4 Tips dan Trik Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Image title
23 November 2021, 12:29
Kenali cara meluruskan rambut secara alami
freepik.com
Kenali cara meluruskan rambut secara alami

Ada banyak cara untuk meluruskan rambut ikal atau rambut keriting. Bagi wanita, umumnya akan menggunakan dua metode yakni smoothing dan rebonding. Metode smoothing bisa digunakan dalam proses meluruskan rambut ikal mengembang.

Sedangkan rebonding, cocok bagi wanita dengan rambut panjang sangat keriting. Membuat rambut ikal jadi lurus tidak hanya memakai kedua metode itu saja. Ada cara meluruskan rambut secara alami yang dapat diterapkan, serta memiliki risiko rendah terhadap terjadinya kerontokan atau kerusakan pada rambut.

Advertisement

Dikutip dari All Things Hair, kedua metode yang sudah dijelaskan diatas dapat dibedakan berdasarkan fungsi serta cara kerjanya. Untuk smoothing, metode ini berfungsi untuk melemaskan sekaligus meluruskan rambut, namun tidak mengubah struktur rambut. Dalam prosesnya, rambut bakal diberikan semacam zat kimia level soft/mild.

Sementara itu, rebonding adalah metode meluruskan rambut yang perlu diubah strukturnya. Caranya dengan memberikan “obat” cukup kuat. Obat tersebut akan meresap hingga ke dalam kutikula rambut, yang nantinya bakal meluruskan rambut.

Lain lagi dengan cara meluruskan rambut secara alami. Metode ini menggunakan bahan-bahan alami untuk meluruskan rambut ikal. Misalnya, memakai minyak zaitun atau minyak esensial lainnya. Bahan tersebut dipergunakan karena memiliki khasiat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Selain cara tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meluruskan rambut ikal secara alami. Jika Anda sedang melakukan hal tersebut, simak ulasan tentang tips dan trik cara meluruskan rambut secara alami berikut ini.

Tips dan Trik Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Gaya rambut kekinian, sebenarnya dapat diterapkan pada berbagai jenis rambut, termasuk rambut ikal atau rambut keriting. Namun, bagi kaum hawa rambut lurus sepertinya masih menjadi favorit. Dilansir dari Healthline dan sumber lainnya, untuk mengubah rambut ikal jadi lurus berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Oleskan Minyak Esensial

Agar rambut ikal terlihat lurus dan tambah berkilau, Anda bisa mengoleskan beberapa jenis minyak esensial seperti minyak almond, minyak argan, minyak kelapa, dan sebagainya. Kandungan yang ada di dalamnya, berkhasiat menyehatkan rambut serta menutrisi kulit kepala.

Sebelum keramas, Anda dapat mengoleskan minyak esensial di seluruh bagian rambut. Tuang dan oles perlahan, sembari memijat pelan kulit kepala Anda. Diamkan beberapa saat, dan kemudian bilas dengan air bersih.

Anda bisa memfokuskan penyebaran minyak tersebut pada ujung rambut. Lakukan secara teratur, maka hasilnya bisa Anda lihat sendiri.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement