10 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan Berdasarkan Penelitian

Image title
25 November 2021, 10:06
Sejumlah manfaat bawang bombay untuk tubuh telah diteliti
Pexels/Karolina Grabowska
Sejumlah manfaat bawang bombay untuk tubuh telah diteliti

Bawang bombay (Allium cepa) merupakan salah satu jenis bawang yang umum digunakan sebagai bahan makanan. Spesies ini berasal dari tanaman dalam genus Allium dan termasuk dalam kategori sayuran umbi.

Tampilan bawang bombay memiliki kulit cokelat dan tumbuh di bawah tanah. Terdapat banyak lapisan putih di bagian dalamnya yang memiliki bau dan rasa yang kuat dan tajam. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 15 hingga 45 cm menurut buku Bulbous Vegetables: Onion, Garlic and Leek.

Advertisement

Kandungan gizi dalam bawang bombay memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Berdasarkan buku Health Benefits From Foods and Spices, bawang bombay mengandung zat kimia yang dapat mencegah penyakit karena mampu mendetoksifikasi tubuh.

Bawang bombay mengandung 90% air, serat makanan, gula, vitamin, dan mineral. Kandungan garamnya rendah sementara kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan asam folatnya tinggi Dua jenis asam amino, yaitu arginine dan asam glutamat ditemukan dalam jumlah besar. 

Selengkapnya, simak manfaat bawang bombay untuk kesehatan berikut ini.

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat bawang bombay dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Studi dalam Lipids in Health and Disease menjelaskan, quercetin dalam bawang bombay mampu mengurangi low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol "jahat".

Bawang bombay dapat berperan dalam mencegah peradangan dan pengerasan pembuluh darah, sehingga bermanfaat bagi penderita kolesterol tinggi. 

2. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Penelitian dalam Journal of the American Heart Association mengungkapkan, bawang bombay mengandung senyawa belerang yang menurut para ilmuwan dapat membantu mencegah peradangan pembuluh darah, menghambat penggumpalan trombosit dalam darah, dan meningkatkan ketersediaan oksida nitrat.

Oksida nitrat adalah vasodilator yang berfungsi untuk melemaskan otot-otot bagian dalam pembuluh darah sehingga melebar. Dengan cara ini, oksida nitrat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat bawang bombay dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit aterosklerosis, yaitu penyakit arteri yang ditandai dengan pengendapan plak berlemak di dinding bagian dalam.

3. Melindungi jantung

Bawang bombay mengandung sejumlah senyawa bioaktif, terutama polifenol. Studi dalam Bratislava Medical Journal menjelaskan, polifenol dapat melindungi jantung dengan meningkatkan fungsi lapisan di dalam jantung dan pembuluh darah (endotel).

Polifenol juga meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Sifat anti-inflamasinya yang kuat juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi dari penggumpalan darah.

4. Dapat mencegah kanker

Pencegahan kanker adalah manfaat bawang bombay yang telah diteliti dalam Food Research International. Peneliti menjelaskan, bawang bombay mengaktifkan jalur yang mendorong sel kanker untuk mengalami kematian sel.

Bawang bombay juga menyebabkan kondisi tubuh yang tidak menguntungkan untuk sel kanker dan mengganggu komunikasi antara sel kanker sehingga menghambat pertumbuhan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement