Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal dengan Tiga Pengarang

Image title
23 November 2021, 10:46
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal dengan Tiga Pengarang
ANTARA FOTO/Seno/aww.
Seorang dosen, Heru S.P. Saputra menguji skripsi mahasiswa secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, Jawa Timur, Rabu (8/4/2020). Dosen di Universitas Jember menerapkan perkuliahan dan ujian skripsi secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Penulisan daftar pustaka menjadi suatu hal yang penting dalam penulisan karya ilmiah. Apalagi semenjak pemerintah melalui Kemdikbud memberikan syarat ketat mengenai penulisan karya ilmiah. Karya ilmiah bisa diterbitkan dalam berbagai bentuk, dari skripsi, jurnal hingga disertasi.

Dalam artikel ini akan dibahas dari fungsi daftar pustaka dari fungsinya hingga solusi dan  cara menulis daftar pustaka dari jurnal dengan tiga pengarang.

Fungsi Daftar Pustaka dalam Karya Ilmiah

Perlunya daftar pustaka paling utama adalah sebagai penguat landasan dalam tulisan ilmiah. Oleh karenanya di saat menyadur sebuah tulisan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari tuduhan plagiat atau penjiplakan.

Tidak hanya agar terbebas dari potensi tindakan plagiarisme, penulisan daftar pustaka juga bertujuan untuk menghargai penulis yang menjadi sumber acuan dalam penulisan karya ilmiah. Dengan begitu, Anda akan dianggap telah mengakui bahwa ide atau kutipan yang Anda tulis berasal dari pemikiran orang lain.

Para pembaca juga bisa mengulik dan mengetahui lebih dalam sumber kutipan karya ilmiah yang ditulis. Tidak jarang pembaca yang ingin menelusuri informasi lebih lanjut mengenai sumber bacaan dari sebuah karya ilmiah.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal dengan Tiga Pengarang

Salah satu kebingungan yang dihadapi adalah cara menulis daftar pustaka dari jurnal dengan tiga pengarang. Berikut contoh penulisan daftar pustaka dari jurnal yang ditulis oleh tiga pengarang.

Hermanto, Rudi, Budi Sudjarwo, dan Rangga Saleh. 2003. Bisnis dan Investasi. Yogyakarta: Laksana Putra.

Sama dengan aturan di atas, jika buku yang digunakan memiliki tiga pengarang atau lebih, maka semua nama tetap ditulis dan nama pengarang pertama saja yang dibalik.

Pada contoh di atas, pengarangnya adalah tiga orang, mereka tersebuta antara lain:

Rudi Hermanto
Budi Sudjarwo
Rangga Saleh

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...