Rumus SUMIF: Pengertian, Sintaks, dan Contohnya

Image title
13 November 2023, 12:55
Ilustrasi mengerjakan rumus SUMIF.
Startup Stock Photos/Pexels
Ilustrasi mengerjakan rumus SUMIF.

Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office yang diperuntukan untuk memudahkan pengolahan data berupa angka. Untuk mengoperasikan program aplikasi yang satu ini, umumnya menggunakan sejumlah rumus, salah satunya rumus SUMIF.

Dengan menerapkan rumus SUMIF dalam pengeolahan data, seseorang tak perlu lagi kewalahan dalam menghitung penjumlahan banyak angka secara manual.

Advertisement

Berikut adalah pengertian, sintaks, dan contoh penerapan rumus SUMIF dalam Excel.

Pengertian Rumus SUMIF

Mengutip support.microsoft.com, sesuai namanya, rumus SUMIF merupakan gabuangan dari dua fungsi excel, yakni SUM dan IF. Fungsi SUM diaplikasikan untuk penjumlahan, sedangkan IF digunakan untuk menentukan kondisi TRUE dan FALSE.

Dari kegunaan dua fungsi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa rumus SUMIF digunakan untuk melakukan penjumlahan dengana kriteria tertentu. Rumus ini diterapakn untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Semisal, dalam sebuah kolom berisi angka, Anda hanya ingin menjumlahkan nilai-nilai yang lebih besar dari 5, maka menggunakan rumus: =SUMIF(B2:B25,">5").

Cara Menggunakan Rumus SUMIF

Fungsi SUMIF memiliki rumus sebagai berikut:

SUMIF(range, criteria, [sum_range])

  • Range

Range merupakan rentang sel yang akan dievaluasi berdasarkan kriteria. Sel tersebut harus merupakan angka atau nama, array atau referensi yang berisi angka.

  •  Criteria

Criteria  menentukan sel mana yang akan ditambahkan.  Sedangkan, sum_range bersifat opsional yang diartikan sebagai sel aktual untuk ditambahkan, apabila ingin menambahkan sel yang lain dari yang sudah ditentukan dalam argumen rentang.

  • Sum_range 

Sum_range harus berukuran dan berbentuk sama dengan rentang. Jika tidak, kinerja mungkin mengalami kerugian, dan rumus akan menjumlahkan rentang sel yang dimulai dengan sel pertama dalam sum_range tetapi memiliki dimensi yang sama seperti rentang.

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, gunakan rumus SUMIF untuk menjumlahkan nilai di dalam rentang dengan merujuk pada kriteria yang telah ditentukan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih sel
  • Ketik =SUMIF(
  • Klik dan seret sel untuk menganalisis
  • Masukan kategori yang ingin ditemukan
  • Klik dan seret sel untuk range
  • Enter.

Apa itu SUMIFS?

Di samping SUMIF, dalam pengolahan data menggunakan excel juga dikenal fungsi SUMIFS. Penggunaan kedua rumus ini hampir sama, hanya saja SUMIFS diperuntukan untuk lebih dari satu kriteria.

Rumus SUMIFS bisa digunakan untuk menguji beberapa kondisi dan mengembalikan nilai berdasarkan kondisi tersebut. Semisal, ketika hendak menjumlahkan jumlah produk yang dijual oleh tenaga penjual tertentu.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement