3 Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil

Image title
24 November 2021, 09:02
Surat kuasa dapat digunakan sebagai dokumen hukum yang sah untuk mewakili pengurusan hal-hal tertentu. Berikut contoh surat kuasa pengambilan BPKB serta penjelasannya.
Pexels/Cytonn Photography
Ilustrasi seseorang memberi tanda tangan pada surat kuasa

Pengertian pemberian kuasa secara yuridis tercantum dalam pasal 1792 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer). Pemberian kuasa ialah suatu persetujuan yang berisikan pemberian kekuasaan kepada orang lain yang menerimanya untuk melaksanakan sesuatu atas nama orang yang memberikan kuasa.

Sifat surat kuasa dibagi menjadi surat kuasa umum dan surat kuasa khusus. Dasar hukum surat kuasa umum tercantum dalam pasal 1796 KUHPer.

Pemberian kuasa yang dirumuskan secara umum hanya meliputi tindakan-tindakan yang menyangkut pengurusan. Untuk memindahtangankan barang atau meletakkan hipotek di atasnya, untuk membuat suatu perdamaian, ataupun melakukan tindakan lain yang hanya dapat dilakukan oleh seorang pemilik, diperlukan suatu pemberian kuasa dengan kata-kata yang tegas.”

Sedangkan surat kuasa khusus tercantum dalam pasal 1795 KUHPer.

Pemberian kuasa dapat dilakukan secara khusus, yaitu hanya mengenai satu kepentingan tertentu atau lebih, atau secara umum, yaitu meliputi segala kepentingan pemberi kuasa.”

Eka Astri Maerisa, S.H., M.H, M.Kn dalam buku Panduan Praktis Membuat Surat-Surat Bisnis & Perjanjian menjelaskan, perbedaan surat kuasa khusus dan umum terletak pada isinya.

Surat kuasa umum meliputi satu kepentingan atau lebih dari pemberi kuasa yang dirinci mengenai hal-hal yang boleh dilakukan oleh penerima kuasa. Sedangkan surat kuasa khusus meliputi pengurusan segala kepentingan pemberian kuasa.

Dalam hal pengambilan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKP), pemberi kuasa berhak menunjuk penerima kuasa untuk mengambil dengan surat kuasa yang sah. Simak contoh surat kuasa pengambilan BPKB berikut ini.

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Bersumber dari buku Panduan Lengkap Membuat Surat-surat Bisnis & Perjanjian, berikut contoh surat kuasa pengambilan BPKB.

Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

Umur:

Pekerjaan:

Alamat:

Dengan ini memberi kuasa sepenuhnya kepada:

Nama:

Umur:

Pekerjaan:

Alamat:

Untuk mengurus pengambilan BPKB motor bermerk _______________ atas nama ____________ dengan nomor polisi __________ di _______________.

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                                          _________, ___________ 2021

Penerima Kuasa                                                                        Pemberi Kuasa



(____________)                                                                         (_____________)

2. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Surat kuasa pengambilan BPKB motor tergolong surat kuasa umum karena hanya meliputi satu kepentingan dari pemberi kuasa. Berikut contohnya.

Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Tempat/tanggal lahir :

Pekerjaan :

Alamat :

Dengan ini memberi kuasa kepada

Nama :

Tempat/tanggal lahir :

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...