7 Manfaat Tanaman Porang dari Kesehatan hingga Industri

Berikut tujuh manfaat tanaman porang yang bisa didapatkan dari sektor kesehatan hingga industri.
Image title
24 November 2021, 10:07
Ilustrasi manfaat tanaman porang yang ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo
Katadata
Ilustrasi manfaat tanaman porang yang ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo

Tanaman porang kini sedang naik daun dan menjadi sorotan baik masyarakat nasional hingga internasional. Bahkan, Presiden Joko Widodo mengatakan nantinya porang akan menjadi makanan pengganti beras pada masa depan.

Harapan itu senada dengan prospek pertumbuhannya di Indonesia. Padahal, sebelumnya tanaman ini tumbuh secara liar karena masih jarang dikenal, sehingga tidak ada upaya budidaya. Tetapi saat ini, mulai banyak petani yang mengkomersilkan pertumbuhan umbi porang di Indonesia.

Mengenal Porang

Secara definisi porang sendiri adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Porang dikenal juga dengan nama iles-iles. Di sisi lain porang juga dikenal sebagai tanama coblok dengan nama latin Amorphophallus muelleri Bl.

Tanaman yang berjenis umbi-umbian ini dapat dikonsumsi dan aman untuk manusia. Porang juga masuk dalam anggota marga Amorphophallus. Karena masih sekerabat dan mirip penampilan dan manfaatnya dengan suweg dan walur, maka tak jarang porang atau iles-iles sering kali suli dibedakan dengan kedua tanaman tersebut.

Advertisement

Tanaman Porang memiliki keunggulan pada sifatnya yang toleran terhadap naungan. Sehingga memungkinkan tanaman ini dibudidayakan di lahan hutan industri di bawah tegakan pohon jati, sonokeling, mahoni ataupun sengon. Sehingga, saat ini poranh menjadi primadona dan memiliki komoditas pasar yang baik.

Kandungan Umbi Porang

Porang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan karena memiliki kandungan yang dapat menyehatkan tubuh, salah satunya Konjac glucomannan (KGM). Selain itu, Porang juga memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Glucomannan (45%).
  • Protein (9,7%).
  • 16 jenis asam amino (hingga 7,8%).
  • 7 asam amino esensial (hingga 2,5%).
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Besi.
  • Zinc.
  • Mangan.
  • Tembaga.
  • Tinggi serat.

Ada pun kandungan gizi dalam 100 gram umbi porang adalah sebagai berikut:

  • Glucomannan: 50 g.
  • Karbohidrat (glukosa, fruktosa, sukrosa)
  • Protein: 1,64 g.
  • Lemak: 0,0004 g.
  • Fosfor: 57 miligram (mg).
  • Zat besi: 4,06 mg.
  • Mangan: 0,2 mg.
  • Tembaga: 0,08 mg.

Manfaat Porang Untuk Kehidupan

Dari penjelasan sebelumnya, terdapat manfaat tanaman porang yang bisa didapatkan untuk kehidupan. Dikutip dari situs penelitian dan pengembangan Kementerian Pertanian, litbang.pertanian.go.id, ada beberapa manfaat tanaman porang bagi kehidupan, antara lain:

1. Bahan Baku Industri

Manfaat tanaman porang yang bisa dirasakan pertama adalah karena adanya kandungan Konjac. Kandungan tersebut dapat dijadikan bahan campuran untuk membuat kertas yang kuat dan tahan lama. Selain itu, porang juga bisa dijadikan perekat kertas, cat, kain katun dan wol, pengilap kain, dengan materi yang lebih baik dan harga lebih murah.

2. Bahan Dasar Obat

Selain berguna bagi bahan baku industri, manfaat tanaman porang juga bisa digunakan dalam dunia medis. Hal itu dikarenakan adanya kandungan KGM yang terdapat pada tanaman porang ternyata bermanfaat untuk dunia kesehatan, yaitu digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul obat-obatan.

Seperti yang dijelaskan di poin pertama, terdapat kandungan lem alami pada tanaman porang yang digunakan untuk merekatkan kapsul obat.

3. Menjadi Cemilan Sehat

Salah satu manfaat tanaman porang yang diunggulkan adalah kandungan serat yang tidak berwarna yang dapat larut dengan mudah di dalam air, tidak memiliki bau, dan konsistensi yang menyerupai agar-agar.

Dengan serat yang bisa diolah menjadi agar-agar, tentunya makanan yang satu ini sangat menyehatkan dan segar. Agar-agar Porang bisa menjadi hidangan tepat untuk cemilan sehat.

4. Pembersih Air

Manfaat tanaman porang selanjutnya adalah menjadi pembersih air yang tercemar. Salah satu kandungan dalam umbi porang adalah Glukomanan mampu untuk memurnikan air dan keloid dari bir, gula, minyak, dan juga serat. Kandungan ini dapat larut di dalam air dan memurnikan air itu sendiri menjadi bersih. Kini kamu tak perlu khawatir dengan air yang kotor lagi.

5. Lem Alami dan Ramah Lingkungan

Dalam hampir setiap kegiatan, keberadaan lem tentu sangat dibutuhkan. Namun kadang kali lem yang ada memiliki aromanya yang tajam dan menempel di badan atau pakaian. Umbi porang bisa menjadi alternatif dan opsi tepat yang bisa Anda gunakan untuk lem ramah lingkungan.

Tanaman yang mengandung Konjac bisa menjadi perekat yang sangat bagus. Selain bagus, lem yang dihasilkan juga ramah untuk lingkungan.

6. Bahan Baku Pengental Es Krim

Di Indonesia terutama di industri es krim, umbi porang untuk diolah dan dimanfaatkan sebagai pengental perekat dalam campuran es krim agar tidak cepat meleleh. Manfaat itu didapat dari kandungan Konjac yang bisa membuat kental makanan lain seperti sirup dan hidangan lainnya.

7. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Serupa dengan manfaat sebelumnya, kandungan glukomann dalam tanaman porang membantu dalam t mengurangi kadar kolesterol di darah. Selain itu, serat yang terdapat pada porang juga biasa digunakan sebagai alternatif diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk orang yang memiliki diabetes.

Namun ada yang harus menjadi catatan, bahwa penggunaan porang untuk mengobati penyakit harus tetap dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Hal ini dikarenakan ada efek samping yang bisa dirasakan jika badan Anda memiliki ketidakcocokan dengan kandungan porang. Sehingga dikhawatirkan menimbulkan efek samping.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait