7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Sehat dan Tidak Mudah Rontok

Image title
23 November 2021, 10:38
7 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami, Sehat dan Tidak Mudah Rontok
pixabay.com

Wanita dengan rambut keriting panjang atau ikal bisa memakai beberapa gaya rambut yang sesuai dengan jenis rambutnya. Akan tetapi, sebagian dari mereka ada yang merasa kurang percaya diri, dan memilih untuk meluruskan rambut ikalnya. Metode yang bisa digunakan salah satunya dengan cara meluruskan rambut secara alami.

Meluruskan rambut secara alami, tentunya tidak bisa memberikan hasil instan. Prosesnya cukup panjang sampai rambut ikal itu benar-benar lurus. Sebetulnya, kebanyakan wanita berambut keriting sering menggunakan metode smoothing atau rebonding. Akan tetapi, cara ini kerap membuat rambut jadi rusak, sehingga harus dibarengi dengan perawatan ekstra.

Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk meluruskan rambut. Jika dilakukan secara rutin, maka hasilnya akan terlihat. Dilansir dari Tresemme dan The Daily Star, berikut cara meluruskan rambut secara alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

1. Meluruskan Rambut dengan Pisang

Bahan pertama yang bisa digunakan sebagai salah satu cara meluruskan rambut secara alami adalah pisang. Kandungan vitamin B dan potassium di dalam buah pisang dapat dipakai untuk menutrisi kulit kepala.

Penggunaan buah pisang sebagai bahan alami pelurus rambut ikal cukup jarang. Sebab, kebanyakan wanita berambut ikal belum mengetahui manfaat pisang untuk rambut mereka.

Untuk meluruskan rambut ikal, buah pisang terlebih dahulu dibuat atau ditumbuk hingga halus dan dicampurkan dengan minyak zaitun. Kemudian campuran tersebut bisa dioleskan pada bagian rambut yang ingin terlihat lurus. Gunakan campuran pisang dan minyak zaitun secara teratur. Supaya hasilnya bisa maksimal.

2. Meluruskan Rambut dengan Minyak Zaitun

Meluruskan rambut ikal dengan metode rebonding secara berlebihan, akan menyebabkan rambut mudah rontok dan rusak. Oleh sebab itu, cara meluruskan rambut secara alami bisa jadi pilihan alternatifnya.

Minyak zaitun dapat digunakan untuk meluruskan rambut ikal. Kandungan vitamin E serta omega 3 pada minyak zaitun, bisa membantu menjaga kesehatan rambut.

Untuk meluruskan rambut ikal, gunakan campuran dua buah pisang, madu, dan minyak zaitun. Ketiga bahan ini disatukan dan dibuat seperti masker. Oleskan minyak zaitun pada rambut ikal selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Penggunaan minyak zaitun ini harus dilakukan secara rutin, agar hasilnya dapat memuaskan. 

3. Meluruskan Rambut dengan Jojoba Oil

Cara meluruskan rambut secara alami berikutnya, bisa menggunakan minyak esensial seperti jojoba oil. Minyak yang kerap dipakai untuk proses pijat ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan rambut.

Jojoba oil berkhasiat untuk meluruskan rambut ikal. Minyak ini bisa dioleskan pada beberapa bagian rambut yang ingin diluruskan. Jojoba oil dapat dicampur dengan argan oil, dan bahan yang mengandung vitamin E serta keratin.

4. Meluruskan Rambut dengan Santan Kelapa

Santan kelapa sangat bermanfaat untuk rambut. Bahan alami ini bisa menutrisi dan melembutkan rambut. Selain itu, kandungan gizinya dapat menyeimbangkan kondisi serta menyehatkan kulit kepala.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...