakukan untuk membantu rencana kehamilan bagi wanita. Selain itu, masa subur dapat digunakan sebagai panduan untuk mengetahui siklus menstruasi sehingga bermanfaat untuk kesehatan reproduksi wanita.

Bidan Ewa Molika Sitompul AM. Keb dalam buku Panduan Pintar Menghitung Masa Subur menjelaskan masa subur atau fertile window adalah masa dalam siklus menstruasi wanita saat sel telur matang dan siap dibuahi.

Saat wanita sedang dalam masa subur, maka kemungkinan hamil setelah berhubungan lebih besar daripada saat tidak masa subur. Umumnya, wanita yang mempunyai siklus haid 28-30 hari memiliki masa subur pada hari ke-12 hingga 18 dihitung dari hari pertama haid.

Lebih lanjut, Bidan Ewa Molika Sitompul AM. Keb dalam bukunya menjelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghitung masa subur. Adapun cara menghitung masa subur wanita adalah sebagai berikut.

1. Siklus Haid

Masa subur dapat diketahui dengan mencatat siklus haid yang lancar dan normal. Beberapa ahli berpendapat bahwa siklus haid normal adalah 28 hari. Maka, cara menghitung masa subur dimulai dari mencari pertengahan siklusnya, yaitu hari ke-14.

Masa suburnya adalah tiga hari sebelum dan setelah hari ke-14. Jadi, menghitung masa subur bagi wanita dengan siklus haid 28 hari adalah antara hari ke-11 dan ke-17. Adapun cara menghitung masa subur dengan sistem kalender adalah sebagai berikut.

Masa subur = Hari terakhir menstruasi + 13

Masa pra-subur = Masa subur - 3 dan Masa subur + 3

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda, sehingga penting untuk mencatat setiap bulannya. Pencatatan dilakukan minimal enam kali siklus haid agar data yang didapat cukup untuk menghitung masa subur.

Adapun cara menghitung masa subur haid tidak teratur dimulai dengan mencatat jumlah hari dalam satu siklus haid selama enam bulan. Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Setelah mengetahui jumlah hari, gunakan rumus berikut untuk menghitung masa subur.

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek - 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang - 11

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement